Isi Artikel Utama

Abstrak





Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan dampak signifikan pada berbagai sektor, termasuk pendidikan. Salah satu inovasi terkini dalam bidang ini adalah game edukasi berbasis multimedia interaktif, yang menawarkan metode pembelajaran yang lebih menarik. Di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pengenalan alat musik tradisional menghadapi tantangan karena terbatasnya akses dan metode pengajaran yang kurang menarik bagi siswa sekolah dasar. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengusulkan pengembangan aplikasi game edukasi berbasis Android yang bertujuan untuk memperkenalkan alat musik tradisional Jawa Barat, seperti angklung, suling, calung, kecapi, rebab, jentreng, karinding, arumba, jengglong, dan celempung. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metodologi Siklus Pengembangan Multimedia (Multimedia Development Life Cycle/MDLC). menyediakan fitur untuk mempelajari bentuk dan cara memainkan alat musik serta kuis untuk mengukur pemahaman siswa. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa game edukasi dapat meningkatkan minat dan pemahaman terhadap budaya tradisional melalui pendekatan interaktif. Aplikasi ini diharapkan menjadi solusi efektif untuk melestarikan dan memperkenalkan alat musik tradisional kepada siswa sekolah dasar, serta menumbuhkan rasa bangga terhadap budaya lokal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk berkontribusi pada pelestarian budaya lokal dengan memanfaatkan teknologi multimedia interaktif dan dapat menjadi referensi untuk pengembangan aplikasi edukatif serupa di masa depan.





Kata Kunci

Alat Musik Tradisional Android Game Edukasi Multimedia Development Life Cycle Multimedia Interaktif

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
M. R. Nashrulloh dan D. M. Patria, “Implementasi Aplikasi Game Edukasi Multimedia Interaktif Untuk Memperkenalkan Alat Musik Tradisional Jawa Barat Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 22, no. 1, hlm. 426–433, Mei 2025.

References

  1. A. Riskiyanto and Fuat Asnawi, “Nuansa Aplikasi Pengenalan Dan Pembelajaran Alat Musik Tradisional Gamelan Jawa Berbasis,” Media Online), vol. 1, no. 2, pp. 82–89, 2023, [Online]. Available: http://ojs.nuwonosobo.or.id/index.php/
  2. A. Suhendar and I. Prasetiawan, “Perancangan Game Edukasi pada SMPN Cidahu kelas VII berbasis Multimedia,” ProTekInfo(Pengembangan Ris. dan Obs. Tek. Inform., vol. 2, no. September, pp. 1–4, 2017, doi: 10.30656/protekinfo.v2i0.40.
  3. E. S. Mureiningsih, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Multimedia Interaktif,” J. Madaniah, vol. 4, no. 2, pp. 214–229, 2014, [Online]. Available: https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/42
  4. V. Alapján-, “Deteksi Objek Berbasis Citra Alat Musik Tradisional Jawa Barat Dengan Berbagai Skenario Pre-Processing Pada Metode Convolutional Neural Network,” pp. 1–23, 2016.
  5. D. Darmawi and S. Susanti, “Aplikasi Game Kendang Sunda Menggunakan HTML5 Canvas Pada Saung Angklung Udjo,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 3, pp. 434–445, 2023, doi: 10.32672/jnkti.v6i3.6151.
  6. Ketut Herry Saptiawan, Gede Suardika, and Made Rudita, “Ketut Herry Saptiawan, Gede Suardika, Made Rudita 2021,” Game Edukasi Puzzle Pengenalan Alat Musik Tradis. Bali Berbas. Android, vol. 11, no. 1, pp. 1–6, 2021.
  7. S. Gusmiawan et al., “Game Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Jawa Barat,” vol. 4, no. 2, pp. 313–320, 2023.
  8. M. Fauzan Febriansyah and Y. Sumaryana, “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” Informatics Digit. Expert, vol. 3, no. 2, pp. 61–68, 2021, doi: 10.36423/index.v3i2.838.
  9. R. E. G. Rahayu and D. D. Abdilah, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mengenal Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 424–431, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.424.
  10. W. Syaroni and A. Tholib, “Pemanfaatan Tools Construct 2 Untuk Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional Bagi Anak-Anak Usia Dini,” NJCA (Nusantara J. Comput. Its Appl., vol. 4, no. 2, p. 92, 2019, doi: 10.36564/njca.v4i2.129.
  11. B. Fachri, “Perancangan Sistem Informasi Iklan Produk Halal Mui Berbasis Mobile Web Menggunakan Multimedia Interaktif,” Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 3, no. 3, p. 98, 2018, doi: 10.30645/jurasik.v3i0.69.
  12. Rahmatika, “Kajian Penerimaan dan Penggunaan Coreldraw,” Fakt. Exacta, vol. 8, no. 2, pp. 116–125, 2015, [Online]. Available: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor_Exacta/article/viewFile/317/299
  13. W. Angela and A. Gani, “Rancang Bangun Game Edukasi Berbasis Web Dan Android Menggunakan Adobe Flash Cs5 Dan Action Script 3.0,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, p. 78, 2016, doi: 10.36549/ijis.v1i2.19.
  14. R. Safitrah, S. Siswanto, and R. T. Alinse, “Designing An Educational Game To Recognize Human Body Organs And The Functions For V-Grade Children Of Sdn 18 In South Bengkulu Using Construct 2,” J. Media Comput. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 243–260, 2023, doi: 10.37676/jmcs.v2i2.4435.
  15. D. Nurdiana and A. Suryadi, “Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc,” J. Petik, vol. 3, no. 2, p. 39, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v3i2.149.