Isi Artikel Utama

Abstrak

Situasi bisnis akan selalu mengalami perubahan dimana kondisi tersebut dipengaruhi banyak faktor seperti meningkatnya jumlah pesaing, perkembangan teknologi yang semakin canggih serta selera konsumen yang selalu berubah-ubah.Pabrik teh Barokah Jaya merupakan salahsatu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang penggilingan teh rakyat, pabrik teh ini didirikan pada tahun 2010. Produksi teh ini mempunyai peluang besar dalam upaya pengembangan usaha untuk bersaing dengan produk maupun makanan modern yang sudah ada dipasaran sehingga produksi teh ini perlu dilestarikan. Akan tetapi pemasaran produk teh yang dilakukan pabrik teh Barokah Jaya mengalami kendala, yakni penerapan segementasi pasar yang dilakukan masih kurang, kurangnya inovasi produk, serta bermunculannya pesaing yang memperoduksi teh dengan segmentasi pasar yang lebih baik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menyusun strategi yang tepat untuk kelangsungan hidup perusahaan atau bisnis. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti yakni deskriptif dengan metode campuran ( Kualitatif dan kuantitatif ) Metode analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT ( Strength, weaknees, opportunity, treath ) Berdasarkan hasil dari analisi SWOT dapat disimpulkan posisi pabrik teh Barokah Jaya berada pada fase yang baik dari segi kekuatan maupun peluang Strategi pengembangan daya saing yang cocok untuk diterapkan oleh pabrik teh Barokah Jaya adalah melakukan strategi pengembangan pasar, serta penetrasi pasar. Maka hasil dari penelitian ini yakni menentukan strategi peningkatan daya saing yang baik untuk diterapkan oleh pabrik teh Barokah Jaya dalam mempertahnkan bisnisnya.

Kata Kunci

Analisis SWOT Daya saing Diagram SWOT Eksternal Faktor Analisys Strategi Internal Factor Analisys Strategi Matriks SWOT TSP Analisis SWOT Daya saing Diagram SWOT Eksternal Faktor Analisys Strategi Internal Factor Analisys Strategi Matriks SWOT TSP

Rincian Artikel

References

  1. H. Prasetyo and W. Sutopo, “Perkembangan Keilmuan Teknik Industri Menuju Era,†pp. 8–9, 2017.
  2. I. ZEVI, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PADA PT. PRODERMA SUKSES MANDIRI,†2018.
  3. C. H. Yogyakarta and V. Penjualan, “STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI CAVINTON HOTEL YOGYAKARTA T . Prasetyo Hadi Atmoko,†pp. 83–96.
  4. P. Cahyono, “IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK JASA ASURANSI KECELAKAAN DANTitle,†vol. I, no. 02, pp. 129–138, 2016.
  5. H. Setyorini and I. Santoso, “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM ( Studi Kasus : Restoran WS Soekarno Hatta Malang ) Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM ( Case Study : WS Restaurant Soekarno Hatta Malang ),†vol. 5, no. 1, pp. 46–53, 2016.
  6. I. D. Pratiwi, “STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA MIKRO MELALUI MARKETING ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pusat Layanan Usaha Terpadu dan Pelaku Industri Kerajinan Tapis di Bandar Lampung),†2019.
  7. L. FARIDA, “ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PANGAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN INDUSTRI KREATIF PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM,†2018.
  8. P. W. N, “ANALISIS PENGEMBANGAN PRODUK DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA USAHA JAKOZ OLEH-OLEH KHAS JAMBI,†2020.
  9. S. Tsurayya, “KELEMBAGAAN DAN STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING KOMODITAS CABAI Kabupaten garut,†vol. 12, no. 1, pp. 1–13, 2015, doi: 10.17358/JMA.12.1.1.
  10. D. Irawan, “Peningkatan Daya Saing Usaha Micro Kecil dan Menengah Melalui Jaringan Usaha,†vol. X, no. 2, pp. 103–116, 2020.
  11. I. Andriyanto, “Penguatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Menengah Melalui E-Commerce,†vol. 6, no. 2, pp. 87–100, 2018.
  12. S. KiranaAnggraeni, “STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING USAHA KECIL MENENGAH BERBASIS OLAHAN IKAN DI INDONESIA,†vol. 3, no. 1, 2017.