Isi Artikel Utama

Abstrak

E-commerce merupakan penjualan atau pembelian jasa atau barang antara perusahaan, rumah tangga, individu, pemerintahan, masyarakat, atau organisasi swasta lainnya, yang dilakukan melalui computer pada media jaringan. Customer Relationship Management adalah strategi tingkat korporasi yang berfokus pada pembangunan dan pemeliharaan hubungan dengan pelanggan dan pada intinya perusahaan ingin membangun ikatan lebih kuat dengan pelanggan yang bertujuan untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem CRM berbasis web guna meningkatkan loyalitas pelanggan pada store Jaya Plastik. Metode penelitian melibatkan penggunaan use case diagram untuk perancangan sistem, implementasi dengan Visual Studio Code, dan database MySQL. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat meningkatkan transparansi informasi produk hingga 80% dan mempertahankan 90% pelanggan aktif.

Kata Kunci

CRM Customer Loyalty E-Commerce Use Case Diagram Web-Based System

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
S. Putri, G. M. . Putra, dan Y. . Apridonal M, “CRM Terhadap Loyalitas Pelanggan Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 22, no. 1, hlm. 278–287, Mei 2025.

References

  1. Y. Rosanti and M. D. T. Putra, “Tantangan dan Strategi Customer Relationship Marketing dengan Prinsip Cleanliness, Health, and Safety (CHS) dalam Upaya Pemulihan Ekonomi di Kawasan Wisata Samosir,” Pros. Konf. Nas. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 1177, 2020.
  2. Y. O. Siallagan, N. F. Saragih, and J. M. Hutapea, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Toko Roti Ganda Berbasis Web,” Method. J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 6–13, 2020, doi: 10.46880/mtk.v6i1.247.
  3. D. Purwaningtias, M. Nasihin, and N. Diaz Arizona, E-Business Konsep Dasar E-Business di Era Digital. 2020. [Online]. Available: https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/292699/BUKU-AJAR.pdf
  4. S. Fabriani and S. Juanita, “Implementasi Electronic Relationship Management ( E- Crm ) Pada Beauty Karlina Salon Untuk Meningkatkan,” Idealis, vol. 3, no. 1, pp. 381–385, 2020.
  5. W. William and B. D. Andah, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Penjualan Pada PT. Cipta Aneka Buah,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 20–25, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.1467.
  6. S. Nirwan and H. MS, “Rancang Bangun Aplikasi Untuk Prototipe Sistem Monitoring Konsumsi Energi Listrik Pada Peralatan Elektronik Berbasis Pzem-004T,” Tek. Inform., vol. 12, no. 2, pp. 22–28, 2020.
  7. F. L. D. Cahyanti, F. Sarasati, W. Widiastuti, and E. Firasari, “Perancangan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Kerajian Bambu,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 70–79, 2021, doi: 10.29408/edumatic.v5i1.3275.
  8. A. S. Putra, “Sistem Manajemen Pelayanan Pelanggan Menggunakan PHP Dan MySQL ( Studi Kasus pada Toko Surya ),” Tekinfo J. Bid. Tek. Ind. dan Tek. Inform., vol. 22, no. 1, pp. 100–116, 2021, doi: 10.37817/tekinfo.v22i1.1190.
  9. S. Safwandi, “Analisis Perancangan Sistem Informasi Sekolah Menengah Kejuruan 1 Gandapura Dengan Model Diagram Konteks Dan Data Flow Diagram,” J. Teknol. Terap. Sains 4.0, vol. 2, no. 2, p. 525, 2021, doi: 10.29103/tts.v2i2.4724.
  10. F. Firmansyah and S. F. W. Herdin, “Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Sepatu Convese,” J. Bisnis dan Pemasar., vol. 11, no. 1, p. 11, 2021.
  11. M. Warsela, A. D. Wahyudi, and A. Sulistiyawati, “Penerapan Customer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus: PT. FIF Group),” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, p. 78, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
  12. A. F. Prasetya, Sintia, and U. L. D. Putri, “Perancangan Aplikasi Rental Mobil Menggunakan Diagram UML (Unified Modelling Language),” J. Ilm. Komput. Terap. dan Inf., vol. 1, no. 1, pp. 14–18, 2022.
  13. F. Aditya, A. D. Putra, and A. Surahman, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Berbasis Android (Studi Kasus: Pada Toko Murah Jaya Alumunium),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 3, pp. 316–329, 2022, doi: 10.33365/jatika.v3i3.2037.
  14. I. A. Pangestu and G. T. Mardiani, “Sistem Informasi Rekomendasi Produk Dengan Pendekatan Customer Relationship Management Di Cv. Xyz,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 10, no. 2, pp. 78–86, 2022, doi: 10.34010/komputa.v10i2.6807.
  15. D. P. Ramadhani, H. Syafwan, and C. Latiffani, “Penerapan Metode E-CRM Pada Toko Wati Collection,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 4, pp. 3503–3518, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i4.2839.
  16. A. Rona, M. Sihombing, I. Kelana Jaya, I. S. Dumayanti, and H. Artikel, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Pada Toko Premium Kids Berbasis Web,” J. Ilm. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 52–58, 2023, [Online]. Available: http://ojs.fikom-methodist.net/index.php/methosisfo
  17. D. Pertiwi, Y. Siagian, and A. K. Syahputra, “E-CRM For Sales Of Fashion At Jannah Simpang Four Boutique,” J. Tek. Inform., vol. 3, no. 4, pp. 929–937, 2022, doi: 10.20884/1.jutif.2022.3.4.474.
  18. R. A. Lestari and S. Saroyo, “Pengaruh Costumer Relationship Management (CRM) Terhadap Costumer Loyality Pada Pembelian Unit CV Yamaha Surya Prima Tanjung Kabupaten Tabalong,” J. Mhs. Adm. Publik dan Admiinistrasi Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 1515–1527, 2024.
  19. A. M. Ariska, N. Irawati, and A. Muhazir, “Penerapan Elektronik Customer Relationship Management (E-CRM) Dalam Penjualan Roti Berbasis Web,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 2, p. 1090, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.4002.