Isi Artikel Utama

Abstrak

Astro merupakan perusahaan rumah makan yang memiliki rasa khas dan tema restoran yang unik. Setelah adanya pandemi covid-19 masuk ke Indonesia, Astro mengalami penurunan yang signifikan yaitu 50 persen sampai 70 persen dan Astro mengalami penutupan selama 2 bulan yaitu bulan Februari dan Maret. Tujuan penelitian ini yaitu merancang strategi untuk meningkatkan perusahaan Asep Stroberi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Adapun metode yang digunakan yaitu Scenario Planning, metode ini digunakan untuk mencari strategi-strategi yang cocok diterapkan dalam berbagai dinamika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat digunakan yaitu dengan melakukan pelatihan bagi pegawai untuk memulai bisnis online, menentukan hal intangible atau hal yang dapat memberikan nuasa restoran mempunyai perbedaan yang unik, menerapkan konsep makanan atau menu yang baru, dan upgradeting tempat rumah makan astro.

Kata Kunci

Bisnis Online Pengembangan Produk Perencanaan Scenario planning Strategi Bisnis Online Pengembangan Produk Perencanaan Scenario planning Strategi

Rincian Artikel

References

  1. D. M. Rahayu, I. Supriyadi, and P. Yusgiantoro, “the Strategy of Handling Crisis and Emergency of Oil Fuel With Scenario Planning,†Ketahanan Energi, vol. 4, no. 1, pp. 1–17, 2020.
  2. D. Rispawati and V. Y. Utami, “Perencanaan Skenario Dalam Pengembangan Bisnis Kuliner Halal Di Pulau Lombok – Nusa Tenggara Barat,†Jmm Unram - Master Manag. J., vol. 8, no. 2, pp. 144–156, 2019, doi: 10.29303/jmm.v8i2.437.
  3. S. Stickley and STRATUS, “Preparing for the Future: Scenario Planning Process,†pp. 1–15, 2010, [Online]. Available: https://www.edge.ai/2015/05/preparing-for-an-unpredictable-future-scenario-planning-tips/.
  4. L. S. Nainggolan, M. T. Hasan, and N. Handayani, “Analisis Produktivitas Pada PT. Perkebunan Nusanatara II (PERSERO) Pabrik Gula Kwala Madu Stabat Sumatera Utara Dengan Metode American Productivity Center (APC),†J. Tek. Ind., vol. 23, no. 1, pp. 70–80, 2020.
  5. H. A. Siregar, “Analisis Evaluasi Kinerja Keuangan Pemerintah Melalui Pendekatan Value For Money dalam Konteks New Public Management dan Pengaruhnya Terhadap Pembangunan Di Provinsi Riau,†Bilancia, vol. 2, no. 1, pp. 85–94, 2018.
  6. S. A. Dinarusta, “Ir - perpustakaan universitas airlangga,†Perpust. Univ. Airlangga, pp. 1–8, 2019.
  7. A. Budiawan, “Analisa Skenario Planning Kebijakan Publik RT/RW Kabupaten Pangandaran Provinsi Jawa Barat,†FISIP-Universitas Galuh Ciamis, vol. 4, no. 1, pp. 12–25, 2018, [Online]. Available: http://www.nber.org/papers/w19656.
  8. P. Kemasan and P. Teh, “branding fungsi perlindungan dan fungsi informasi . Dari hasil personal interview dan product,†pp. 31–36, 2015.
  9. T. Lasalewo, “Perancangan Strategi Korporasi Industri Pakaian Jadi PT. XYZ Kota Gorontalo,†Pros. Semin. Nas. Ind. Madura, vol. 1, no. September 2012, pp. 1–6, 2012.
  10. J. Pongthanaisawan, W. Wangjiraniran, K. Chuenwong, and L. Pimonsree, “Scenario planning for low carbon tourism city: A case study of NAN,†Energy Procedia, vol. 152, pp. 715–724, 2018, doi: 10.1016/j.egypro.2018.09.235.
  11. Nazarudin, Manajemen Startegik. 2020.
  12. D. D. Nugraheni and W. Sutopo, “Filsafat Ilmu dalam Perkembangan Ilmu Manajemen Rantai Pasok,†J. Metris, vol. 17, no. 2016, pp. 1–5, 2016.