Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan teknologi komputer telah membawa dampak pada kemajuan teknologi internet, termasuk dalam bidang pendidikan. Seiring dengan kemajuan internet, pendidikan juga mengalami transformasi, salah satunya adalah melalui penggunaan sistem manajemen pembelajaran (LMS) seperti moodle di Sekolah menengah atas negeri 17 Garut. namun, moodle mengalami masalah antarmuka yang membingungkan bagi guru, siswa, dan administrator karena tampilan yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Moodle dengan pendekatan desain berpusat pada pengguna (User-Centered Design/UCD) untuk meningkatkan aksesibilitas informasi, kemudahan pengelolaan materi dan tugas, serta minat pengguna terhadap aplikasi. metode UCD diterapkan melalui pemahaman mengenai penggunaan, penentuan kebutuhan pengguna, pengembangan desain, dan evaluasi desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan antarmuka Moodle berbasis UCD berhasil meningkatkan kemudahan penggunaan, terbukti dengan hasil dalam pengujian system usability scale (SUS) mendapatkan rata rata kenaikan nilai usability dari 40 menjadi 68. dengan penyesuaian ini, pengembangan learning management system moodle memudahkan bagi pengguna dalam menggunakan LMS tersebut.

Kata Kunci

Learning Management System Moodle System Usability Scale

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Aprila dan M. R. Nashrulloh, “Pengembangan Dan Implementasi Learning Management System (Lms) Moodle Dengan Pendekatan ”, Jurnal Algoritma, vol. 22, no. 1, hlm. 547–556, Mei 2025.

References

  1. T. Listiawan, “Pengembangan Learning Management System (Lms) Di Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Pgri Tulungagung,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 1, no. 01, pp. 14–22, 2016, doi: 10.29100/jipi.v1i01.13.
  2. H. Listiyono, S. Sunardi, A. P. Utomo, and N. Mariana, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Learning Management System (LMS) Terhadap Niat Penggunaan E-Learning,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 11, no. 2, pp. 208–213, 2022, doi: 10.32736/sisfokom.v11i2.1419.
  3. R. Jha, “Statistik LMS: Data, Tren & Prediksi,” Image Stn., 2023, [Online]. Available: https://imagestation.com/id/LMS-statistics/
  4. H. Zahidah and A. Rahmah, “Evaluasi dan Rekomendasi Usabilitas guna perbaikan E-Learning pada Perguruan Tinggi berdasarkan User Centered Design,” J. Inform. Terpadu, vol. 6, no. 2, pp. 67–76, 2020, doi: 10.54914/jit.v6i2.301.
  5. A. R. Novianto and S. Rani, “Pengembangan Desain UI/UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendekatan User Centered Design,” J. Sains, Nalar, dan Apl. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, 2022, doi: 10.20885/snati.v2i1.16.
  6. K. Maki, F. I. Sangkop, and M. Krisnanda, “Pengembangan E-Learning Berbasis Web Di Sma Yadika Langowan,” JOINTER J. Informatics Eng., vol. 4, no. 02, pp. 16–23, 2023, doi: 10.53682/jointer.v4i02.87.
  7. Veronika Asri Tandirerung and Riana T. Mangesa, “Pengembangan E-learning Berbasis Edukati Pada Sekolah Menengah Atas,” Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 3, pp. 46–49, 2022, doi: 10.59562/intec.v1i3.252.
  8. R. D. Cahyani and A. D. Indriyanti, “Penerapan Metode User Centered Design dalam Perancangan Ulang Desain Website MAN 1 Pasuruan,” JEISBI (Journal Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 03, no. 02, pp. 40–48, 2022.
  9. D. Tresnawati, L. Fitriani, M. A. Kamal, and A. T. Setiawan, “Pengembangan Desain Aplikasi Daily Report dengan Pendekatan User- Centered Design,” pp. 141–151, 2024, doi: 10.33364/algoritma/v.21-1.1525.
  10. Travis Lowdermilk, : A Developer’s Guide to Building User-Friendly Applications. O’Reilly Media, 2013.
  11. J. Brooke, “SUS - A quick and dirty usability scale,” Iron Steel Technol., vol. 15, no. 8, pp. 41–47, 1986, doi: 10.59962/9780774854627-010.
  12. U. Ependi, T. B. Kurniawan, and F. Panjaitan, “System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: a Review,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, pp. 65–74, 2019, doi: 10.24176/simet.v10i1.2725.
  13. R. Hartono and T. I. Ramadhan, “Implementasi Metode User Centered Design (UCD) dengan Framework Kanban dalam Membangun Desain Interaksi,” J. Algoritm., vol. 19, no. 2, pp. 823–831, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-2.1203.
  14. M. S. Hartawan, “Penerapan User Centered Design (Ucd) Pada Wireframe Desain User Interface Dan User Experience Aplikasi Sinopsis Film,” Jeis J. Elektro Dan Inform. Swadharma, vol. 2, no. 1, pp. 43–47, 2022, doi: 10.56486/jeis.vol2no1.161.
  15. Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, and Shilka Dina Anwariya, “Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya,” J. Buana Pengabdi., vol. 3, no. 1, pp. 149–154, 2021, doi: 10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542.