Isi Artikel Utama

Abstrak

Arsitektur modern memiliki pengaruh yang besar terhadap asiterktur dunia pada masa kejayaannya. Arsitektur modern menyebar sangat pesat dan menjadi gaya arsitektur yang paling popular diseluruh dunia salah satunya di Indonesia. Pengaruh arsitektur modern muncul di Indonesia pada saat masa penjajahan kolonial. Arsitektur modern mulai dikenal di Indonesia pada saat era kemerdekaan dimana bangunan-bangunan umum seperti bangunan pemerintahan, tempat ibadah, bangunan komersial serta tempat tinggal di bangun dengan gaya arsitektur modern. Salah satu bangunan di Indonesia yang terpengaruh oleh gaya arsitektur modern adalah bangunan Masjid Istiqlal. Masjid Istiqlal adalah bangunan yang menjadi tempat ibadah umat muslim  yg didesain oleh arsitek Friedrich Silaban dengan menerapkan gara arsitektur modern pada bangunannya. Penelitian ini akan membahas bangaimana pengaruh gaya arsitektu modern yang terdapat pada bangunan Masjid Istiqlal. Berdasarkan analisis pengaruh gaya arsitektur modern pada bangunan masjid Istiqlal yaitu meliputi bentukan bangunan yang kotak, material bangunan menggunakan fabrikasi, bukaan pada bangunan yang ditempatkan secara simetris, penggunaan atap datar dengan penempatan kubag ditengahnya, pengunaan kolom sebagi grid struktur, penetaan ruang yang efektif dan sesuai fungsinya.

Kata Kunci

Arsitektur Modern Masjid Istiqlal

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fathir, M., & Alamsyah, R. (2023). Pengaruh Gaya Arsitektur Modern pada Bangunan Masjid Istiqlal. JIDAR: Jurnal Ilmiah Urban Desain Dan Arsitektur, 1(1), 32-37. Diambil dari https://jurnal.itg.ac.id/index.php/jidar/article/view/1339

Referensi

[1] Ashadi, Teori Arsitektur Zaman Modern, Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta, 2020.
[2] U. Qoron1 and Sepli Yandri, "Kajian Arsitektur Modern Pada Bangunan Kantor Permata Kuningan Office Tower," Jurnal Arsitektur PURWARUPA, pp. 55-62, 2022.
[3] M. R. T. T. Wicaksono and Lutfi Prayogi, "Kajian Arsitektur Modern Pada Prasarana Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO)," Jurnal Arsitektur ZONASI, pp. 252-260, 2020.
[4] M. Cahyani and Yeptadian Sari, "Kajian Arsitektur Modern Pada Bangunan Pusat Mode," in Seminar Nasional Kota dan Komunitas Berkelanjutan, Jakarta, 2020.
[5] S. Mutia, Perancangan Perpustakaan Kota Langsa (Pendekatan Arsitektur Modern), Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, 2022.
[6] A. S. Farizi and Wafirul Aqli, "Pendekatan Arsitektur Modern Minimalis pada Bangunan Perkantoran," Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, pp. 520-538, 2021.
[7] R. M. Hasbi1 and Wibisono Bagus Nimpuno, "Pengaruh Arsitektur Modern Pada Desain Masjid Istiqlal," Jurnal Arsitektur, Bangunan, & Lingkungan, pp. 89-99, 2019.
[8] C. Andriani and Josephine Roosandriantini, "Penerapan Langgam Arsitektur Fungsionalisme pada Bangunan TWA Flight Center," Jurnal Arsitektur TEKSTUR, pp. 117-128, 2022.
[9] A. Gautama, Penerapan Gaya Modern di Bangunan Museum dan Kaitannya denga Minat Kunjungan Masyarakat, Yogyakarta: Institut Seni Indonesia, 2020.
[10] R. Saputra, Muhammad Haiqal and Laila Qadri, "Aplikasi Arsitektur Modern Pada Redesain Pasar Induk Tradisional Lambaro," Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur dan Perencanaan, pp. 24-28, 2020.
[11] A. Ramantika, "Redesain Pasar Garung Wonosobo Dengan Pendekatan Arsitektur Modern," Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), pp. 78-89, 2021.
[12] A. A. A. Fandi, Gatot Adi Susilo and Bayu Teguh Ujianto, "E-Sport Center Tema: Arsitektur Modern," Jurnal PENGILON, pp. 363-382, 2020.