Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian dilakukan dengan tujuan menetapkan prioritas strategi pemasaran CV. Huit Sportwear. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dan AHP. Hasil perhitungan Matrik IFAS dan Matrik EFAS di dapatkan skor untuk mengetahui posisi perusahaan, dimana posisi perusahaan berada di kuadran I. Perusahan dapat memanfaatkan peluang yang ada dengan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif dan menerepakan strategi SO. Dari Matrik SWOT dihasilkan beberapa alternatif strategi yang kemudian akan ditentukan prioritas strategi yang akan dipilih menggunakan metode AHP. Dari pengolahan data menggunakan software Super decesions, strategi Menggunakan Sistem Penjualan e-commerce menjadi prioritas pertama karena mendapat bobot tertinggi. Perusahaan dapat memanfaatkan platform sosial media yang sedang marak digunakan saat ini melalui konten-konten yang menarik dan inovatif. Strategi tersebut diharapkan bisa meningkatkan volume penjualan jersey olahraga di CV. Huit Sportwear.

Kata Kunci

Analisis SWOT Analytical Hierarcy Process Perancangan Strategi Pemasaran Analisis SWOT Analytical Hierarcy Process Perancangan Strategi Pemasaran

Rincian Artikel

References

  1. A. S. Sundari, Y. H. Jwalita, D. Rimantho, and Y. Hidayah, “MSMEs Padahal selama ini , UMKM merupakan penggerak utama perekonomian di Indonesia . Upaya serta penjaminan & perbaikan kualitas produk secara berkelanjutan . Selain itu , kualitas Effects Analysis ( FMEA ) yang penyusunannya bersumber pada diagram sebab,†vol. 3, pp. 18–27, 2021.
  2. M. R. Affanddy, “PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN PERHIASAN IMITASI DENGAN METODE ANALISIS SWOT DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS ( Studi Kasus : UD . AQILA ),†J. MATRIK, vol. XVIII, no. 1, pp. 61–70, 2017.
  3. F. Setiabudi, “Strategi Pemasaran Sepeda Motor Premium Honda Pada Pt Enam Tiga Sejahtera,†Agora, vol. 6, no. 1, pp. 1–7, 2018.
  4. Bahrul Munif, “Skripsi perencanaan strategi pemasaran kaos guna meningkatkan volume penjualan produk di ukm. cv. sukses makmur jaya ‘lawang,’†Perenc. Strateg. Pemasar. Kaos Guna Meningkat. Vol. Penjualan Prod. Di Ukm. Cv. Sukses Makmur Jaya “Lawang, p. 10, 2018.
  5. R. D. C. Evan Filbert, Akhmad Nidhomuz Zaman, Ade Rahman Prabowo, Finka Nabilla, “Kajian Strategi Pengembangan Usaha Pada Industri Konveksi ‘Scout Shop’ Di Cibubur,†Semin. dan Konf. Nas. IDEC, pp. 7–8, 2018.
  6. R. Rubianti and H. Aulawi, “Pengembangan Usaha Di Rumah Konveksi Garut (RKG),†J. Kalibr., vol. 16, no. 2, pp. 14–22, 2019, doi: 10.33364/kalibrasi.v16.i2.14.
  7. Y. Subaktilah, “Strategi Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu (Studi Kasus pada UKM Bumi Asih Wonokusumo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso),†Tesis Progr. Stud. Magister Teknol. Agroindustri Fak. Teknol. Pertan. Univ. Jember, 2018.
  8. S. Krisning Tyas and Chriswahyudi, “Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Matrik Ie, Swot Dan Ahp Untuk Mendapatkan Alternatif Strategi Prioritas,†no. November, pp. 1–9, 2017.
  9. A. K. Fatmawati, M. S. Raflie, and N. Yunita, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Merek Smartphone Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp), vol. 9, no. 2. 2021.
  10. D. Aditya, A. N. Zaman, M. S. Hutami, P. S. Mahindriya, D. A. Puspita, and D. Wahyudi, “SWOT dan AHP ( Studi Kasus : Warkop Meteora Al-Berkah Limo ),†Semin. Nas. Tek. Ind. Univ. Gadjah Mada 2020, pp. 30–34, 2020.
  11. A. Pratama, “Analisis Strategi Pemasaran Jasa Percetakan dengan Menggunakan Metode SWOT dan Analyitc Hierarchy Process,†J. Ind. Manuf. Eng., vol. 4, no. 1, pp. 12–21, 2020, doi: 10.31289/jime.v4i1.2972.
  12. N. Narto and G. B. HM, “Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik,†J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 6, no. 1, pp. 48–54, 2020, doi: 10.30656/intech.v6i1.2195.