Isi Artikel Utama

Abstrak





Game dengan genre First Person Shooter (FPS) merupakan sebuah permainan yang dimainkan dengan sudut pandang orang pertama dan memiliki fokus utama dalam penggunaan senjata dan peluru tempur. Didalam permainan dengan genre FPS biasa ataupun genre FPS competitive  diperlukan skill membidik yang presisi dan refleks yang bagus untuk dapat melewati rintangan atau musuh yang akan menghadang pemain selama permainan berlangsung. Untuk mendapat skill membidik dan refleks yang bagus, bisa dilakukan dengan bermain pada game tersebut, namun biasanya akan ada beberapa kendala yang akan menganggu proses tersebut, diantaranya adalah pada saat bermain game FPS competitive pemain akan bertemu dengan pemain lain yang memiliki sikap kurang baik yang akan mengganggu konsentrasi dalam proses melatih kemampuan membidik. Maka dari itu latihan membidik ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yaitu game aim trainer. Game aim trainer ini merupakan sebuah aplikasi yang berfokus untuk meningkatkan kemampuan pemain game FPS dalam mengendalikan tetikus (mouse) untuk memindahkan bidikan kepada target secara tepat. Pada perancangan game aim trainer ini akan dilakukan menggunakan game engine unity, game engine unity merupakan suatu software yang digunakan untuk menciptakan dan mengembangkan game, aplikasi, simulasi dan lainnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun sebuah game aim trainer sebagai media latihan untuk para pemain yang ingin mengasah kemampuan membidiknya, dengan fitur yang akan bangun berupa penembakan target dengan dua mode yaitu menembak target dengan waktu terbatas dan menembak target secara akurat. Dalam merancang game aim trainer ini, metodologi yang akan digunakan adalah metodologi Game Development Life Cycle (GDLC) dengan tahapan yang akan dilakukan yaitu Initiation, Pre-production, Production, Testing, Beta dan Release. Penelitian ini diharapkan dapat membantu para pemain yang ingin meningkatkan kemampuan membidiknya agar menjadi lebih presisi dan memiliki refleks yang bagus dalam bermain game bergenre FPS.





Kata Kunci

Aim trainer First Person Shooter Game Development Life Cycle Unity

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
M. R. Giandhani dan R. . Elsen, “Rancang Bangun Game Aim Trainer Untuk Pemain Game FPS Menggunakan Game Engine Unity”, Jurnal Algoritma, vol. 22, no. 1, hlm. 434–446, Mei 2025.

References

  1. D. Tresnawati and I. Setyawan, “Rancang Bangun Game Bergenre Role Playing Game Cerita Rakyat Sangkuriang,” J. Algoritm., vol. 18, no. 1, pp. 231–236, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.818.
  2. H. A. Ubaido et al., “Pengembangan Game First Person Shooter Tentang Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Menggunakan Unity 3D Berbasis Desktop Development of a First Person Shooter Game About the Struggle for Indonesian Independence Using Desktop- Based Unity 3D,” vol. 2, no. April, pp. 97–106, 2023.
  3. P. Santoso and S. M. Ladjamuddin, “Rancang Bangun Game First Person Shooter Berburu Monster Di Tengah Hutan Dengan Unity 5.6. 3,” Incomtech (Jurnal Penelit. Teknol. Inform. dan Komunikasi), vol. 9, no. 2, pp. 1–7, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.istn.ac.id/index.php/incomtech/article/view/913/651
  4. I. Ramadhan, A. Purwanto, and Nurahman, “Pengembangan Teknologi Game Indonesia Untuk Permainan First Person Shooter (Fps) 3D Multiplayer ‘Code To Shoot’ Menggunakan Unity Network (Unet) Berbasis Mobile,” J. Teknol. Inf. Univ. Lambung Mangkurat, vol. 5, no. 2, pp. 39–48, 2020, doi: 10.20527/jtiulm.v5i2.50.
  5. A. Challenge, “7 Game Kompetitif 2023 Paling Sengit untuk Dimainkan!,” superlive.id, 2023. https://superlive.id/superchallenge/artikel/news/7-game-kompetitif-2023-paling-sengit-untuk-dimainkan#:~:text=Siapa di sini yang suka,Yuk%2C langsung aja kita bahas! (accessed Oct. 17, 2024).
  6. Admin nyk.co.id, “Mengenal istilah AIM didalam game,” nyk.co.id, 2019. https://www.nyk.co.id/mengenal-istilah-aim-didalam-game/#:~:text=Beberapa dari kalian mungkin belum,memposisikan crosshairs tepat pada sasarannya.
  7. O. Nwanta, “The Impact of Toxic Behaviour on First-Person Shooter Players,” 2023.
  8. I. J. Robot, V. Tulenan, and S. D. E. Paturusi, “Pengembangan Game 3D First Person Shooter Peristiwa Kemerdekaan 14 Februari 1946 Di Sulawesi Utara,” J. Tek. Inform., vol. 15, no. 2, pp. 109–118, 2020.
  9. L. C. S. Chatulistiwa and A. A. Rismayadi, “Perancangan Game First Person Shooter Edukasi Pengenalan Bakteri dan Virus Berbasis Augmented Reality,” eProsiding Tek. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 129–139, 2021, [Online]. Available: https://eprosiding.ars.ac.id/index.php/pti/article/view/501/257
  10. R. M. Fiqriansyah, A. Nugroho, and R. Setiawan, “Perancangan Game First Person Shooter Sabagai Pengenalan Kampus Pada Mahasiswa di UNAMA Kota Jambi,” J. Inform. Dan Rekayasa Komputer(JAKAKOM), vol. 3, no. 1, pp. 386–393, 2023, doi: 10.33998/jakakom.2023.3.1.758.
  11. R. Ramadan and Y. Widyani, “Game development life cycle guidelines,” 2013 Int. Conf. Adv. Comput. Sci. Inf. Syst. ICACSIS 2013, no. June, pp. 95–100, 2013, doi: 10.1109/ICACSIS.2013.6761558.
  12. T. Zebua, B. Nadeak, and S. B. Sinaga, “Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D,” J. ABDIMAS Budi Darma, vol. 1, no. 1, pp. 18–21, 2020.
  13. D. R. Anamisa, M. Yusuf, F. A. Mufarroha, and N. Rohmah, “Design of Virtual Reality Application for Taharah Using 3D Blender,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1569, no. 2, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1569/2/022071.
  14. J. Salendah, P. Kalele, A. Tulenan, and ..., “Penentuan Beasiswa Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Web Scholarship Determination Using Web Based Fuzzy Tsukamoto Method,” Proceeding Semin. …, no. (nama), pp. 81–90, 2022, [Online]. Available: https://proceeding.unived.ac.id/index.php/snasikom/article/view/80%0Ahttps://proceeding.unived.ac.id/index.php/snasikom/article/download/80/70
  15. A. Angeli and T. Tukino, “Rancang Bangun Game Sudoku Android Berbasis Flutter,” Comput. Based Inf. Syst. J., vol. 12, no. 1, pp. 52–62, 2024, doi: 10.33884/cbis.v12i1.8249.
  16. Rully Pramudita, Rita Wahyuni Arifin, Ari Nurul Alfian, Nadya Safitri, and Shilka Dina Anwariya, “Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun Ui/Ux Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika Stmik Tasikmalaya,” J. Buana Pengabdi., vol. 3, no. 1, pp. 149–154, 2021, doi: 10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3i1.1542.
  17. N. Atiah and W. Sardjono, “Designing a User Interface Application for a Collection of Recipes Using the Design Thinking Method,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 101, no. 12, pp. 5059–5077, 2023.
  18. A. Naufal, “Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Good Corporate Governance, Budaya Organisasi, Dan Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Fraud (Studi Pada PT.X),” J. Ekon. Manajemen, dan Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat
  19. N. A. Majid and D. Tresnawati, “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Surat-Surat Pendek untuk Usia Dini Berbasis Multimedia,” J. Algoritm., vol. 19, no. 2, pp. 469–480, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-2.1108.