Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan dunia industry di era globalisasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan persaingan bisnis yang sangat ketat, di era globalisasi ini sector industry mengalami situasi yang sulit. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui mengenai strategi penjualan yang diterapkan oleh objek yaitu PD. Dodol Bhineka dalam memaksimalkan penjualan dodol. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan pendekatan metode deskriptif dengan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara baik terhadap pemilik pabrik maupun karyawan. Metode yang mendukung dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi yaitu peneliti menggunakan metode analisis SWOT dan AHP. Berdasarkan hasil dari penelitian, penempatan posisi perusahaan yang berada pada kuadran I di matriks kuadran SWOT yang menjelaskan mengenai peluang dan kekuatan besar yang akan memanfaatkan peluang yang ada.

Kata Kunci

Analisis SWOT AHP Matriks Kuadran SWOT Segmentasi Pasar STP Analisis SWOT AHP Matriks Kuadran SWOT Segmentasi Pasar STP

Rincian Artikel

References

    [1] I. Humaira and E. M. Sagoro, “Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku Umkm Sentra Kerajinan Batik Kabupaten Bantul,” Nominal, Barom. Ris. Akunt. dan Manaj., vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.21831/nominal.v7i1.19363.
    [2] B. R. T. Putri, “Manajemen pemasaran,” Denpasar Univ. Udayana, 2017.
    [3] W. laura Hardilawati, “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Akunt. dan Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 89–98, 2020, doi: 10.37859/jae.v10i1.1934.
    [4] P. Setiawati, Ira; Widyartati, “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm,” Strateg. Komun. Pemasar., no. 20, pp. 1–5, 2017.
    [5] D. A. Sari, “PKM kelompok usaha dodol kabupaten Bekasi Jawa Barat,” 2018.
    [6] T. Kristanto, E. C. Muliawati, R. Arief, and S. Hidayat, “Strategi peningkatan omset UKM percetakan dengan pendekatan analisis SWOT,” SESINDO 9, vol. 2017, 2017.
    [7] P. Kotler and K. L. Keller, “Manajemen pemasaran edisi 13 jilid 2,” 2021.
    [8] F. Tjiptono, “Strategi pemasaran,” 2019.
    [9] I. Iskandar, “Strategi Pemasaran,” 2021.
    [10] A. D. Padyanawati and H. Hardjomidjojo, “Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Desa Tegalwaru, Kabupaten Bogor,” J. Rekayasa Dan Manaj. Agroindustri, vol. 7, no. 1, p. 153, 2019, doi: 10.24843/jrma.2019.v07.i01.p15.






    [11] N. P. Iva, “STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA IKM DODOL TAPE SIRSAK SUPER ‘IBU NUR’ DESA LESMANA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.” UIN PROF. KH SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO, 2021.
    [12] D. Gemina, E. Silaningsih, and K. Nisa, “Kinerja Pemasaran Berbassis Orientasi Pasar serta Inovasi Produk pada Industri Mikro, Kecil dan Menengah Makanan Ringan Kabupaten Subang,” INOBIS J. Inov. Bisnis dan Manaj. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 251–264, 2019.