Isi Artikel Utama
Abstrak
Toko UD.Maju Jaya merupakan toko bangunan yang menjual segala macam bahan bangunan. Penjualan pada Toko UD. Maju Jaya masih mengalami kendala, mulai dari penjualan yang kurang stabil hingga masih menggunakan sistem manual untuk pencatatan dan pencarian produk oleh pelanggan juga belum efisien dikarenakan pelanggan harus datang langsung ke toko. Tujuan penelitian ini yaitu membuat sistem E-CRM berbasis web untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan (order) bahan bangunan serta meningkatkan efisiensi operasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang terdiri dari 6 tahapan mulai dari identifikasi masalah, pengambilan data, analisis, desain sistem, uji coba sistem hingga implementasi sistem. Hasil penelitian ini menghasilkan sistem E-CRM berbasis web dengan fitur seperti detail produk, keranjang belanja, pembayaran online, chat sehingga dapat mempertahankan hubungan pihak toko dengan pelanggan dan juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
References
- R. A. Lestari and S. Saroyo, “Pengaruh Costumer Relationship Management (CRM) Terhadap Costumer Loyality Pada Pembelian Unit CV Yamaha Surya Prima Tanjung Kabupaten Tabalong,” J. Mhs. Adm. Publik dan Admiinistrasi Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 1515–1527, 2024.
- L. Melia Sari, E. Melisa, D. Agnes Fitria, and T. Sutabri, “Analisis Penerapan Strategi Customer Relationship Marketing Blibli,” J. Ris. dan Inov. Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 33–39, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v2i1.2359
- L. A. Anggraeni, “Tantangan Kompetisi dan Risiko Monopoli dalam Transformasi Digital E-Commerce dengan Studi Kasus Aplikasi TikTok di Indonesia,” Sains J. Manaj. dan Bisnis, vol. 16, no. 1, p. 87, 2024, doi: 10.35448/jmb.v16i1.23398.
- A. Rona, M. Sihombing, I. Kelana Jaya, I. S. Dumayanti, and H. Artikel, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Toko Premium Kids Berbasis Web,” J. Ilm. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 52–58, 2023, [Online]. Available: http://ojs.fikom-methodist.net/index.php/methosisfo
- I. A. Pangestu and G. T. Mardiani, “Sistem Informasi Rekomendasi Produk Dengan Pendekatan Customer Relationship Management Di Cv. Xyz,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 10, no. 2, pp. 78–86, 2022, doi: 10.34010/komputa.v10i2.6807.
- S. S. Lubis, F. S. Lubis, and B. Hendrik, “Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Doorsmeer Keluarga Nasution Menggunakan Metode Algoritma K-Means,” Jised J. Inf. Syst. Educ. Dev., vol. 1, no. 2, pp. 33–40, 2023.
- A. M. Ariska, N. Irawati, and A. Muhazir, “Penerapan Elektronik Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Penjualan Roti Berbasis Web,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 2, p. 1090, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.4002.
- E. Rahayu, W. M. Kifti, and R. Rohminatin, “Analisis Implementasi Customer Relationship Management Pada Safira Bakery,” J. Sci. Soc. Res., vol. 5, no. 1, p. 37, 2022, doi: 10.54314/jssr.v5i1.812.
- D. Ngelyaratan, D. Soediantono, S. Staf, K. Tni, and A. Laut, “Customer Relationship Management (CRM) and Recommendation for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review,” J. Ind. Eng. Manag. Res., vol. 3, no. 3, pp. 2722–8878, 2022, [Online]. Available: http://www.jiemar.org
- N. A. A. Anggara, J. Hutahaean, and M. Iqbal, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 4, pp. 480–488, 2022, doi: 10.47065/bits.v3i4.1440.
- P. R. Siregar, N. Irawati, and I. R. Harahap, “E - CRM Penjualan Keripik Kemuning Pada Usaha Kecil Menengah (UKM),” J-Com (Journal Comput., vol. 2, no. 3, pp. 195–204, 2022, doi: 10.33330/j-com.v2i3.1937.
- Agustinus Zalukhu, Swingly Purba, and Dedi Darma, “Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Flowchart,” J. Teknol. Inf. dan Ind., vol. 4, no. 1, pp. 61–70, 2023.
References
R. A. Lestari and S. Saroyo, “Pengaruh Costumer Relationship Management (CRM) Terhadap Costumer Loyality Pada Pembelian Unit CV Yamaha Surya Prima Tanjung Kabupaten Tabalong,” J. Mhs. Adm. Publik dan Admiinistrasi Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 1515–1527, 2024.
L. Melia Sari, E. Melisa, D. Agnes Fitria, and T. Sutabri, “Analisis Penerapan Strategi Customer Relationship Marketing Blibli,” J. Ris. dan Inov. Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 33–39, 2024, [Online]. Available: https://doi.org/10.59581/jrim-widyakarya.v2i1.2359
L. A. Anggraeni, “Tantangan Kompetisi dan Risiko Monopoli dalam Transformasi Digital E-Commerce dengan Studi Kasus Aplikasi TikTok di Indonesia,” Sains J. Manaj. dan Bisnis, vol. 16, no. 1, p. 87, 2024, doi: 10.35448/jmb.v16i1.23398.
A. Rona, M. Sihombing, I. Kelana Jaya, I. S. Dumayanti, and H. Artikel, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Toko Premium Kids Berbasis Web,” J. Ilm. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 52–58, 2023, [Online]. Available: http://ojs.fikom-methodist.net/index.php/methosisfo
I. A. Pangestu and G. T. Mardiani, “Sistem Informasi Rekomendasi Produk Dengan Pendekatan Customer Relationship Management Di Cv. Xyz,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 10, no. 2, pp. 78–86, 2022, doi: 10.34010/komputa.v10i2.6807.
S. S. Lubis, F. S. Lubis, and B. Hendrik, “Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Doorsmeer Keluarga Nasution Menggunakan Metode Algoritma K-Means,” Jised J. Inf. Syst. Educ. Dev., vol. 1, no. 2, pp. 33–40, 2023.
A. M. Ariska, N. Irawati, and A. Muhazir, “Penerapan Elektronik Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Penjualan Roti Berbasis Web,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 2, p. 1090, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.4002.
E. Rahayu, W. M. Kifti, and R. Rohminatin, “Analisis Implementasi Customer Relationship Management Pada Safira Bakery,” J. Sci. Soc. Res., vol. 5, no. 1, p. 37, 2022, doi: 10.54314/jssr.v5i1.812.
D. Ngelyaratan, D. Soediantono, S. Staf, K. Tni, and A. Laut, “Customer Relationship Management (CRM) and Recommendation for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review,” J. Ind. Eng. Manag. Res., vol. 3, no. 3, pp. 2722–8878, 2022, [Online]. Available: http://www.jiemar.org
N. A. A. Anggara, J. Hutahaean, and M. Iqbal, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dalam Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Berbasis Web,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 4, pp. 480–488, 2022, doi: 10.47065/bits.v3i4.1440.
P. R. Siregar, N. Irawati, and I. R. Harahap, “E - CRM Penjualan Keripik Kemuning Pada Usaha Kecil Menengah (UKM),” J-Com (Journal Comput., vol. 2, no. 3, pp. 195–204, 2022, doi: 10.33330/j-com.v2i3.1937.
Agustinus Zalukhu, Swingly Purba, and Dedi Darma, “Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Flowchart,” J. Teknol. Inf. dan Ind., vol. 4, no. 1, pp. 61–70, 2023.