https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/issue/feed Jurnal Algoritma 2025-01-17T09:23:46+07:00 Yosep Septiana [email protected] Open Journal Systems <p>Jurnal Algoritma merupakan jurnal yang digunakan untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang &nbsp;<strong>Teknologi Informasi (TI), Sistem Informasi (SI), dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)</strong>, <strong>Multimedia (MM)</strong>, dan <strong>Ilmu Komputer (Computer Science)</strong>.</p> <p><em><strong>E-ISSN:&nbsp;2302-7339 |&nbsp;</strong></em><em><strong>P-ISSN:&nbsp;1412-3622</strong></em></p> https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1617 Desain Aplikasi Layanan Kesehatan Home Care Menggunakan Metode User Centred Design (UCD) 2024-06-26T10:03:31+07:00 Agustinus Eko Setiawan [email protected] Zulkifli Zulkifli [email protected] Tahta Herdian Andika [email protected] Irsan Aras [email protected] Alfredo Pasaribu [email protected] <p>Di era digital sekarang ini, menggunakan aplikasi untuk mendukung proses pelayanan kesehatan sangatlah bermanfaat. Layanan yang diharapkan semua orang adalah layanan yang benar-benar melayani dan membuatnya sangat mudah. Dalam penelitian ini penulis mengusulkan untuk dikembangkan sebuah aplikasi <em>Home Care</em> yang bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan kesehatan. Masyarakat tidak perlu mendatangi puskesmas ataupun rumah sakit, tetapi tenaga medis yang akan mendatangi pasien. Layanan Kesehatan Home Care yang disajikan melalui platform web didesain dengan pendekatan UCD (User Centered Design) untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh user dalam menggunakan aplikasi Home Care yang disediakan. User dapat dengan mudah memahami fungsi-fungsi dari modul-modul aplikasi ini hanya dalam satu kali penggunaan. Metode <em>User Centered Design</em> (UCD) berhasil memperoleh hasil usability testing dengan persentase rata-rata 83,72%. Dengan demikian, aplikasi Home Care berhasil menciptakan sistem yang <em>user-friendly</em> dan sangat bermanfaat.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1644 Evaluasi Celah Keamanan Website Dana Pensiun X Melalui Penetration Testing Berdasarkan ISSAF Framework 2024-07-11T09:05:32+07:00 Fransiskus Mario Hartono Tjiptabudi [email protected] Ricky Imanuel Ndaumanu [email protected] <p>Dapen X merupakan dana pensiun penyelenggara program pensiun untuk peserta yang merupakan karyawan dari sebuah lembaga keuangan. Dalam mendukung proses bisnisnya yang berkaitan dengan pengelolaan data dan juga informasi, Dapen X telah menerapkan sebuah <em>website</em>. Mengingat bahwa data yang dikelola dan manfaat yang diberikan oleh <em>website </em>tersebut sangat krusial maka rentan menjadi sasaran serangan siber. Berkaca pada berbagai kasus serangan siber yang terjadi, maka perlu dilakukan pencegahan akan hal tersebut terhadap <em>website </em>Dapen X sehingga wajib dilakukan pengujian tingkat keamanan <em>website</em> secara menyeluruh antara lain dengan mengidentifikasi celah keamanan<em>, </em>memahami risiko keamanan sistem, mengkaji keamanan <em>server</em> sebagai bentuk pertahanan dari pencurian data dan pelanggaran keamanan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan <em>penetration testing </em>terhadap <em>website </em>Dapen X berdasarkan kerangka kerja ISSAF. Adapun hasil yang diperoleh yakni adanya temuan sebanyak 21 kerentanan yang terdiri dari 6 kerentanan Tingkat menengah (<em>medium</em>) dan 15 kerentanan tingkat rendah (<em>low</em>). Penelitian ini menghasilkan beberapa rekomendasi perbaikan yang menjadi dasar pijakan untuk meningkatkan keamanan <em>website </em>Dapen X dalam rangka mencegah terjadinya serangan siber dari pihak luar.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1651 Analisis Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terintegrasi untuk Koperasi Menggunakan Metode Webqual serta Uji Regresi dan Korelasi 2024-07-16T15:20:54+07:00 Teguh Wahyono [email protected] Purwanto Purwanto [email protected] <p>Sistem Informasi Akuntansi Koperasi Terintegrasi untuk Koperasi atau yang disebut dengan nama <em>Smart-Kop</em> merupakan aplikasi sistem informasi yang dikembangkan untuk penyusunan laporan keuangan koperasi-koperasi di Kota Salatiga. Sistem tersebut terintegrasi dengan sistem di Dinas Koperasi Kota Salatiga, sehingga menghasilkan laporan kinerja yang terkonsolidasi di tingkat kota. Mengingat pentingnya aplikasi tersebut, maka perlu dilakukan pengukuran kualitas untuk memastikan apakah aplikasi sudah menjalankan fungsinya dan bekerja dengan baik. Analisis kualitas dilakukan dengan metode Webqual 4.0 yang melakukan analisis kualitas dengan didasarkan pada tiga variabel utama yaitu <em>usability, information quality</em> dan <em>service interaction quality</em>. Selanjutnya juga dilakukan uji kepuasan pengguna untuk melihat sejauh mana tiga dimensi kualitas tersebut berpengaruh. Uji kepuasan pengguna menggunakan analisis regresi dan korelasi, untuk menemukan dimensi mana yang secara signifikan memengaruhi kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas aplikasi secara umum baik dengan nilai rata-rata 4,34 dari skala 5. Walau demikian terdapat variabel yang nilainya berada di bawah 4 yaitu variabel yang terkait dengan keamanan sistem. Uji lain menunjukkan bahwa ketiga dimensi dalam <em>Webqual</em> secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 84,8% terhadap kepuasan pengguna, sedangkan 25,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Dari ketiga variabel tersebut, <em>interaction quality</em> memiliki dampak terbesar terhadap kepuasan pengguna. Hasil tersebut diharapkan dapat memberi masukan untuk meningkatkan kualitas sistem informasi akuntansi untuk koperasi ke depannya.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1657 Chatbot Edukasi Pra-Nikah berbasis Telegram Menggunakan Bidirectional Encoder Representations From Transformers (BERT) 2024-07-24T08:57:11+07:00 Fany Risti Fatonah [email protected] Dian Sa'adillah Maylawati [email protected] Eva Nurlatifah [email protected] <p>Tingginya angka perceraian dan penurunan minat untuk menikah di Indonesia memunculkan kebutuhan akan pendekatan baru dalam edukasi pranikah. Dengan memanfaatkan teknologi Natural Language Processing, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mesih <em>chatbot</em> menjadi solusi dalam edukasi pre-nikah yang dengan memberikan informasi efektif dan efisien kepada pasangan calon pengantin secara <em>realtime</em>. Penelitian ini menggunakan model <em>Bidirectional Encoder Representations from Transformers</em> (BERT) dengan <em>chatbot</em> berupa konteks dari <em>website</em> Kementerian Agama dan buku edukasi pernikahan. Model ini &nbsp;diimplementasikan ke dalam <em>chatbot</em> melalui platform Telegram dan pengujiannya menggunakan pengujian Non-Respon-Rate dan metriks BERTScore. Hasil pengujian Non-Respon-Rate menunjukkan akurasi <em>chatbot</em> edukasi pranikah berbasis BERT sebesar 76,92% dengan akurasi tertinggi 92%. Sedangkan pengujian menggunakan BERTScore menunjukkan bahwa <em>chatbot</em> tersebut mencapai nilai precision 86%, recall 83%, dan F1-score 84%.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1691 QBIDAN: Aplikasi Kebidanan Berbasis Mobile 2024-08-15T13:46:05+07:00 Intan Rina Susilawati [email protected] Eri Satria [email protected] Detila Rostilawati [email protected] Naning Suryani [email protected] Ernawati Ernawati [email protected] Titi Purwitasari Handayani [email protected] <p>Sebagian besar layanan bidan saat ini masih menggunakan pencatatan manual yang kurang efektif sehingga menyebabkan peningkatan beban kerja, kesulitan dalam mencari informasi, dan risiko kehilangan data penting. Tujuan penelitian ini membangun aplikasi QBidan yang menyediakan berbagai fitur untuk membantu dalam pemantauan kehamilan, memberikan informasi kesehatan, serta menawarkan sumber daya dan tips yang berguna selama perjalanan kehamilan. Aplikasi ini juga dapat memfasilitasi komunikasi antara ibu hamil dan tenaga kesehatan, serta memberikan panduan nutrisi, latihan fisik, dan persiapan untuk persalinan. Metode penelitian menggunakan <em>waterfall</em> meliputi komunikasi, <em>planning, modelling, construction </em>dan <em>deployment</em>. Hasil penelitian diperoleh sebuah aplikasi QBidan berbasis android dengan fitur pranikah, prakehamilan, kehamilan, persalinan, menyusui, program keluarga berencana, perawatan bayi, tentang QBidan dan pertanyaan yang sering ditanyakan. Aplikasi memberikan informasi kepada penggunanya secara komprehensif mulai dari sebelum pernikahan sampai perawatan bayi. Aplikasi diuji menggunakan <em>usability test, </em>dihasilkan skor penerimaan pengguna sangat baik dengan nilai rata-rata 4.6 (93%). Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi QBidan yang dibangun telah memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian berikutnya dapat dilakukan dengan menambahkan kalkulator perhitungan masa subur, konsultasi pelayanan bidan dan pengukuran penerimaan teknologi oleh pengguna.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1672 Analisis Sentimen Pada Komentar Instagram Provider By.U Menggunakan Metode K-Nearest Neighbors (KNN) 2024-09-11T09:14:21+07:00 Nindy Alvionika [email protected] Sutan Faisal [email protected] Rahmat Rahmat [email protected] Anis Fitri Nur Masruriyah [email protected] <p>Kehadiran internet dari berbagai penyedia layanan menjadi semakin beragam, menuntut kualitas unggul untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satu penyedia layanan internet terkemuka dan terbesar di Indonesia yaitu Telkomsel, yang kini memiliki <em>sub-brand</em> bernama By.U. By.U resmi diperkenalkan pada 10 Oktober 2019 dan merupakan salah satu ISP (<em>Internet Service Provider</em>) pertama di Indonesia yang menawarkan pengalaman digital secara (E2E) <em>End-To-End</em> pada seluruh aspek kebutuhan telekomunikasi. Pengalaman digital (E2E) pada By.U memudahkan pengguna untuk memilih metode pengiriman kartu perdana hingga menentukan nomor telepon By.U, membeli paket data, dan menyelesaikan proses pembayaran. Menganalisis sentimen dapat mengidentifikasi representasi opini pengguna berdasarkan pengalaman pengguna By.U. Metode <em>K-Nearest Neighbors</em> yang akan digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil akurasi menggunakan algoritma <em>K-Nearest Neighbors</em> sebesar 73 persen. Hasil pada <em>topic modelling</em> yang dilakukan menggunakan <em>Latent Dirichlet Allocation</em> diketahui tema yang dibahas pada topik 1 yaitu menggambarkan mengenai <em>information</em> data telekomunikasi, pada topik 2 mengenai pendaftaran sim <em>card</em>, topik 3 mencakup berbagai masalah yang berkaitan dengan paket internet, aplikasi, dan transaksi. Hasil analisis sentimen menunjukkan bahwa penelitian ini mengalami kesulitan dalam memprediksi sentimen, tidak ada prediksi yang akurat untuk kelas positif, netral dan negatif. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian harus ditingkatkan dan dilatih dengan menggunakan sampel yang lebih besar untuk prediksi sentimen.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1690 Evaluasi Proses Bisnis Dompet Digital Menggunakan Technology Acceptance Model 2024-09-10T10:48:34+07:00 Ismi Alika Zuhaira [email protected] Fransiscus Antonius Alijoyo [email protected] <p>Pengguna DANA di Indonesia pada tahun 2023 mengalami peningkatan 23 persen dari tahun sebelumnya sehingga diperlukan pengkajian terhadap kepuasan penggunanya. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi proses bisnis dompet digital dengan melakukan pengukuran terhadap kepuasan pengguna aplikasi Dana. Model pengukuran yang digunakan ialah TAM. Data sebanyak 139 responden pengguna DANA melalui kuesioner online dengan <em>sampling error</em> sebesar 10%. Berdasarkan perhitungan mnggunakan aplikasi SmartPLS 4.0, seluruh variebel pada model TAM saling berpengaruh, yaitu <em>Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Credibility, Attitude Towards Using, Behavioral Intention to Use, Acceptance of IT,</em> dan <em>Actual System Use. </em>Kecuali variabel <em>Perceived Ease of Use</em> tidak signifikan mempengaruhi <em>Attitude Toward Using</em>. Penelitian ini memberi wawasan bagi penyedia dompet digital untuk meningkatkan kepuasan penggunaan dengan fokus aspek kelengkapan fitur dan informasi, proses transfer antar rekening, dan kemudahan dalam menggunakan aplikasi. Implikasi praktis termasuk strategi pemasaran dan pengembangan aplikasi. Penelitian masa yang akan datang dapat melibatkan sampel yang lebih besar dan faktor-faktor tambahan yang mempengaruhi kepuasan pemakai aplikasi dompet digital.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1775 Implementasi Metode Agile Pada Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Website 2024-09-11T09:55:22+07:00 Nurfaizah Nurfaizah [email protected] Wisnu Mu'amar [email protected] Iwan Haryatno [email protected] Arifah Budi Hidayah [email protected] <p>Sistem manajemen sekolah merupakan suatu sistem informasi yang mengintegrasikan berbagai pemangku kepentingan di sekolah yang memungkinkan seluruh informasi yang dibutuhkan tersedia dalam satu platform sistem informasi. Sistem manajemen sekolah sendiri akan dibangun dengan berbasis website yang memungkinkan dapat diakses dimana saja dan kapan saja oleh seluruh pihak yang berkepentingan. Guna mendukung kemudahan penyajian informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam penelitian ini akan mengimplementasikan metode agile sebagai suatu metode pengembangan pembuatuan suatu sistem informasi. Metode agile cocok untuk digunakan untuk pengerjaan proyek jangka pendek dan untuk selalu beradaptasi dengan para pengguna dan tim dalam proses pembuatannya. Penelitian ini telah berhasil membangun sistem manajemen sekolah yang dapat memberikan informasi manajemen yang mencakup pengguna siswa, guru, tata usaha serta pihak luar untuk mengakses berbagai informasi dari sekolah selain itu juga dengan adanya sistem manajamen sekolah ini dapat memberikan dampak kemudahan dan kerja yang saling bersinergi antar berbagai pihak serta dapat dijadikan sebagai alat untuk memperkenalkan sekolah kepada masyarakat luas.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/2095 Implementasi Algoritma Upper Confidence Bound Untuk Sistem Rekomendasi Musik 2024-10-28T11:11:22+07:00 Ardan Dwi Hartono [email protected] Joko Sutopo [email protected] <p>Sistem rekomendasi menjadi hal yang penting untuk pengguna sebagai informasi kepada hal yang mereka belum ketahui. Selain memudahkan pengguna untuk menemukan informasi, sistem juga dapat meningkatkan kepuasan pengguna dengan memberikan rekomendasi yang akurat dan sesuai dengan preferensi mereka. Dalam penelitian ini sistem rekomendasi dapat berguna bagi pengguna untuk berkesplorasi dan memberikan tanggapannya. Penelitian ini mengembangkan sistem rekomendasi musik berbasis <em>collaborative filtering</em> untuk membantu pengguna menemukan lagu-lagu baru yang sesuai dengan preferensi mereka. Metode <em>Reinforcement Learning</em> ini adalah metode pembelajaran yang dimana agen berinteraksi dengan lingkungannya. Sistem ini menggunakan dataset Spotify Tracks dan data perilaku pengguna untuk menghasilkan rekomendasi. Algoritma <em>upper confidence bound</em> biasanya digunakan pada kasus <em>multi-armed bandit </em>dengan menentukan <em>arm</em> yang akan dipilih berdasarkan rata-rata dan ketidakpastian dari hasil yang diperoleh. Pada penelitian ini algoritma <em>upper confidence bound </em>diterapkan untuk menyeimbangkan eksplorasi lagu-lagu baru dengan eksploitasi lagu-lagu yang sudah diketahui dan disukai pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini mampu memberikan rekomendasi musik yang relevan dengan karakteristik pengguna.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1970 Pengembangan Prototype Aplikasi MedCov Indonesia dengan Metode Human Centered Design dan Usability Testing 2024-11-04T09:19:27+07:00 Anak Agung Adi Wiryya Putra [email protected] I Wayan Aditya Suranata [email protected] Anak Agung Istri Putra Kusumawati [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah <em>prototype</em> aplikasi MedCov Indonesia sebelum dilaksanakannya pengembangan lebih lanjut untuk membantu peningkatan kualitas kesehatan Indonesia. Indeks kesehatan Indonesia yang berada pada posisi 97 dari 167 negara di dunia menjadikan pemerintah Indonesia terus berupaya untuk mengedepankan kesehatan sebagai terobosan untuk menjadi salah satu negara maju di dunia. Salah satu pendukung suksesnya ambisi Indonesia ini adalah dengan memiliki sebuah aplikasi yang terintegrasi dengan seluruh tempat pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia, seperti puskesmas, rumah sakit, hingga apotek. Penelitian ini merupakan jenis <em>Research</em> <em>and Development</em> <em>(R&amp;D)</em> dengan menggunakan metode <em>Human Centered Design (HCD)</em>. Penggalian kebutuhan pengguna menggunakan instrumen draft wawancara dengan 5 buah pertanyaan dan pengujian <em>prototype</em> dilakukan dengan teknik <em>usability testing</em> menggunakan instrumen <em>System Usability Scale (SUS)</em> untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap <em>user interface</em> dan <em>user experience</em> dari <em>prototype</em> aplikasi MedCov Indonesia. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Hasil pengujian SUS memperoleh skor sebesar 96,75. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa <em>prototype</em> ini sangat memenuhi kepuasaan penggunaan atau layak, serta siap untuk dilanjutkan menjadi aplikasi jadi. Implikasi dari <em>prototype</em> aplikasi MedCov Indonesia ini adalah memudahkan pengembang untuk melanjutkan ke aplikasi jadi, sehingga tidak diperlukannya lagi kegiatan perancangan untuk mempersingkat waktu pengembangan.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1991 Pengukuran Kegunaan dan Kepuasan Pengguna pada Aplikasi Virtual Tour Reality dalam Meningkatkan Pengalaman Wisata 2024-10-28T10:54:16+07:00 Pratama Angga Buana [email protected] Dinar Anggit Wicaksana [email protected] Suryo Adinugroho [email protected] <p>Penelitian ini mengevaluasi pengalaman pengguna <em>(user experience)</em> aplikasi <em>Virtual Tour Reality (VTR)</em> dalam konteks wisata menggunakan <em>System Usability Scale (SUS)</em> untuk kegunaan dan <em>End-User Computing Satisfaction (EUCS)</em> untuk kepuasan. Studi ini melibatkan 293 responden, terdiri dari ahli IT, pengelola objek wisata, dan masyarakat. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi VTR dinilai "puas" dari aspek <em>Learnability, Efficiency, Memorability, Error,</em> dan <em>Pleasantness</em>, dengan nilai terendah pada <em>Error </em>(3,75). Kepuasan pengguna juga dinilai "Puas," dengan nilai terendah pada <em>Timeliness</em> (3,92). Kedua skor berada di atas 3,75, menempatkan kepuasan pengguna pada level 4, yaitu "Puas." Studi ini juga menemukan hubungan korelasi positif yang sangat kuat antara <em>usability</em> dan kepuasan pengguna, di mana peningkatan kegunaan meningkatkan kepuasan. Meskipun aplikasi VTR memenuhi ekspektasi, peningkatan pada aspek <em>Error</em> dan <em>Timeliness</em> disarankan untuk mencapai tingkat "Sangat Puas."</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/2098 Penerapan Metode Eye Tracking dalam Evaluasi Pengalaman Pengguna pada Website Traveloka 2024-11-04T09:23:41+07:00 Nyayu Dwi Tarisa Putri [email protected] Pacu Putra [email protected] Nabila Rizky Oktadini [email protected] Allsela Meiriza [email protected] Putri Eka Sevtiyuni [email protected] <p>Traveloka sebagai salah satu agen perjalanan digital yang telah menyediakan fitur Rental Mobil sejak 2018. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian orang masih mengalami kesulitan dalam menggunakan fitur Rental Mobil pada <em>website</em> Traveloka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna pada fitur Rental Mobil <em>website</em> Traveloka, menggunakan metode <em>Eye Tracking</em> dengan melibatkan lima partisipan yang menyelesaikan tiga <em>task</em> scenario. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata <em>E-T data integrity</em> adalah 84,2% dan <em>gaze on screen</em> sebesar 95,3% yang menghasilkan kualitas data yang baik. Namun, dari hasil analisis <em>heatmaps</em> menunjukkan bahwa sebagian besar partisipan cenderung mengalami kesulitan saat menyelesaikan <em>task screnario</em> terutama pada task 1 dan task 2. Rata-rata tingkat perhatian partisipan adalah -0,02 dengan emosi <em>surprise</em> yang mendominasi yang berarti bahwa sebagian besar partisipan mengalami kebingungan saat menyelesaikan <em>task</em>. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya area yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna agar lebih intuitif dan meminimalisir kebingungan pengguna saat menggunakan <em>website </em>Traveloka khususnya fitur Rental Mobil.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1850 Pengembangan Sistem Penerangan Jalan Pintar Berbasis IoT dengan Arduino dan NodeMCU 2024-11-04T09:05:51+07:00 Robi T Hidayat [email protected] Irvan A Nugroho [email protected] Duta M W Saputra [email protected] Marza I Marzuki [email protected] Soni Prayogi [email protected] <p>Pengembangan sistem ini untuk meningkatkan efisiensi energi dan keamanan di kawasan perkotaan dengan cara mengoptimalkan penggunaan lampu jalan berdasarkan kondisi lingkungan secara real-time. Metode yang digunakan melibatkan perancangan dan implementasi perangkat keras serta perangkat lunak, di mana sensor cahaya, gerak, dan modul komunikasi nirkabel diintegrasikan dengan Arduino dan NodeMCU. Data dari sensor digunakan untuk mengontrol intensitas lampu jalan secara otomatis, menyesuaikan pencahayaan berdasarkan tingkat kecerahan alami dan keberadaan kendaraan atau pejalan kaki. Pengujian dilakukan di lingkungan simulasi dan lapangan untuk mengevaluasi kinerja sistem dalam berbagai kondisi. Temuan penting dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu mengurangi konsumsi energi hingga 40% dibandingkan dengan sistem penerangan jalan konvensional, tanpa mengorbankan keamanan. Selain itu, sistem ini juga memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan penerangan jalan melalui antarmuka berbasis web yang memungkinkan pemantauan dan kontrol jarak jauh. Secara keseluruhan, pengembangan sistem penerangan jalan pintar berbasis IoT dengan Arduino dan NodeMCU terbukti efektif dalam meningkatkan efisiensi energi dan keamanan di lingkungan perkotaan. Sistem ini menawarkan solusi yang praktis dan dapat diimplementasikan secara luas untuk mendukung inisiatif kota pintar yang berkelanjutan</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/2104 Peran Budaya Organisasi, Kepemimpinan Transformational, dan Motivasi Terhadap Knowledge Sharing Untuk Kinerja Organisasi 2024-11-20T14:28:00+07:00 Belia Citra [email protected] Ken Ditha Tania [email protected] <p>Dalam dunia organisasi, pengetahuan merupakan salah satu aset paling berharga. Melalui <em>Knowledge Sharing</em>, pengetahuan tersebut dapat dimanfaatkan secara efektif dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Budaya Organisasi (BO), Kepemimpinan Transformasional (KT), dan Motivasi (MT) terhadap <em>Knowledge Sharing</em> (KS), serta dampaknya terhadap Kinerja Organisasi (KO). Pada penelitian ini, pengolahan data menggunakan metode <em>Partial Least Squares-Structural Equation Modeling</em> (PLS-SEM), sebuah teknik analisis yang memetakan hubungan antar variabel laten secara simultan, serta dapat menguji validitas, reliabilitas, model struktural, dan hipotesis. Teknik ini cocok untuk menangani hubungan yang kompleks antar variabel dan sampel kecil. Penelitian ini melibatkan 87 responden dari organisasi Satu Amal Indonesia. Faktor-faktor yang diteliti meliputi pengaruh BO, KT, dan MT terhadap KS, serta hubungan KS dengan KO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BO memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap KS, yang tetap selaras dengan temuan penelitian sebelumnya terhadap BO. Sebaliknya, KT dan MT menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap KS, di mana KT mendorong keterlibatan anggota dalam berbagi pengetahuan, dan MT berperan penting dalam meningkatkan partisipasi individu dalam KS. Selain itu, KS terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap KO, mengindikasikan bahwa pengetahuan yang dibagikan secara efektif dapat meningkatkan kinerja organisasi.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/2106 Deteksi Rambu Lalu Lintas Real-Time di Indonesia dengan Penerapan YOLOv11: Solusi Untuk Keamanan Berkendara 2024-11-20T14:29:28+07:00 Afu Ichsan Pradana [email protected] Harsanto Harsanto [email protected] Wijiyanto Wijiyanto [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan menilai kerangka deteksi rambu lalu lintas real-time dalam konteks di negara Indonesia, menggunakan YOLOv11. Mengingat sifat heterogen rambu-rambu lalu lintas dan kondisi jalan raya di Indonesia, ada kebutuhan mendesak untuk model yang tangguh dan tepat guna meningkatkan keselamatan berkendara. Metode yang digunakan adalah YOLOv11, sebuah algoritma deep learning yang dirancang untuk deteksi objek dengan kecepatan tinggi dan akurasi tinggi. Algoritma ini memproses gambar dalam satu langkah inferensi dan memiliki arsitektur yang dioptimalkan untuk pengenalan real-time. Proses meliputi preprocessing data seperti augmentasi dan anotasi, pelatihan model menggunakan dataset rambu lalu lintas Indonesia, serta evaluasi performa model menggunakan metrik precision, recall, dan mean average precision (mAP). Temuan menunjukkan bahwa model berhasil mencapai mAP 0,99, dengan akurasi tinggi di berbagai klasifikasi rambu lalu lintas. Evaluasi menggunakan <em>Confusion Matrix</em> menunjukkan tingkat kesalahan yang dapat diabaikan, menandakan keandalan model untuk aplikasi dunia nyata. Aplikasi potensial teknologi ini sangat penting dalam memperkuat sistem keselamatan berkendara dan transportasi cerdas di Indonesia.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/2100 Passage Retrieval untuk Question Answering Bahasa Indonesia Menggunakan BERT dan FAISS 2024-11-04T09:25:17+07:00 Teguh Ikhlas Ramadhan [email protected] Agus Supriatman [email protected] Taufik Rahmat Kurniawan [email protected] <p>Penelitian ini mengembangkan model passage retrieval untuk aplikasi <em>Question Answering</em> (QA) berbahasa Indonesia dalam domain spesifik, menggunakan teknik BERT embedding dan Faiss index. Model bertujuan meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam menemukan jawaban atas pertanyaan pengguna, dengan fokus pada korpus teks yang berkaitan dengan Universitas Perjuangan Tasikmalaya. Evaluasi dilakukan terhadap 80 pertanyaan, mencakup berbagai aspek informasi dalam korpus. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa model yang dikembangkan mencapai akurasi sebesar 65% dengan waktu eksekusi rata-rata 0,23 detik per pertanyaan dan total 18,8 detik untuk semua pertanyaan. Meskipun demikian, setelah dilakukan fine-tuning pada beberapa parameter, seperti parafrase pertanyaan dan panjang maksimal karakter dalam passage, akurasi meningkat menjadi 72,5%. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan teknologi QA berbahasa Indonesia, khususnya dalam pengolahan <em>Passage Retrieval</em>, serta menjadi dasar untuk penelitian lanjutan yang dapat meningkatkan efektivitas dan akurasi sistem QA dalam domain spesifik. <em>Index Terms</em>—<em>Passage Retrieval</em>, <em>Question Answering</em>, BERT Embedding</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1946 Analisis Bisnis Proses Learning Management System Menggunakan Platform Moodle untuk Meningkatkan Pembelajaran Online 2024-11-04T09:14:59+07:00 Hastie Audytra [email protected] Zakki Alawi [email protected] Nirma Ceisa [email protected] <div><span lang="EN-US">Berakhirnya pandemi memberikan beberapa dampak pada proses pembelajaran untuk mampu mencapai target pendidikan dengan sistem pemnbelajaran secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bisnis proses yang berjalan dan melakukan analisis proses bisnis manajemen pada platform moodle dalam menyajikan pembelajaran online. Tahapan yang dilakukan mulai dari studi literatur, analisis data, analisis proses bisnis dan pengembangan aplikasi LMS dengan moodle, pengujian aplikasi dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis mendapatkan 8 role user namun hanya di gunakan 3 role user dalam proses bisnis yang berjalan. Pada proses pembelajaran online ditemukan setidaknya 5 proses bisnis mulai dari pembuatan user, pembuatan <em>course</em>, <em>mapping</em> <em>course</em> <em>teacher</em> dan <em>student</em>, proses pembelajaran <em>student</em>, dan evaluasi <em>report</em> <em>teacher</em>. Sedangkan dari sisi aplikasi LMS dengan menggunakan platform moodle, di dapatkan aplikasi yang cukup simple dengan tampilan berbasis text, degan fitur yang lengkap dan sangat kompleks. Hanya saja dirasa cukup berat ketika proses penggunaan aplikasi untuk proses kegiatan pembelajaran online. </span></div> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/2134 Penggunaan Convolutional Neural Network dan Transfer Learning untuk Rekomendasi Gaya Rambut Pria 2024-11-29T13:39:02+07:00 Monica Salwa Azzahra [email protected] Syti Sarah Maesaroh [email protected] Rangga Gelar Guntara [email protected] <p><em>Hairstyle</em> atau gaya rambut merupakan suatu hal krusial yang mempengaruhi penampilan seseorang. Khususnya pada pria, permasalahan yang sering muncul adalah ketidaksesuaian hasil potongan rambut mereka sehingga menyebabkan rasa percaya diri menurun. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan sistem rekomendasi gaya rambut bagi pria berdasarkan bentuk wajah dan jenis rambut untuk memberikan rekomendasi yang lebih personal dibandingkan penelitian sebelumnya yang hanya fokus pada satu fitur. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu <em>Convolutional Neural Network</em> (CNN) dan <em>transfer learning</em> dengan memanfaatkan metode VGG16, <em>fine-tuning</em>, dan <em>extract features</em> dengan fokus pada peningkatan akurasi model. Parameter pelatihan sistem rekomendasi ini menggunakan 32 <em>batch</em> <em>size</em>, 75 <em>epoch</em>, dan <em>learning</em> <em>rate</em> Adam. Model yang digunakan adalah <em>pre-trained model</em> yang didasarkan pada model <em>face shape</em> dan <em>hair type</em> terpilih yang sudah melalui proses pelatihan dan pengujian pada tahap sebelumnya. Hasil pengujian sistem rekomendasi ini menghasilkan dua <em>output</em>, yaitu akurasi <em>face shape model</em> dengan nilai 59,62% dan akurasi <em>hair type model </em>dengan nilai 59,61%. <em>Output</em> tersebut menunjukkan peningkatan nilai akurasi dari penelitian sebelumnya, yang membuktikan bahwa penggunaan metode VGG16 cukup efektif dalam meningkatkan akurasi pada sistem pengolahan gambar terutama pada dataset yang jumlahnya terbatas. </p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1649 Perbandingan Kinerja Algoritma Decision Tree dan Random Forest untuk Klasifikasi Nutrisi pada Makanan Cepat Saji 2024-06-26T08:48:45+07:00 Nuurul Izzati Yaman [email protected] Ayu Ratna Juwita [email protected] Santi Arum Puspita Lestari [email protected] Sutan Faisal [email protected] <p>Makanan cepat saji telah menjadi bagian penting dari gaya hidup modern yang sibuk, makanan cepat saji lebih digemari karena membuat makan menjadi mudah dan nyaman. Anak muda zaman sekarang sangat menyukai makanan instan. namun, konsumsi makanan instan yang berlebihan dapat memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk pola makan yang obsesif. Hal ini menimbulkan kebutuhan untuk mengembangkan metode analisis yang lebih akurat untuk mengklasifikasikan data nutrisi makanan cepat saji, tujuan klasifikasi adalah untuk memperoleh model pohon keputusan yang dapat digunakan untuk mengantisipasi dan memperhatikan bagaimana variable pada data yang berhubungan satu sama lain. Dalam membandingkan kinerja Algoritma <em>Decision Tree</em> dan <em>Random Forest</em> dalam memproses data nutrisi makanan cepat saji ditemukan bahwa semua variabel memiliki korelasi. Hasil implementasi ditemukan bahwa kedua model memiliki kemampuan yang luar biasa. kinerja Algoritma <em>Decision Tree</em> dan Random Forest pada dataset yang sama, Random Forest mengungguli <em>Decision Tree</em> dengan nilai akurasi 66.67%, sedangkan Decision Tree hanya mencapai 55.56%, menunjukkan bahwa Random Forest mampu memberikan prediksi yang lebih akurat untuk kelas data uji. Selain itu, karakteristik kelompok Random Forest, di mana beberapa pohon keputusan digabungkan, memberikan keunggulan dalam menangani kompleksitas data dan meningkatkan generalisasi model. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran kelompok dapat meningkatkan kinerja dan keandalan prediksi dalam membangun model klasifikasi, terutama dalam kasus dataset yang kompleks.</p> 2024-12-04T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1788 Klasterisasi Tingkat Kemiskinan Kabupaten/Kota di Indonesia Menggunakan Algoritma K-Means dan K-Medoids 2024-10-12T10:43:34+07:00 Gita Risky Pratiwi [email protected] Deden Wahiddin [email protected] Elsa Elvira Awal [email protected] Ahmad Fauzi [email protected] <p>Kemiskinan adalah ketika sebuah masyarakat memiliki akses fisik yang terbatas terhadap lingkungan dasar. Kondisi permukiman miskin ini seringkali jauh di bawah standar kelayakan dan menyebabkan orang-orang di sana kesulitan mendapatkan uang untuk hidup. Fokus penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kemiskinan di Kab/Kota di Indonesia. Karena ada peningkatan angka kemiskinan di Indonesia, <em>clustering</em> diperlukan untuk pemerintah dapat memberikan bantuan yang tepat kepada mereka yang paling membutuhkan. Metode yang digunakan adalah algoritma <em>K-Means</em> dan <em>K-Medoids</em>. Hasil dari pengelompokkan ini menghasilkan <em>cluster</em> 0 menunjukkan tingkat kemiskinan yang relatif rendah yaitu 250 kab/kota, <em>cluster</em> 1 menunjukkan tingkat kemiskinan yang tinggi yaitu 330 kab/kota , Sedangkan algoritma <em>K-Medoids</em> menghasilkan tiga klaster dengan tingkat kemiskinan rata-rata yang berbeda: <em>cluster</em> 0 menunjukkan tingkat kemiskinan yang relatif rendah yaitu 270 kab/kota, <em>cluster</em> 1 menunjukkan tingkat kemiskinan yang tinggi yaitu 310 kab/kota. Hal ini dapat menjadi referensi bagi pemerintah untuk meningkatkan perhatian wilayah dengan tingkat kemiskinan tinggi dalam upaya mengurangi tantangan ekonomi yang sedang berlangsung. Dengan menggunakan skor <em>sillhouette</em>, untuk membagi tingkat kemiskinan evaluasi algoritma <em>K-Means</em> dan <em>K-Medoids</em> dilakukan. Algoritma k-means menghasilkan nilai K = 0.284 sedangkan algoritma <em>K-Medoids</em> menghasilkan nilai K = 0.224.</p> 2024-12-04T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/2155 Penerapan Algoritma K-means Clustering dan Hierarchical Clustering dalam Mengelompokkan Data Pengangguran di Karawang 2024-12-04T15:03:30+07:00 Assyifa Alif Rahayu Mulyana [email protected] Ayu Ratna Juwita [email protected] Amril Mutoi Siregar [email protected] Ahmad Fauzi [email protected] <p>Adanya berbagai kawasan industri baru di Karawang dapat memicu penduduk luar daerah untuk bermigrasi. Bertambahnya jumlah penduduk dapat mempengaruhi tingkat pengangguran di suatu daerah. Dalam mengelompokkan sebuah data dapat menggunakan teknik <em>data mining</em>. Penelitian ini bertujuan memanfaatkan Algoritma <em>K-Means</em> dan <em>Hiererchical Clustering</em> dalam pengelompokkan untuk memperoleh informasi. Hasilnya Algoritma <em>K-Means </em>dan <em>Hierarchical Clustering</em> dapat mengelompokkan data berdasarkan karakteristik yang mirip dengan jumlah <em>cluster </em>yang sama tetapi memiliki perbedaan distribusi data dalam <em>cluster</em>. Metode evaluasi dengan <em>Silhouette Score</em> menunjukkan kedua algoritma tersebut memiliki kinerja yang sama dalam analisis di penelitian ini.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1660 Evaluasi Usability Aplikasi Streaming Film Menggunakan Metode Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) 2024-07-22T14:03:45+07:00 Monalisa Indriani [email protected] Tengku Khairil Ahsyar [email protected] Syaifullah Syaifullah [email protected] Mona Fronita [email protected] <p>Aplikasi Prime Video merupakan salah satu aplikasi layanan <em>streaming</em> konten video, film, acara TV, dokumenter dan film lokal yang menarik melalui berbagai perangkat (baik aplikasi maupun website) dengan kualitas tayangan HD. Untuk meningkatkan pengalaman pengguna terhadap aplikasi ini, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap <em>usability</em> aplikasi prime video untuk mengetahui kepuasan pengguna dan mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh pengguna. Oleh karena itu, dilakukan evaluasi <em>usability</em> untuk mengetahui <em>feedback</em> dari pengguna dengan menggunakan metode PSSUQ. PSSUQ digunakan sebagai instrumen penelitian yang terdiri dari 16 butir pertanyaan yang berfokus pada 4 kategori penilaian dalam konsep <em>usability </em>yaitu <em>System Usefulness </em>(Sysuse),<em> Information Quality </em>(InfoQual),<em> Interface Quality </em>(InterQual), dan<em> Overall. </em>Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada pengguna aplikasi Prime Video sebanyak 96 orang responden dengan menyebarkan kuesioner secara <em>online</em> melalui <em>Google form</em>. Hasil rata-rata pada penelitian ini diperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan pada 4 kategori <em>usability </em>pada PSSUQ yaitu sebesar 2.97. Dimana pada kategori InterQual diperoleh nilai rata-rata sebesar 2.97, dimana InterQual aplikasi Prime Video memiliki nilai melebih batas atas dalam skala yang ada, sehingga dalam hal ini kualitas tampilan yang disajikan sudah baik. Pada kategori SysUse diperoleh nilai rata-rata yang paling rendah sebesar 2.96 yang artinya beberapa pengguna masih ada yang merasa kesulitan dalam menggunakan dan mempelajari aplikasi Prime Video dengan baik. Maka dapat disimpulkan bahwasannya aplikasi Prime Video yang dilihat dari segi kegunaan sistemnya, pengguna merasa cukup puas terhadap penggunaan dan kebutuhan pengguna pada aplikasi Prime Video.</p> 2024-12-09T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/2132 Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Berbasis Client Server 2024-11-22T10:16:02+07:00 Marti Dewi Ungkari [email protected] Lina Nurlaela [email protected] Ardi Abdul Gani [email protected] <p>Pada era digitalisasi peran teknologi dalam bidang keuangan dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Seperti pencatatan dan pelaporan laporan keuangan yang dapat menghasilkan informasi secara tepat dan cepat. Namun masih ada organisasi yang masih menggunakan proses pencatatan laporan keuangan secara manual seperti halnya pada SMA Nurul Amin Samarang Kabupaten Garut. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis masalah yang yang terjadi di sekolah SMA Nurul Amin yang dalam proses pencatatan keuangannya masih manual. Sehingga penulis mencoba untuk membuat suatu aplikasi Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Berbasis <em>Client Server</em>. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya pembuatan aplikasi ini, kepala sekolah lebih mudah dalam melihat hasil laporan keuangan. Pada aplikasi ini menampilkan data siswa, kas masuk, kas keluar, backup restore, serta laporan-laporan. Aplikasi sistem informasi akuntansi ini dapat dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman <em>PHP My Admin, Visual Studio Code </em>dan <em>database MySQL</em>.</p> 2024-12-11T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1696 Analisis Sentimen dalam Opini Publik di Chanel Youtube Indonesia Lawyers Club Tentang Isu Populer dengan Menggunakan Metode LSTM dan Bi-LSTM 2024-08-14T15:53:20+07:00 Bagus Wicaksono [email protected] Vinna Rahmayanti Setyaning Nastiti [email protected] <p>Salah satu media sosial yang sering membagikan berita dan popular digunakan di Indonesia adalah <em>YouTube</em>. Melalui platform <em>YouTube</em> pembaca dapat memberikan komentar untuk berbagi pendapat mereka dibawah vidio terkait. Komentar ini telah menjadi sumber informasi dan penelitian yang bagus. Artikel ini menyajikan kumpulan data yang berisi 368.299 komentar publik dan balasan dari 73 berita video yang diterbitkan dari 01 Januari 2024 hingga 18 Mei 2024 dari saluran “<em>YouTube</em> <em>Indonesia Lawyers Club</em>” yang terkenal. Sebagai upaya memastikan privasi komentator maka nama komentator dikodekan dalam dataset. Dataset ini terbuka untuk digunakan oleh para peneliti dengan link akses https://data.mendeley.com/datasets/h9335fgsgr/1. Data ini dapat membantu para peneliti untuk mengidentifikasi pola-pola dalam opini publik dan menganalisis apa isu yang populer dibiciarakan di chanel youtube Indonesia lawyers club tahun 2024. Hasilnya isu populer yang sering dibicarakan adalah terkait dengan pemerintahan Jokowi dan pemilu, sedangkan sentimen yang paling banyak dari isu tersebut adalah negatif yang menghasilkan nilai akurasi metode LSTM sebesar 99.61 % sedangkan dengan metode Bi-LSTM akurasinya sebesar 98.11 %.</p> 2024-12-12T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/2139 Sistem Informasi Geografis Pemetaan dan Pencarian Lokasi Terdekat Tempat Sampah Sementara di Kota Medan Menggunakan Algoritma Djikstra 2024-12-05T09:38:27+07:00 Anisa Yulia [email protected] Triase Triase [email protected] <p>Permasalahan sampah di Kota Medan merupakan permasalahan serius yang memerlukan perhatian mendalam, penumpukan sampah ini berdampak negatif terhadap kesehatan, kenyamanan dan kualitas estetika lingkungan. Penelitian ini berkontribusi pada integrasi SIG dan Algoritma Dijkstra untuk pengelolaan TPS di Kota Medan. Dengan memanfaatkan GIS, diharapkan pengelolaan sampah dapat lebih efektif dengan memantau sebaran dan kondisi tempat pembuangan sampah, serta memudahkan masyarakat untuk melaporkan lokasi pembuangan sampah ilegal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa GIS dan djikstra berhasil menemukan rute jarak terdekat beserta waktu estimasi.</p> 2024-12-31T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/2199 Partisipasi Masyarakat Terhadap Penggunaan Website Gentra Karya di Kabupaten Garut 2025-01-17T09:23:46+07:00 Akmala Hadita [email protected] Hasbi Shiddiq Fauzan [email protected] Andri Sutisna Agung [email protected] <p>Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), terutama internet, telah menjadi krusial dalam kehidupan masyarakat modern, termasuk di Kabupaten Garut, Indonesia. <em>Website</em> "Gentra Karya" disediakan oleh pemerintah daerah sebagai platform untuk menyampaikan informasi pembangunan dan layanan publik. Namun, tingkat partisipasi masyarakat dalam penggunaan <em>Website</em> tersebut masih perlu dieksplorasi lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi faktor-faktor yang memengaruhi partisipasi masyarakat terhadap penggunaan <em>Website</em> Gentra Karya. Temuan penelitian ini akan memberikan wawasan bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan efektivitas <em>Website</em> mereka dan memperkuat keterlibatan masyarakat dalam proses pembangunan wilayah. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya memastikan akses informasi yang mudah bagi masyarakat, meningkatkan efektivitas layanan publik online, pengembangan teknologi lokal, dan pemberdayaan masyarakat. Temuan ini diharapkan dapat membantu pemerintah daerah Garut dalam memperbaiki dan mengoptimalkan layanan publik online mereka guna meningkatkan kepercayaan masyarakat, memperkuat keterlibatan masyarakat, dan membangun hubungan yang lebih baik antara pemerintah dan masyarakat dalam proses pembangunan wilayah.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1411 Implementasi Forward Chaining Pada Sistem Pakar Deteksi Kesuburan Tanah Sebagai Media Tanah di Lahan Pertanian 2023-10-10T15:02:27+07:00 Asri Mulyani [email protected] Asep Deddy Supriatna [email protected] Tegar Sukmawan [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah sistem pakar deteksi kesuburan tanah berbasis web dengan menggunakan metode inferensi <em>Forward Chaining</em>. Metode perancangan yang digunakan adalah <em>Rational Unified Process</em> (RUP). Sistem pakar ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesuburan tanah pada lahan pertanian. Sistem pakar ini dikembangkan dengan melibatkan pengetahuan dari pakar tanah dan basis pengetahuan yang mencakup karakteristik tanah dan kebutuhan nutrisi tanaman. Hasil penelitian ini adalah aplikasi berbasis web yang menggunakan metode <em>inferensi Forward Chaining</em> untuk menentukan tingkat kesuburan tanah berdasarkan kondisi tanah yang diinputkan. Aplikasi ini melibatkan perancangan <em>use case diagram, Class Diagram, activity diagram, sequence diagram</em>, struktur <em>menu</em>, dan <em>Interface</em>. Pengujian <em>Alpha testing</em> telah mengonfirmasi keakuratan sistem dalam menghasilkan rekomendasi pemupukan berdasarkan basis pengetahuan yang telah didefinisikan oleh pakar tanah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode <em>inferensi Forward Chaining</em> dalam sistem pakar deteksi kesuburan tanah memberikan efisiensi dan keakuratan dalam memberikan rekomendasi pemupukan. Dengan adanya sistem pakar deteksi kesuburan tanah yang melibatkan sumber basis pengetahuan dari para pakar tanah, petani dapat lebih efektif dalam memilih jenis tanaman yang tepat sesuai dengan kondisi tanah di lahan mereka. Hal ini diharapkan dapat mendukung peningkatan hasil panen dan keberlanjutan pertanian dalam menghadapi tantangan pertumbuhan penduduk dan kebutuhan pangan yang semakin meningkat.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1464 Perancangan Gamifikasi dalam Pembelajaran Matematika Diskrit Menggunakan Role Playing Game 2023-10-11T10:44:45+07:00 Dewi Tresnawati [email protected] Leni Fitriani [email protected] Ikbal Nur Alim [email protected] <p>Saat ini pembelajaran berbasis online menjadi alternatif dalam kegiatan belajar mengajar yang mengakibatkan menurunnya minat dapat pembelajaran hingga pemahaman akan suatu materi. Konsep gamifikasi adalah salah satu konsep yang mana mengambil unsur-unsur dalam permainan yang bertujuan untuk memotivasi suatu materi pembelajaran khususnya dalam mata kuliah matematika diskrit yang mana pada mata kuliah ini diperlukan fokus dan konsentrasi yang kuat untuk memahaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran dengan menerapkan konsep gamifikasi pada mata kuliah matematika diskrit berbasis <em>Role Playing Game</em> dengan menggunakan metode <em>Multimedia Development Life Cycle</em>. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran menggunakan gamifikasi pada mata kuliah matematika diskrit berbasis game.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1277 Rancang Bangun Aplikasi Mitra Dapur Berbasis Website 2023-05-05T08:50:18+07:00 Sri Rahayu [email protected] Asep Deddy Supriatna [email protected] Rangga Nopriyanto [email protected] <p>Mitra Dapur merupakan toko atau warung yang menjual kebutuhan bahan pokok dapur. Bahan pokok dapur sangat diperlukan oleh masyarakat tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak tetapi juga dibutuhkan oleh masyarakat yang mempunyai usaha di bidang kuliner. Adanya Pandemi COVID-19 mengharuskan masyarakat memanfaatkan teknologi dalam berbagai kegiatan termasuk jual beli dan promosi. Mitra Dapur menjadi toko yang memanfaatkan teknologi tersebut untuk jual beli dan promosi menggunakan <em>Whatsapp</em>. Penggunaan <em>Whatsapp</em> terdapat kekurangan diantaranya keterbatasan detail informasi, status <em>Whatsapp</em> hanya 1x24 jam, lalu informasi ketersediaan stock produk sehingga masyarakat tidak dapat mengatahui apakah produk yang di tampilkan tersebut masih tersedia atau tidak. Adapun tujuan daripada Penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah aplikasi Mitra Dapur Berbasis <em>Website</em> serta membantu masyarakat untuk mencari kebutuhan bahan pokok dapur. Dalam merancang aplikasi Mitra Dapur ini menggunakan metodologi yaitu <em>Rational Unified Process</em> (RUP) dengan dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu <em>Inception</em>, <em>Elaboration</em>, <em>Construction</em>, pada tahap transition tidak dilakukan karna aplikasi yang dibuat masih berupa prototype. Memodelkan kebutuhan sistem menggunakan <em>Unified</em> <em>Modelling</em> <em>Langguange</em> (UML). Pengujian aplikasi dilakukan menggunakan metode <em>Blackbox</em> <em>Testing</em> untuk tahapan pengujian aplikasinya. Hasil dari Penelitian ini adanya aplikasi Mitra Dapur Berbasis <em>Website</em> yang terdapat fitur pengelolaan data produk, kategori, pesanan, dan pembayaran. pembeli dapat melakukan <em>checkout</em> pesanan dan melakukan konfirmasi pembayaran dengan melampirkan bukti transfer.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1487 Sistem Informasi Geografis Pemetaan Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten Garut 2023-12-20T11:42:51+07:00 Asri Mulyani [email protected] Ade Sutedi [email protected] Husni Aulia [email protected] <p>Garut merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang mempunyai banyak pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang tersebar di berbagai daerah. IKM memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan perekonomian daerah, akan tetapi keberadaan dan lokasi IKM ini belum banyak diketahui oleh Masyarakat dikarenakan belum terolah dan tersajikannya informasi tiap IKM oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menerapkan sistem informasi geografis pemetaan IKM di Kabupaten Garut sehingga dapat membantu dinas pemerintahan dalam mengolah dan menyajikan data informasi IKM kepada masyarakat. Sistem ini dibangun menggunakan metodologi <em>Rational Unified Process</em> dengan tahapan <em>inception, elaboration, construction </em>dan<em> transition</em> dengan pemodelan sistem menggunakan <em>Unified Modelling Language</em> (UML). Hasil dari penelitian ini yaitu berupa sistem informasi geografis pemetaan IKM yang dapat membantu Dinas Perindustrian dan Perdagangan dalam mengelola, menyajikan dan meninjau sebaran IKM di Kabupaten Garut, dengan hasil pengujian sistem telah memenuhi standar <em>usability</em> dan termasuk ke dalam kriteria “Sangat Layak” pada interval skala likert antara 80% hingga 100% dengan skor penilaian masing-masing sebesar 95% dari sisi admin dan 86.93% dari masyarakat. Sistem ini dapat berkontribusi dalam mengenalkan usaha IKM yang ada di Kabupaten Garut kepada masyarakat, dimana dengan diketahui informasi dan lokasi tiap IKM dapat membantu usaha IKM agar dapat lebih dikenal dan mudah dikunjungi oleh masyarakat yang mencari produknya.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1499 Aplikasi Voice Assistant Pada Smartwach Menggunakan Open Artificial Intellegence 2023-11-30T14:58:59+07:00 Kusmayadi Kusmayadi [email protected] Dede Kurniadi [email protected] Ridwan Setiawan [email protected] <p><em>Voice assistant</em> digunakan sebagai teknologi untuk memproses bahasa alami dari pengguna dan memberikan respon perintah dari pengguna. <em>Voice assistant</em> digunakan sebagai <em>assistant</em> digital mempermudah pekerjaan pengguna dengan memberi perintah suara, <em>voice assistant</em> akan memberikan respon pencarian pada <em>device</em> yang terkoneksi dengan adanya fitur yang memberikan kontrol pada <em>device, voice assistant</em> pada saat ini banyak di terapkan pada <em>device smartphone</em>, untuk melakukan perintah pada <em>voice assistant</em> tidak bisa menanggapi perintah untuk tanya jawab dari pengguna secara langsung, <em>voice assistant</em> pada <em>smartphone</em> tidak memberi tingkat kepercayaan bahwa penggunaan sebuah <em>system</em> akan meningkatkan kinerja (<em>perceived usefulness</em>). Tujuan dari penelitian ini mendapatkan respon tanya jawab pengguna dengan <em>system</em> dari proses open <em>artificial intellegance</em>, kemudian memberikan kinerja kerja bagi pengguna dimana <em>voice assistant</em> diterapkan pada <em>smartwatch</em>, untuk melengkapi fitur yang ada pada penelitian sebelumnya dan menambahkan bahasa dukungan <em>text to speech</em>. Penelitian ini menggunakan metode <em>Extreme Programming (XP)</em> dengan tahapan yang digunakan yaitu tahapan <em>planning</em>, <em>design</em>, <em>coding</em>, dan <em>testing</em> dengan pemodelan <em>Unifed Modelling Language</em> (UML). Hasil dari penelitian ini adalah dibangunnya aplikasi <em>voice assistant</em> pada <em>smartwatch</em> yang dapat berfungsi dengan baik, yang divalidasi menggunakan pengujian <em>usability testing</em>, kemudian dapat melakukan tanya jawab perintah suara dari pengguna berupa informasi yang di tanyakan secara <em>random</em> dan memberikan <em>perceived usefulness</em> bagi pengguna.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1678 Analisis dan Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Readability Analyzer Menggunakan Metode Design Thinking 2024-08-03T11:58:46+07:00 Reza Muhammad Zulfikar [email protected] Ade Sutedi [email protected] Reski Ramadhani [email protected] <p>Pentingnya memilih bahan bacaan untuk memahami format prosa dengan mempertimbangkan teks, jenis kalimat, dan konteks bacaan yang sesuai dengan tingkat kemampuan dan minat siswa atau mahasiswa. Rumus keterbacaan digunakan untuk menilai tingkat kesulitan suatu teks, sementara materi ajar yang autentik diperlukan untuk memperoleh metrik keterbacaan terutama dalam bahasa Inggris. Penggunaan meteri autentik, tampilan antarmuka, dan pengalaman pengguna dalam suatu aplikasi dapat meningkatkan motivasi siswa dan mahasiswa dalam memperluas wawasan mereka. Pada era teknologi saat ini, kemajuan teknologi informasi dimanfaatkan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Namun, buruknya perancangan <em>User Interface </em>(UI)<em>/User Experience </em>(UX) sering kali menjadi salah satu problematika dalam memanfaatkan kemudahan teknologi informasi, khususnya penggunaan sistem berbasis <em>web.</em> Penelitian ini menggunakan metode <em>Design Thinking</em>, yang melibatkan tahapan-tahapan seperti <em>Emphatize</em> (Empati), <em>Define</em> (Penetapan), <em>Ideate</em> (Ide), <em>Prototype</em> (Prototipe), dan <em>Test</em> (Uji coba), untuk membangun perancangan prototipe UI/UX pada aplikasi Readability Analyzer. Hasil penelitian ini adalah sebuah prototipe UI/UX yang diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengguna dalam menggunakan aplikasi Readability Analyzer<em>. </em>Penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu rancangan prototype UI/UX desain untuk aplikasi Readability Analyzer dalam meningkatkan kepuasan pengguna.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1526 Implementasi Metode Certainty Faktor Pada Sistem Diagnosa Penyakit Ayam Pedaging (Broiler) 2023-11-20T08:50:14+07:00 Yoga Handoko Agustin [email protected] Asri Mulyani [email protected] Pendi Sopandi [email protected] <p>Ayam Pedaging (broiler) merupakan ayam pedaging dengan ukuran tubuh besar yang dapat mencapai berat 1,8-2,5 kg dalam 5-7 minggu. Keunggulan terletak pada efisiensi konversi pakan dengan rasio 1:1,8-2,2, menjadikannya pilihan ekonomis untuk produksi daging. Permintaan terhadap daging ayam pedaging terus meningkat, terutama sebagai sumber protein hewani, untuk memenuhin kebutuhan pangan masyarakat. Penelitian menerapkan metode ADDIE Analysis pencarian sumber data yang akurat pada seorang pakar, Desain hasil dari <em>Elisitasi </em>oleh seorang pakar, Development mengimplementasikan sistem yang telah direncanakan pada tahap sebelumnya tahap analisis dan desain, Implementasi pengujian sistemmengunakan <em>black box</em>, Evaluasi meminimalisir kesalahan sistem. Metode "<em>Certainty factor</em>" dari kecerdasan buatan digunakan untuk menghitung tingkat keyakinan diagnosa berdasarkan gejala. Sistem pakar sangat penting bagi industri ayam pedaging dalam memanfaatkan sistem untuk pencegahan penyakit ayam pedaging serta mengatahui ayam sakit dan ayam sehat dan dapat mengurangi jumlah kematian industri ayam. Hasil dari Penelitan di penghitungan manual yang diberikan nilai oleh seorang pakar agar dapat dibadingan dengan sistem terdiri dari 10 sempel untuk melakukan nilai akurasi perhitungan pakar dan sistem hasil yang di dapat pada 10 sempel pengujian dengan pakar, 8 diantaranya sesui yang di berikan nilai CF oleh pakar sementara 2 tidak sesui dengan nilai CF oleh pakar menghasilkan nilai akurasi 80 % yang dianggap memadai oleh pakar.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1534 Penerapan Customer Relationship Management Pada Aplikasi Pemasaran Kopi Berbasis Web Menggunakan Metode Rational Unified Process 2023-12-20T11:03:45+07:00 Taanafa Nurul Ainun [email protected] Sri Rahayu [email protected] Asri Mulyani [email protected] <p>Perkembangan industri kopi di Indonesia saat ini semakin pesat dan menunjukkan adanya peluang pasar yang potensial. Banyak masyarakat minat terhadap kopi menunjukkan bahwa permintaan kopi di Indonesia semakin meningkat dan untuk memenuhi permintaan tersebut banyak perusahaan dibidang penjualan kopi berdiri. Namun, hal ini mengakibatkan persaingan antar perusahaan kopi semakin ketat. Salah satunya terjadi pada Pojok Darajat Kopi yang mengalami permasalahan dalam mempertahankan pelanggan. Maka, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pemanfaatan teknologi dengan menerapkan <em>Customer Relationship Management</em> melalui pembangunan aplikasi pemasaran kopi berbasis <em>web</em>. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pemasaran kopi serta mengetahui bagaimana penerapan <em>Customer Relationship Management</em> dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan menciptakan hubungan jangka panjang yang baik sehingga membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggan. Metode pengembangan yang digunakan yaitu <em>Rational Unified Process</em> yang terdiri dari 4 fase yaitu <em>Inception</em>, <em>Elaboration</em>, <em>Construction </em>dan <em>Transition</em> serta untuk perancangan pemodelan sistem digunakan <em>Unified Modeling Language</em>. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman <em>Hypertext Preprocessor</em>, <em>Framework </em>atau kerangka kerja yang digunakan <em>Laravel</em>, dan <em>MySQL </em>digunakan untuk <em>Database Management System</em>. Penelitian ini menghasilkan aplikasi pemasaran kopi berbasis <em>web </em>yang menerapkan <em>Customer Relationship Management </em>untuk membantu dalam proses pemasaran kopi, meningkatkan kepuasan pelanggan dan menciptakan hubungan jangka panjang yang baik sehingga akan membantu perusahaan dalam mempertahakan pelanggan.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1555 Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kucing Menggunakan Metode Forward Chaining 2024-07-02T08:36:28+07:00 Dini Destiani Siti Fatimah [email protected] Fitri Nuraeni [email protected] Mochammad Kahfi Tanpidzia [email protected] <p>Saat ini banyak masyarakat yang telah menganggap menjaga hewan peliharaan sebagai salah satu hobi yang populer, hal ini dikarenakan hewan peliharaan mampu menjadi teman yaang setia bagi mereka. Di antara berbagai pilihan hewan peliharaan, kucing menjadi pilihan favorite di kalangan masyarakat karena kucing dikenal sebagai hewan mamalia yang mudah bersahabat dan mampu beradaptasi dengan baik. Meski demikian hal tersebut tidak diimbangi dengan pengetahuan pemeliharaan kucing. Banyak dari para pemilik kucing belum sepenuhnya memprioritaskan pengawasan terhadap kondisi kesehatan kucing peliharaan mereka, yang mengakibatkan renta terhadap risiko penyakit. Langkah pencegahan yang efektif untuk melindungi kucing dari penyakit dan mengenali gejalanya adalah dengan menjadwalkan kunjungan rutin ke dokter hewan. Namun banyak pemelihara kucing yang mengabaikan hal tersebut dikarenakan kuangnya biaya dan keterbatasan waktu. Oleh karena itu, perlu adanya media yang dapat diakses dengan mudah dari dimana saja dan kapan saja, yaitu melalui sistem pakar. Supaya pemilik kucing dapat menangani penyakit yang dialami oleh kucing dengan baik dan benar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membangun sebuah sistem pakar berbasis website dengan mengadopsi metode <em>Expert System Development Life Cycle</em> (ESDLC) sebagai kerangka kerja pengembangan sistem dan <em>Forward Chaining </em>yang menjadi metode inferensi. Penelitian ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah pemilik kucing dalam proses mendiagnosis penyakit pada kucing.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/1686 Implementasi Payment Gateway Midtrans Pada Aplikasi Toko Mas Berbasis Web 2024-08-19T18:48:49+07:00 Mila Nurhayati [email protected] Ridwan Setiawan [email protected] <p>Dengan kemajuan teknologi saat ini yang sangat cepat, pemanfaatannya dialami oleh masyarakat luas di berbagai sektor, teknologi ini telah menjadi penunjang utama dalam pengelolaan bisnis. Salah satu contohnya adalah bisnis Toko Mas, yang menjual berbagai perhiasan. Permasalahan yang sering terjadi adalah <em>customer</em> ingin melakukan transaksi dengan mudah tanpa harus datang ke toko untuk memilih barang. Keinginan ini menjadi semakin penting<em> customer</em> ingin berbelanja namun terhalang oleh jam operasional toko. Permasalahan juga terjadi pada saat proses pembayaran yang dilakukan oleh <em>customer </em>melalui transfer dengan hanya mengirimkan bukti pembayaran. Namun cara tersebut menjadi kurang efisien karena diperlukannya waktu dan karyawan khusus untuk proses verifikasi pembayaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengimplementasikan teknologi <em>Payment Gateway</em> yaitu <em>Midtrans</em> berbasis <em>web</em>. Metodologi perancangan perangkat lunak yang digunakan yaitu <em>Rational Unified Process </em>(RUP) melalui tahapan <em>Inception, Elaboration, Contruction</em>, serta <em>Transition</em>. Hasil penelitian adalah aplikasi toko mas berbasis <em>web</em> yang menggunakan <em>midtrans</em> sebagai salah satu <em>payment gateway</em> untuk menangani pembayaran secara <em>real time</em>. Hal ini memudahkan pekerjaan admin dengan verifikasi pembayaran dan memungkinkan pengguna bertransaksi dengan mudah. Aplikasi Toko Mas dan menerima penilaian dari responden yang melibatkan masyarakat dan pihak terkait, hasilnya adalah 85,2%, masuk dalam kategori “Sangat Mudah” ini menunjukkan kemudahan penggunaan sistem tersebut.</p> 2024-11-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma https://jurnal.itg.ac.id/index.php/algoritma/article/view/2122 Deteksi Dini Stunting Pada Anak Berdasarkan Indikator Antropometri dengan Menggunakan Algoritma Machine Learning 2025-01-09T11:36:36+07:00 Ratnasari Ratnasari [email protected] Ahmad Jurnaidi Wahidin [email protected] Tahta Herdian Andika [email protected] <p>Stunting sebagai dampak dari kekurangan gizi kronis, memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan dan perkembangan anak di Indonesia. Penelitian ini mengembangkan model deteksi dini stunting pada anak dengan memanfaatkan indikator antropometri menggunakan pendekatan <em>Machine Learning</em>. Berbeda dengan metode tradisional yang bergantung pada penilaian manual atau pemeriksaan klinis yang memakan waktu, pendekatan ini menawarkan keunggulan berupa deteksi yang lebih cepat dan akurat. Data antropometri, seperti tinggi badan, berat badan, usia, dan jenis kelamin, digunakan dalam algoritma <em>Machine Learning</em>: <em>Random Forest</em>, <em>K-Nearest Neighbors</em> (KNN), <em>Naive Bayes</em>, dan <em>Support Vector Machine</em> (SVM). Setiap model dievaluasi berdasarkan akurasi, <em>confusion matrix</em>, dan ROC <em>Analysis</em> untuk menentukan performa terbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Random Forest</em> memiliki akurasi tertinggi sebesar 92,70%, lebih unggul dibandingkan dengan KNN yang memiliki akurasi 91,40%. Algoritma <em>Random Forest</em> dipilih sebagai model terbaik untuk deteksi dini stunting karena kemampuannya yang tinggi dalam meminimalkan kesalahan prediksi. Penerapan model ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas skrining cepat stunting di lapangan, memungkinkan deteksi lebih awal bagi anak-anak berisiko tinggi, dan mendukung intervensi yang lebih tepat sasaran dalam program kesehatan masyarakat.</p> 2024-12-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Algoritma