Isi Artikel Utama

Abstrak

Silegar lemon merupakan usaha kecil, mikro dan menegah (UMKM) di kabupaten Garut yang bergerak di bidang minuman. Lokasi silegar lemon berada jalan Cibuluh-Cikajang, Garut Jawa Barat. Minuman Silegar Lemon dikelola oleh bapak Ade dengan sistem penjualan langsung dirumah dan online. Oleh karena, itu penelitian ini bertujuan untuk membantu pemilik UMKM merancang strategi baru untuk mengembangkan model bisnisnya dengan pendekatan Busines Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Pada tahap awal dilakukan pemetaan model bisnis dengan BMC terhadap strategi yang di jalankan pemilik usaha, kemudian dilakukan pengolahaan dengan analisis SWOT untuk menentukan faktor internal dan faktor eksternal. Hasil dari penelitian di Silegar lemon yaitu terindikasi dalam matrik IFAS dengan total 4.09 dan EFAS dengan total skor 3,78. Letak titik pada matrik SPACE berapa pada titik 0,39; 0,28 berapa pada kuadran 1 dengan prioritas diversifikasi. Strategi yang disarankan berdasarkan matrik SWOT dan diagram SWOT adalah langkah yang tepat untuk mengatasi ancaman dan membangun kembali kekuatan yang terdapat UMKM Silegar Lemon dengan merombak beberapa strategi, seperti menambah variasi produk untuk melengkapi produk yang ada (diversifikasi konsentris), memperluas jangkauan produk bagi pelanggan baru (diversifikasi horizontal) atau menambahkan variasi produk baru untuk konsumen baru (diversifikasi konglomerat),. Tahap akhir dari penelitian ini yaitu perancangan BMC baru berdasarkan hasil analisis SWOT yaitu dengan menambahkan alternatif strategi pada 9 element BMC untuk meningkatkan penjualan Silemon Legar

Kata Kunci

Analisis SWOT Business Model Canvas Model Bisnis Silegar lemon Strategi Bisnis Analisis SWOT Business Model Canvas Model Bisnis Silegar lemon Strategi Bisnis

Rincian Artikel

References

  1. Narto, “Pengembangan Bisnis Model Kanvas untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Batik Sumenep Madura,†2017.
  2. D. . Ramadhan, “Application of Canvas Model Business Analysis: Case Study of Free Power Business,†Agribus. Sci., 2019.
  3. M. . Assalah, “Business Performance Evolution Trought Integration of Business Model Canvas,†2017.
  4. M. A. Remetwa, “Analisis Strategi dan Sistem Informasi Manajamen dengan Mengunakan Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT),†2018.
  5. B. Tan and K. W. Prasastyo, “Pembekalan Kewirausahaan Kepada Pelajar SMA Muhammadiyah Melalui Metode Business Model Canvas (BMC),†Pros. Konf. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy. dan Corp. Soc. Responsib., 2019, doi: 10.37695/pkmcsr.v2i0.426.
  6. L. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.
  7. R. d. Nursyabani, “Analisis Bisnis Pada Usaha Mikro Kecil Sablon Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas : Studi Pada Tio Kingdom Sablon,†J. Ind. Servies, 2019.
  8. Anggraeni, “Analisa Usaha Makro dengan Pendekatan Busniness Model Canvas (BMC),†2020.
  9. R. Freddy, “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis,†2006.
  10. F. S. D. A. Kurniawan, “Pelatihan Analisis SWOT Dan BMC Padaasosiasi UMKM Ponorogo,†2020.
  11. A. D. Sodikun, “Perancangan Model Bisnis UMKM Pujasera Dengan Pendekatan Busniness Model Canvas Dalam membangun Kemandirian Desa,†J. Rekayasa dan Optimasi Sist. Ind., 2019.
  12. N. Pratami, “Penerapan Bisnis Model Canvas Dalam Penentuan Manajemen Usaha Jasa Pengiriman Dokumen di Denpasar,†2019.