Isi Artikel Utama
Abstrak
Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Muhammadiyah Sumbang selama ini dilakukan secara manual, menyebabkan berbagai kendala, seperti kesalahan administrasi, pengumpulan dokumen yang rumit, dan keterbatasan informasi bagi calon siswa maupun orang tua. Penelitian ini bertujuan merancang desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) berbasis web untuk mendukung proses PPDB secara efisien. Metode yang digunakan adalah Design Thinking, yang terdiri dari lima tahapan iteratif: empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Tahap empathize mengidentifikasi kebutuhan pengguna melalui wawancara, menghasilkan wawasan tentang masalah utama, seperti keinginan akan alur pendaftaran sederhana, fitur unggah dokumen, pemantauan status secara real-time, dan transparansi rincian biaya. Temuan ini digunakan dalam tahap define untuk merumuskan solusi berbasis pengguna. Pada tahap ideate, dirancang user flow dan wireframe yang memvisualisasikan alur pendaftaran hingga fitur yang dibutuhkan. Prototipe yang dikembangkan diuji pada tahap testing menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian dengan lima responden menunjukkan skor rata-rata SUS sebesar 85, yang menempatkan aplikasi ini dalam kategori “baik” dengan tingkat acceptability “excellent”. Prototipe ini terbukti efektif dalam mengatasi kendala pendaftaran manual, meningkatkan efisiensi waktu, dan memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Desain UI/UX yang menarik dan intuitif juga berpotensi meningkatkan citra sekolah di mata masyarakat. Dengan rancangan ini, sistem PPDB berbasis web tidak hanya mempermudah proses administrasi tetapi juga memberikan solusi jangka panjang yang fleksibel dan adaptif terhadap perkembangan kebutuhan pengguna.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
References
- D. Widoseno, A. Voutama, and T. Ridwan, “Perancangan Ui/Ux Berbasis Website Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Smk Taruna Karya 1 Karawang,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 1401–1409, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.6864.
- M. I. Fauzi, D. Jaya, and G. Pratama, “Perancangan Aplikasi PPDB ( Penerimaan Peserta Didik Baru ) Pada Sekolah Dasar Negeri Buaran 01 Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” vol. 2, no. 2, pp. 100–107, 2024.
- A. Julianti, I. Kaniawulan, and I. Sulistio, “Perancangan Ui / Ux Pada Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru ( Ppdb ) Di Sd Plus Al-Muhajirin Berbasis Web Dengan Metode Design Thinking,” vol. 8, no. 5, pp. 9948–9953, 2024.
- S. Faridha, S. Yulianti, and Y. Sugiarti, “Perkembangan teknologi yang pesat telah memicu munculnya berbagai aplikasi mobile dan website yang dirancang untuk memudahkan aktivitas dan pekerjaan manusia. User Interface (UI) adalah elemen penting yang menghubungkan pengguna dengan sistem secara langs,” bit-Tech, vol. 7, no. 1, pp. 58–67, 2024, doi: 10.32877/bt.v7i1.1467.
- R. Kurniawan and M. Budi, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 2–7, 2022.
- D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
- S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.
- R. Maulina, I. I. Hidayat, R. Sataria, S. Wahyuni, A. Dumyati, and M. R. Pribadi, “Pembuatan User Interface Layanan Aplikasi Komik Online Menggunakan Metode Perancangan Design Thinking,” MDP Student Conf. 2022, pp. 413–420, 2022.
- E. Prayitno, T. Suprawoto, and I. J. Perdana, “Perancangan Ulang User Interface Sistem Informasi Akademik dengan Metode Design Thinking,” J. Inform. Komputer, Bisnis dan Manaj., vol. 22, no. 2, pp. 51–58, 2024, doi: 10.61805/fahma.v22i2.132.
- R. E. Pratama and E. G. Wahyuni, “Perancangan Desain Antarmuka Pengguna Dan Pengalaman Penguna Pada Aplikasi Yada,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 9, no. 2, pp. 841–851, 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i2.4742.
- F. I. Komputer and U. A. Purwokerto, “4 1,2,3,” vol. 13, no. 1, 2024.
- Y. A. Prayogi and N. Setiyawati, “Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi E-Learning Umkm Salatiga Menggunakan Metode Design Thinking,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 9, no. 1, pp. 402–415, 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i1.4218.
- E. C. Shirvanadi, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Peranc. Ulang Ui/Ux Situs E-Learning Amikom Cent. Dengan Metod. Des. Think. (Studi Kasus Amikom Center), p. 8, 2021, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156
- N. N. Arisa, M. Fahri, M. I. A. Putera, and M. G. L. Putra, “Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknika, vol. 12, no. 1, pp. 18–26, 2023, doi: 10.34148/teknika.v12i1.549.
- H. N. Hidayah and E. R. Yulia, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Dengan Metode Design Thinking,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 8, no. 2, p. 243, 2024, doi: 10.26798/jiko.v8i2.1124.
- F. Resdiyani, I. Aknuranda, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Aplikasi Faraidh Menggunakan Pengujian Usability,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 5, pp. 2010–2018, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
References
D. Widoseno, A. Voutama, and T. Ridwan, “Perancangan Ui/Ux Berbasis Website Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Di Smk Taruna Karya 1 Karawang,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 1401–1409, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.6864.
M. I. Fauzi, D. Jaya, and G. Pratama, “Perancangan Aplikasi PPDB ( Penerimaan Peserta Didik Baru ) Pada Sekolah Dasar Negeri Buaran 01 Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” vol. 2, no. 2, pp. 100–107, 2024.
A. Julianti, I. Kaniawulan, and I. Sulistio, “Perancangan Ui / Ux Pada Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru ( Ppdb ) Di Sd Plus Al-Muhajirin Berbasis Web Dengan Metode Design Thinking,” vol. 8, no. 5, pp. 9948–9953, 2024.
S. Faridha, S. Yulianti, and Y. Sugiarti, “Perkembangan teknologi yang pesat telah memicu munculnya berbagai aplikasi mobile dan website yang dirancang untuk memudahkan aktivitas dan pekerjaan manusia. User Interface (UI) adalah elemen penting yang menghubungkan pengguna dengan sistem secara langs,” bit-Tech, vol. 7, no. 1, pp. 58–67, 2024, doi: 10.32877/bt.v7i1.1467.
R. Kurniawan and M. Budi, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 2–7, 2022.
D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
S. Ansori, P. Hendradi, and S. Nugroho, “Penerapan Metode Design Thinking dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile SIPROPMAWA,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1072–1081, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3648.
R. Maulina, I. I. Hidayat, R. Sataria, S. Wahyuni, A. Dumyati, and M. R. Pribadi, “Pembuatan User Interface Layanan Aplikasi Komik Online Menggunakan Metode Perancangan Design Thinking,” MDP Student Conf. 2022, pp. 413–420, 2022.
E. Prayitno, T. Suprawoto, and I. J. Perdana, “Perancangan Ulang User Interface Sistem Informasi Akademik dengan Metode Design Thinking,” J. Inform. Komputer, Bisnis dan Manaj., vol. 22, no. 2, pp. 51–58, 2024, doi: 10.61805/fahma.v22i2.132.
R. E. Pratama and E. G. Wahyuni, “Perancangan Desain Antarmuka Pengguna Dan Pengalaman Penguna Pada Aplikasi Yada,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 9, no. 2, pp. 841–851, 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i2.4742.
F. I. Komputer and U. A. Purwokerto, “4 1,2,3,” vol. 13, no. 1, 2024.
Y. A. Prayogi and N. Setiyawati, “Perancangan Ui/Ux Pada Aplikasi E-Learning Umkm Salatiga Menggunakan Metode Design Thinking,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 9, no. 1, pp. 402–415, 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i1.4218.
E. C. Shirvanadi, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Peranc. Ulang Ui/Ux Situs E-Learning Amikom Cent. Dengan Metod. Des. Think. (Studi Kasus Amikom Center), p. 8, 2021, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34156
N. N. Arisa, M. Fahri, M. I. A. Putera, and M. G. L. Putra, “Perancangan Prototipe UI/UX Website CROWDE Menggunakan Metode Design Thinking,” Teknika, vol. 12, no. 1, pp. 18–26, 2023, doi: 10.34148/teknika.v12i1.549.
H. N. Hidayah and E. R. Yulia, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru Dengan Metode Design Thinking,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 8, no. 2, p. 243, 2024, doi: 10.26798/jiko.v8i2.1124.
F. Resdiyani, I. Aknuranda, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Aplikasi Faraidh Menggunakan Pengujian Usability,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 5, pp. 2010–2018, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id