Isi Artikel Utama
Abstrak
Salah satu kewajiban seorang muslim adalah membaca Al-Qur’an dengan bacaan yang benar, karena itu penting mempelajari cara membaca Al-Qur’an sejak anak-anak. Berdasarkan riset kemenag dan Nuonline telah merilis artikel bahwa dilakukan riset acak terhadap kurang lebih 10 ribu muslim di 32 provinsi di indonesia mendapati 38,49% tidak memiliki literasi Al-Quran. Sebagai upaya mengurangi masalah tersebut perlu diupayakan diversifikasi penyampaian pembelajaran baca Al-Qur’an dengan memanfaatkan teknologi informasi seperti Game berbasis Mobile. Berdasarkan alasan tersebut tujuan penelitian ini adalah merancang bangun Game untuk membantu pembelajaran Makhroj dan Sifat. Pengembangan game tersebut menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode tersebut memiliki 5 tahapan yaitu, Concept, Design, Material Collecting, Assembly, dan Distribution. Hasil uji Alpha menunjukkan bahwa Game telah berhasil menjalankan seluruh fungsi yang diujikan. Adapun nilai hasil uji Beta dari tujuh pertanyaan yang diberikan pada 15 responden adalah 89% yang menyatakan bahwa pengguna ’Sangat Puas’. Maka dari itu diharapkan game ini dapat membantu anak-anak terkait pembacaan makhroj yang baik dan benar
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
References
- A. Rahman, S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina, and Yumriani, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan,” Al Urwatul Wutsqa Kaji. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022.
- R. M. Hidayat and Abdillah, Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI) Cetakan, 2019.
- S. Khalisah, R. Lubis, and T. Iskandar, “Pelatihan Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Makhorijul Huruf Dan Tajwid Pada Majlis Taklim Di Desa Jayasakti Muara Gembong,” An-Nizam, vol. 2, no. 2, pp. 27–35, Aug. 2023.
- L. Nurmiyanti, “Revitalisasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini untuk Menciptakan Generasi Unggul,” JECIES J. Early Child. Islam. Educ. Study, vol. 2, no. 1, pp. 18–37, 2021.
- W. Wibawanto, Game Edukasi RPG (Role Playing game). Semarang: Penerbit LPPM UNNES, 2020.
- N. Hidayati, H. Djoehaeni, and B. Zaman, “Pendampingan Orang Tua dalam Membatasi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 915–926, Feb. 2023.
- V. Rideout and M. B. Robb, The Common Sense Census. Common Sense Media. 2020.
- D. Tresnawati, R. Algani, and S. Mubaraq, “the Introduction of Hijaiyah Letters in Sign Languages Using Augmented Reality Technology,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 4, pp. 907–913, 2022.
- U. Hasanah and T. Tulianti, “Implementasi Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Ra Al-Basyari Sendang Mulyo Lampung Tengah,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 356–362, 2023.
- M. M. Lubis, I. Faisal, and Sarudin, “Penerapan Teknik Stop Motion Pada Pembelajaran Interaktif Makhrajul Huruf Hijaiyah,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya Lubuklinggau, vol. 5, no. 2, pp. 206–215, 2023.
- S. Romlah and Z. Zarnelly, “Design and Development of Hijaiyah Letter Articulation Learning Application Based on Android for Az-Zahra Tambusai Utara Kindergarten,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 11–18, 2021.
- H. Hariansyah, Pratama, S. Aliani, Al-qomariah, and A. Aeni, Nur, “Pengembangan Aplikasi PILARIYYAH untuk Membantu Memudahkan Siswa SD dalam Mempelajari Huruf Hijaiyyah dan Makharijul Huruf,” J. Educ., vol. 05, no. 04, pp. 15239–15248, 2023.
- A. Z. Turmud and E. Edora, “Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Berbasis Game Android,” Akademika, vol. 11, no. 02, pp. 319–328, Dec. 2022.
- A. Amrina, A. Mudinillah, and M. Sari, “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Mixpad Mts Kelas Viii Kota Baru,” Akademika, vol. 10, no. 02, pp. 417–424, Dec. 2021.
- L. Fitriani, D. D. S. Fatimah, and S. Novitasari, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bahasa Inggris untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 19, no. 2, pp. 537–546, Nov. 2022.
- Khoeron, M. (2023). Survei Kemenag, Indeks Literasi Al-Qur’an Kategori Tinggi. Retrieved from
- https://kemenag.go.id/nasional/survei-kemenag-indeks-literasi-al-qur-an-kategori-tinggi-w0A7W
- Asrori, A. M. (2023). Gandeng LK3P UI, Kemenag Rilis Hasil Survei Indeks Literasi Al-Qur’an.
- Retrieved from https://nu.or.id/nasional/gandeng-lk3p-ui-kemenag-rilis-hasil-survei-indeks-literasi-al-
- qur-an-hpt3q
- S. I. Mubarak, Pedoman Praktis Fasih Membaca Huruf, Edisi Revi. Bandung: Asatidz MAQDIS, 2024.
References
A. Rahman, S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina, and Yumriani, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan,” Al Urwatul Wutsqa Kaji. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2022.
R. M. Hidayat and Abdillah, Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI) Cetakan, 2019.
S. Khalisah, R. Lubis, and T. Iskandar, “Pelatihan Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Makhorijul Huruf Dan Tajwid Pada Majlis Taklim Di Desa Jayasakti Muara Gembong,” An-Nizam, vol. 2, no. 2, pp. 27–35, Aug. 2023.
L. Nurmiyanti, “Revitalisasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini untuk Menciptakan Generasi Unggul,” JECIES J. Early Child. Islam. Educ. Study, vol. 2, no. 1, pp. 18–37, 2021.
W. Wibawanto, Game Edukasi RPG (Role Playing game). Semarang: Penerbit LPPM UNNES, 2020.
N. Hidayati, H. Djoehaeni, and B. Zaman, “Pendampingan Orang Tua dalam Membatasi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 915–926, Feb. 2023.
V. Rideout and M. B. Robb, The Common Sense Census. Common Sense Media. 2020.
D. Tresnawati, R. Algani, and S. Mubaraq, “the Introduction of Hijaiyah Letters in Sign Languages Using Augmented Reality Technology,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 4, pp. 907–913, 2022.
U. Hasanah and T. Tulianti, “Implementasi Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Ra Al-Basyari Sendang Mulyo Lampung Tengah,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 356–362, 2023.
M. M. Lubis, I. Faisal, and Sarudin, “Penerapan Teknik Stop Motion Pada Pembelajaran Interaktif Makhrajul Huruf Hijaiyah,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya Lubuklinggau, vol. 5, no. 2, pp. 206–215, 2023.
S. Romlah and Z. Zarnelly, “Design and Development of Hijaiyah Letter Articulation Learning Application Based on Android for Az-Zahra Tambusai Utara Kindergarten,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 11–18, 2021.
H. Hariansyah, Pratama, S. Aliani, Al-qomariah, and A. Aeni, Nur, “Pengembangan Aplikasi PILARIYYAH untuk Membantu Memudahkan Siswa SD dalam Mempelajari Huruf Hijaiyyah dan Makharijul Huruf,” J. Educ., vol. 05, no. 04, pp. 15239–15248, 2023.
A. Z. Turmud and E. Edora, “Media Pembelajaran Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini Berbasis Game Android,” Akademika, vol. 11, no. 02, pp. 319–328, Dec. 2022.
A. Amrina, A. Mudinillah, and M. Sari, “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Mixpad Mts Kelas Viii Kota Baru,” Akademika, vol. 10, no. 02, pp. 417–424, Dec. 2021.
L. Fitriani, D. D. S. Fatimah, and S. Novitasari, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Bahasa Inggris untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 19, no. 2, pp. 537–546, Nov. 2022.
Khoeron, M. (2023). Survei Kemenag, Indeks Literasi Al-Qur’an Kategori Tinggi. Retrieved from
https://kemenag.go.id/nasional/survei-kemenag-indeks-literasi-al-qur-an-kategori-tinggi-w0A7W
Asrori, A. M. (2023). Gandeng LK3P UI, Kemenag Rilis Hasil Survei Indeks Literasi Al-Qur’an.
Retrieved from https://nu.or.id/nasional/gandeng-lk3p-ui-kemenag-rilis-hasil-survei-indeks-literasi-al-
qur-an-hpt3q
S. I. Mubarak, Pedoman Praktis Fasih Membaca Huruf, Edisi Revi. Bandung: Asatidz MAQDIS, 2024.