Isi Artikel Utama

Abstrak

Virtual reality tour adalah teknologi yang memungkin pengguna dapat berinteraksi dengan dunia maya, yang mana visualisasi lingkungan nyata yang dipresentasikan secara online. dalam bidang pendidikan teknologi ini dapat digunakan untuk mengenalkan sekolah dengan memberikan pengalaman visual termasuk dapat melihat lokasi dengan pandangan 360o,pemanfaatan teknologi Virtual Reality Tour dapat dijadikan solusi sebagai teknologi pendukung promosi dan pengenalan di sebuah sekolah. Dengan adanya Virtual Reality Tour pengguna dapat melihat dengan tidak datang langsung ke Sekolah. Untuk membangun Aplikasi Virtual Reality Tour Pengenalan Sekolah Berbasis Web mengimplementasikan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle(MDLC) dengan enam tahap yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, serta distribusi. Penelitian ini menghasilkan aplikasi virtual reality tour pengenalan sekolah berbasis web.Pengujian beta testing memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan. Serta pengujian hasil beta testing menggunakan metode usability testing dengan jumlah responden 20 orang yang mengasilkan nilai 4.52 hal ini termasuk sangat baik diukur dalam skala 1 sampai 5

Kata Kunci

Multimedia Development Life Cycle(MDLC) Sekolah Usability testing Virtual reality tour Web

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. D. S. Fatimah, Y. Pariyatin, dan S. U. Fhadillah, “Rancang Bangun Virtual Reality Tour Pengenalan Sekolah Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 22, no. 1, hlm. 582–591, Mei 2025.

References

  1. H. Supriyanto, M. Nurhadi, M. S. Prasetya, D. Hermansyah, and A. C. Puspitaningrum, “Pembuatan Media Informasi Digital Sebagai Sarana Informasi Dan Promosi Sekolah,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 5, pp. 1–9, 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i5.9929.
  2. R. M. Riesa and A. Haries, “Virtual Tourism Dalam Literature Review,” J. Pariwisata Bunda, vol. 01, no. 1, pp. 3–3, 2020.
  3. M. R. Setiawan, M. A. Gustalika, M. Lulu, and L. Usman, “Implementation of Virtual Tour Using Image Stitching As an Introduction Media of Smpn 1 Karangkobar To New Students,” J. Tek. Inform., vol. 4, no. 5, pp. 1089–1098, 2023, [Online]. Available: http://jutif.if.unsoed.ac.id/index.php/jurnal/article/view/968%0Ahttps://jutif.if.unsoed.ac.id/index.php/jurnal/article/download/968/373
  4. S. Barokah, A. D. Supriatna, and D. D. S. Fatimah, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran di Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Web,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 234–238, 2019, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.234.
  5. Yulia Fatma, Regiolina Hayami, Arif Budiman, and Yoze Rizki, “Rancang Bangun Virtual Tour Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata Di Propinsi Riau,” J. Fasilkom, vol. 9, no. 3, pp. 1–7, 2019, doi: 10.37859/jf.v9i3.1666.
  6. P. Putra, M. A. Firdaus, and M. Farhan, “Penerapan Teknologi Virtual Reality Photography Pada Sistem Informasi Objek Wisata,” Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 4, no. 1, p. 70, 2019, doi: 10.24114/cess.v4i1.11461.
  7. Ahmad Nizar Musagani, Yunus Tjandi, and Dyah Vitalocca, “Pengembangan Virtual Tour Tempat Wisata di Makassar Menggunakan Teknologi Virtual Reality,” Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 3, pp. 23–27, 2022, doi: 10.59562/intec.v1i3.247.
  8. M. Iqbal, A. Taqwa, and L. Lindawati, “Perancangan Virtual Reality Website 360 pada Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya,” Sistemasi, vol. 12, no. 3, pp. 915–926, 2023, doi: 10.32520/stmsi.v12i3.3158.
  9. A. M. Luther, interactive Multimedia. london, 1994.
  10. A. W. O. Gama and I. N. H. Kurniawan, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour 360 Degree berbasis Web untuk Pengenalan Pura Dalem Sidakarya,” J. Teknol. Terpadu, vol. 8, no. 2, pp. 106–112, 2022, doi: 10.54914/jtt.v8i2.487.
  11. Agustini and W. J. Kurniawan, “Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas,” J. Mhs. Apl. Teknol. Komput. dan Inf., vol. 1, no. 3, pp. 154–159, 2019, [Online]. Available: http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/526
  12. W. D. Nebriyanto Wahyu Saputro and E. Pujiastuti, “ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF THE QUALITY OF THE PPDB,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 9, no. 1, pp. 86–98, 2024.
  13. N. Luh Putri Ari Wedayanti, N. Kadek Ayu Wirdiani, and I. Ketut Adi Purnawan, “Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 7, no. 2, p. 113, 2019, doi: 10.24843/jim.2019.v07.i02.p03.
  14. N. F. Amin, S. Garancang, and K. Abunawas, “Populasi dalam penelitian merupakan suatu hal yang sangt penting, karena ia merupakan sumber informasi.,” J. Pilar, vol. 14, no. 1, pp. 15–31, 2023.
  15. H. Y. Honi, S. S. Ivonne, and J. E. Tulung, “Pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Konvesional Tahun 2014-2018,” J. EMBA, vol. 8, no. 3, pp. 296–305, 2020.