Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi postur tubuh saat belajar online yang berpengaruh terhadap keluhan muskuloskeletal dan merekomendasikan perbaikan untuk mengurangi keluhan tersebut. Identifikasi permasalahan dilakukan atas dasar postur tubuh yang sering dilakukan dan keluhan yang dialami mahasiswa itu sendiri. Metode yang digunakan dalam mengidentifikasi masalah ini yaitu metode kuesioner Nordic Body Map, dan metode REBA (Rapid Entire Body Assessment).  Metode kuesioner Nordic Body Map bertujuan untuk mengetahui keluhan muskuloskeletal yang dialami, sedangkan metode REBA bertujuan untuk mengetahui tingkat bahaya dari postur tubuh yang sering dilakukan. Rekomendasi perbaikan dilakukan dengan metode pengukuran antropometri bertujuan untuk merencanakan alat bantu sebagai alternatif untuk mengurangi keluhan-keluhan tersebut. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebanyak 34% postur tubuhnya yaitu lesehan dengan posisi punggung tegak dan tidak ada sandaran, 21% duduk dikursi dengan kaki sila dan leher yang menekuk, 10% dan dari 80 mahasiswa mengalami sakit pada bagian bawah leher, atas leher, punggung, pinggang dan bagian pantat. Hasil dari perbaikan dalam pembuatan alat bantu yaitu meja yang dapat diatur ketinggiannya dari posisi duduk lesehan, duduk dikursi dan saat berdiri. Meja tersebut harus memiliki dua dudukan, yang pertama untuk sandaran tangan dan yang kedua untuk penyimpanan laptop agar dapat mengurangi keluhan-keluhan muskuloskeletal.

Kata Kunci

Antropometri Keluhan Muskuloskeletal Nordic Body Map Postur Tubuh REBA Antropometri Keluhan Muskuloskeletal Nordic Body Map Postur Tubuh REBA

Rincian Artikel

References

  1. Yuliani, Pembelajaran Daring untuk Pendidikan Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis, 2020.
  2. Firman, “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Cocid-19,†2020.
  3. R. M. Napitupulu, “Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh,†vol. 7, no. 1, pp. 23–33, 2020.
  4. P. S. Dampati, N. Kadek, S. Dwi, E. Veronica, and W. F. Home, “PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN LAPTOP TERHADAP,†vol. 12, pp. 57–67, 2020.
  5. M. Suriya, Buku Ajar Asuhan Keperawatan Medikal Bedah Gangguan Pada Sistem Muskuloskeletal Aplikasi NANDA NIC & NOC. Pustaka Galeri Mandiri, 2019.
  6. Risnanto, Buku Ajar Asuhan Keperawatan Medikal Bedah SIstem Muskuloskeletal. 2014.
  7. Pramana, “Hubungan posisi dan lama duduk dalam menggunakan laptop terhadap kelihan low back pain pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas udayana,†2020.
  8. M. Sobirin, “Identifikasi Keluhan Kesehatan Mahasiswa Selama Perkuliahan Daring pada Masa Pandemic Covid19,†vol. 19, no. 1, pp. 49–54, 2020, doi: 10.20961/performa.19.1.42583.
  9. Rina, “hubungan sikap kerja dan durasi mengemudi dengan keluhan nyeri punggung bawah (low back pain) pada pengemudi bus di terminal lempake kota samarinda,†2016.
  10. M. Turrahmah, “Hubungan antara durasi dan postur tubuh saat duduk dengan keluhan nyeri muskuloskeletal pada mahasiswa fakultas keperawatan Unand Selama Pembelajaran Online,†2021.
  11. K. Budiman, Sakinah, “Hubungan Postur Tubuh Dengan Nyeri Leher Dan Bahu Pada Mahasiswa Kedokteran Selama Pembelajaran Daring,†2021.
  12. N. F. Dewi, “Identifikasi risiko ergonomi dengan metode Nordic Body Map terhadao perawat poli RS.X,†Sos. Hum. Terap., vol. 2, 2020.
  13. H. Subroto, “Hubungan Postur Kerja dengan Keluhan Muskuloskeletal pada pekerja bagian pencetakan paving blok di Sinar Traso Jaya Medan,†2019.