Isi Artikel Utama

Abstrak

Permainan tradisional di Jawa Barat dikenal dengan sebutan
“kaulinan barudak” atau “kaulinan barudak baheula” memiliki
banyak tema moral yang menyampaikan kearifan lokal yang luar
biasa, dan berfungsi sebagai cermin cita-cita yang menentukan
kehidupan masyarakat. Karena berkurangnya ketersediaan area
bermain dan kurangnya sosialisasi mengenai pentingnya permainan
tradisional, dan semakin sedikit anak yang terlibat dalam kegiatan
tersebut bahkan ada yang tidak mengetahuinya. Maka tujuan dari
dibuatnya aplikasi android ini yaitu menciptakan sebuah aplikasi
game edukasi yang diharapkan dapat menjadi sarana untuk
membantu anak-anak dalam mengenal kaulinan tradisional di Jawa
Barat, selain itu aplikasi ini juga diharapkan menjadi sarana penting
dalam upaya melestarikan warisan budaya yang berharga ini dari
ancaman yang ditimbulkan oleh dampak budaya modern saat ini.
Pembuatan aplikasi ini dengan menggunakan metodologi DGBL-ID
(Digital Game Based Learning-Instructional Design),

Kata Kunci

Android Digital Game Based Learning Tradisional

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
S. Rahayu, D. Tresnawati, dan I. S. Fatmalasari, “Penerapan DGBL Dalam Game Edukasi Pengenalan Kaulinan Tradisional Sunda Berbasis Android ”, Jurnal Algoritma, vol. 22, no. 1, hlm. 403–412, Jun 2025.

References

  1. F. N. Hasan, “Implementasi Sistem Business Intelligence Untuk Data Penelitian di Perguruan Tinggi,” Prosiding Seminar Nasional Teknoka, vol. 4, pp. I1–I10, Nov. 2019, doi: 10.22236/teknoka.v4i1.3943.
  2. T. P. B. Laru and E. Hariyati, “Inovasi Kebijakan E-Lampid Dalam Meningkatkan Pelayanan Surat Dan Data Kependudukan (Studi Kasus Terhadap Pelaksanaan Program E-Lampid Di Kelurahan Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya) ,” Soetomo Administration Reform Review, vol. Vol 1 No.4, Oct. 2022, Accessed: Apr. 29, 2023. [Online]. Available: https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sar/article/view/5185
  3. Disdukcapil, “Sistem Informasi Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut,” 2023. https://pandu-online.garutkab.go.id/beranda#popup (accessed May 31, 2023).
  4. Yulian MF, Membangun REST API Service dengan DENO & PostgreSQL. Native Enterprise, 2020. Accessed: May 31, 2023. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Membangun_REST_API_Services_dengan_Deno/sL7mDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
  5. S. Rahayu, D. Kurniadi, and T. Maryana, “Teknologi Rest Api untuk Backup Data pada Sistem Pengelolaan Data Peserta BLKK Al-Wasilah Berbasis Web,” Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, pp. 66–77, May 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-1.1001.
  6. H. A. Pangestu, D. Kurniadi, and Y. Septiana, “Aplikasi Pengelolaan Data Pegawai Berbasis REST API untuk Transfer Data Real Time dengan Framework Codeigniter,” Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, pp. 304–313, May 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-1.1090.
  7. M. Y. G. Prasidana and N. Wilantika, “Pengembangan Sistem Pencatatan Kelahiran dan Kematian Berbasis Seluler,” Seminar Nasional Official Statistics, vol. 2020, no. 1, pp. 750–759, Jan. 2021, doi: 10.34123/semnasoffstat.v2020i1.491.
  8. W. G. Wardhana, I. Arwani, and B. Rahayudi, “Implementasi Teknologi Restful Web Service Dalam Pengembangan Sistem Informasi Perekaman Prestasi Mahasiswa Berbasis Website (Studi Kasus: Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 2, May 2020, Accessed: Apr. 13, 2023. [Online]. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7024
  9. G. S. M. Rambe and R. N. Sari, “Rancang Bangun Pengenalan Sistem Informasi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bina Taruna Medan Berbasis Android Dengan Metode Rest API (Application Programming Interface),” Student Scientific Creativity Journal(SSCJ), vol. 1, no. 1, Jan. 2023, Accessed: Apr. 13, 2023. [Online]. Available: https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/sscj/article/view/1061
  10. I. A. K. P. Paramitha, D. M. Wiharta, and I. M. A. Suyadnya, “Perancangan dan Implementasi Restful API Pada Sistem Informasi Manajemen Dosen Universitas Udayana,” Jurnal SPEKTRUM, vol. 9, no. 3, Sep. 2022.
  11. A. S. Rosa and Shalahuddin M, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung , 2016.
  12. S. Fatia, A. H. Safitri, Y. G. N. Khamidatullailiyah, M. A. Yaqin, and Abd. C. Fauzan, “Pemodelan Proses Bisnis Organisasi Sekolah Berbasis Work Breakdown Structure berdasarkan Standar Nasional Pendidikan,” ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 216–241, Aug. 2022, doi: 10.28926/ilkomnika.v4i2.147.