Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android untuk membantu kelas 1 SD dalam memahami operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Multimedia Development Life Cycle (MDLC) meliputi tahapan concept, desain, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Media pembelajaran dibangun menggunakan Adobe Animate dan dilengkapi dengan elemen gamifikasi seperti badges, countdown, dan score untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Pengujian alpha dan beta dilakukan terhadap pennguna, dengan hasil beta testing menunjukkan skor kepuasan pengguna sebesar 87,4% berdasarkan skala likert. Hasil menunjukkan bahwa aplikasi interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Kata Kunci

MDLC Media Pembelajaran Interaktif Operasi hitung Penjumlahan dan Pengurangan Sekolah Dasar

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. E. G. Rahayu, I. T. Julianto, dan E. Nurul Muttaqin, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Materi Operasi Hitung Untuk Sekolah Dasar Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 22, no. 1, hlm. 645–655, Mei 2025.

References

  1. T. Nurseto, “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik,” J. Ekon. dan Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 19–35, 2012, doi: 10.21831/jep.v8i1.706.
  2. K. Kamarullah, “Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita,” Al Khawarizmi J. Pendidik. dan Pembelajaran Mat., vol. 1, no. 1, p. 21, 2017, doi: 10.22373/jppm.v1i1.1729.
  3. N. P. Yunita and R. E. Indrajit, Gamification Membuat Belajar Seasyik Bermain Game. 2022.
  4. J. Kuswanto and F. Radiansah, “Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI,” J. Media Infotama, vol. 14, no. 1, 2018, doi: 10.37676/jmi.v14i1.467.
  5. A. C. Luther, Authoring Interactive Multimedia, First. 24-28 Oval Road, London NW1 7DX: ACADEMIC PRESS LIMITED, 1994.
  6. W. Fatharani, D. Ariani, and E. Utomo, “Pengembangan Media Pembelajaran Gamifikasi Materi Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar,” J. Pembelajaran Inov., vol. 5, no. 2, pp. 25–34, 2022, doi: 10.21009/jpi.052.05.
  7. I. Nengah, E. Mertayasa, I. Ketut, and A. Pradnyana, “‘3D Animath’: Media Pembelajaran Animasi 3 Dimensi Matematika Untuk Siswa Penyandang Tunagrahita,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 11, no. 3, pp. 343–349, 2022.
  8. M. Khaerudin, D. B. Srisulistiowati, and J. Warta, “Game Edukasi Dengan Menggunakan Unity 3D Untuk Menunjang Proses Pembelajaran,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 8, no. 2, pp. 263–272, 2014, doi: 10.35968/jsi.v8i2.741.
  9. I. G. R. Shebastian, I. M. Putrama, and P. W. A. Suyasa, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif ‘ Pengenalan Hewan Dan Tumbuhan ’ Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Dengan Metode Gamefikasi Untuk Siswa Kelas II Di Sekolah Dasar,” Karmapati, vol. 9, no. Mdlc, 2020.
  10. D. Tresnawati, R. Setiawan, N. Alawiah, D. Heryanto, and S. Rahayu, “The development of sign language learning media using multimedia systems,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 1098, no. 3, p. 032059, 2021, doi: 10.1088/1757-899x/1098/3/032059.
  11. N. F. Amin, S. Garancang, and K. Abunawas, “Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian,” J. Pilar, vol. 14, no. 1, pp. 15–31, 2023.
  12. D. Tresnawati, A. Mulyani, and F. I. Ardiansyah, “Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Asmaul Husna Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 19, no. 1, pp. 192–201, 2022, doi: 10.33364/algoritma/v.19-1.1029.
  13. S. L. Rosanaya and D. Fitrayati, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 2258–2267, 2021.
  14. E. A. Priatno and R. B. B. Sumantri, “Dukungan Perangkat Lunak Authoring dalam Prespektif Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther,” J. Ilmu Komput. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 13–19, 2021, doi: 10.35960/ikomti.v2i2.708.
  15. I. P. N. Febrianto, D. S. Wahyuni, and N. Sugihartini, “Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Kelas Xi Mata Pelajaran Biologi Dengan Materi ‘Sistem Sirkulasi Pada Manusia Dan Sistem Pencernaan Makanan’ Di Sma Negeri 2 Singaraja,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 10, no. 3, p. 282, 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i3.36888.