Isi Artikel Utama
Abstrak
Sawah Lega Hegar Resort merupakan salah satu wisata alam yang berada di Kabupaten Garut tepatnya di Desa Maripari Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui letak perusahaan dipasar pesaing dan menetapkan strategi agar perusahaan dapat bersaing dan mempertahankan bisnis yang sudah dibangun. Pengumpulan data dilakukan memalui obseravasi langsung dan wawanacara terhadap pegawai Sawah Lega Hegar Resort Garut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Competitive Positioning Analysis, ada 3 langkah yang harus dilakukan untuk melakukan metode CPA, diantaranya adalah Identifikasi Fokus Strategi dan Pasar perusahaan menggunakan STP (Segmentting, Targetting, Positioning), membangun analisis menggunakan bauran pemasaran 8P (product, Price, promotion, place, people, physical evidence, process, productivity and quality) dan Meninjau Hasil dan merumuskan Strategi menggunakan metode Analisis SWOT. Hasil Kudaran SWOT adalah letak perusahaan di pasar dan matriks SWOT adalah strategi yang harus dilakukan perusahaan. Berdasarkan hasil analisis SWOT yang dilakukanm perusahaan terletak di Kuadran 2 dengan analisis mengatasi ancaman dengan kekuatan. Artinya, meskipun banyak ancaman yang muncul perusahaan masih tetap memeiliki kekuatan yang unggul disbanding dnegan kelemahannya. Hal ini lah yang menjadi analisis pada matriks SWOT yang merumuskan strategi berdasarkan variabel – variabel Strength, Weakness, Oppurtunity dan Threats. Perumusan Strageti menghasilkan 4 sell strategi secara singkat adalah Memanfaatkan dan mempertanhankan fungsional area, fasilitas penginapan, nuansa alam yang khas dan kualitas produk yang baik dengan melakukan peningkatan spot foto selfie, wahana anak dan promosi yang menarik untuk memenuhi permintaan pasar. Hal ini dilakukan untuk menghindari ancaman dan memanfaatkan peluang seperti adanya event–event yang menjadi populer, masyarakat yang membutuhkan liburan dan trend wisata alam. Sehingga peningkatan beberapa fasilitas berguna untuk menunjang event event atau kebutuhan konsumen yang lain.
Kata Kunci
Rincian Artikel
References
- I. G. N. Widyatmaja dan I. K. Suwena, “pengetahuan dasar ilmu wisata,†2017.
- Isdarmanto, Dasar Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. 2017.
- B. P. A. Wiyono, H. E. Kusuma, A. C. Tampubolon, dan A. Ardhyanto, “Korespondensi antara Motivasi dan Jenis Wisata,†J. Lingkung. Binaan Indones., vol. 7, no. 2, hal. 74–80, 2018, doi: 10.32315/jlbi.7.2.74.
- W. Apriani, “Perencanaan Media Interpretasi Non-Personal Peristiwa Di Cagar Alam Pantai Santolo Sebagai Sarana Edukasi,†2017.
- M. L. N. Rosmadi, “Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021,†J. IKRA-ITH Ekon., vol. 4, no. 1, hal. 122–127, 2021.
- Y. Hernawan, M. Musafa, dan S. W. K. Dewi, “Development of a Business Strategy Using SWOT Analysis in Palasari Coffee in Bandung,†Bus. Innov. Entrep. J., vol. 2, no. 1, hal. 54–60, 2020, doi: 10.35899/biej.v2i1.49.
- S. Alam, “Penentuan Strategi Bisnis Melalui Analisis Swot Pada Jaxs Barbershop Di Kota Makassar,†J. Ilm. KARIMAH STIE AMKOP Makassar, vol. 2, no. 3, hal. 2089–9351, 2017.
- R. Kurniawati, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi di Dinas Perhubungan Dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard,†J. Algoritm., vol. 15, no. 1, hal. 7–13, 2018, doi: 10.33364/algoritma/v.15-1.7.
- G. N. Akbar dan H. Aulawi, “SWOT dan AHP,†hal. 82–89, 2021.
- H. Aulawi, W. A. Kurniawan, dan K. A. Fajar, “Perencanaan Scenario Pengembangan Produk Asep Stroberi untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Produk Kuliner Lokal di Kabupaten Garut,†J. Kalibr., vol. 19, no. 1, hal. 74–81, 2022, doi: 10.33364/kalibrasi/v.19-1.1058.
- R. Rubianti dan H. Aulawi, “Pengembangan Usaha Di Rumah Konveksi Garut (RKG),†J. Kalibr., vol. 16, no. 2, hal. 14–22, 2019, doi: 10.33364/kalibrasi.v16.i2.14.
- Yusuf Mauluddin dan Mira Enda Akbar, “Penyusunan Skenario Untuk Mempertahankan Produktivitas Perusahaan Menghadapi Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Di Kabupaten Garut,†J. Kalibr., vol. 15, no. 1, hal. 22–28, 2017, doi: 10.33364/kalibrasi/v.15-1.517.
- M. Raihan dan W. Hidayat, “Muhammad Raihan., Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro. Wahyu Hidayat., Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.,†2018.
- S. Wignyo, R. Karina, dan M. . Brahmana, “Analisa Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Metode Competitive Positioning Analysis Pada Pt Surya Polyplas Utama,†Agora, vol. 5, no. 1, hal. 1–7, 2017.
- R. N. Aryani, N. M. Rustini, dan T. Sari, “Analisis Posisi Bersaing dan Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pada Handara Golf and Resort di Bedugul Bali,†WACANA Ekon. (Jurnal Ekon. Bisnis dan Akuntansi), vol. 19, no. 2, hal. 91–97, 2020, doi: 10.22225/we.19.2.2318.91-97.
- N. Kadek dan T. Melayanti, “Strategi Pemasaran Wisatawan Domestik Saat Pandemi Covid-19 Di Champlung Mas Hotel & Resort Legian Bali Marketing Strategies of Domestic Tourists During the Covid-19 Pandemic in Champlung Mas Hotel & Resort Legian,†vol. 01, no. 03, hal. 496–516, 2022.
- B. R. T. Putri, “Manajemen pemasaran,†Denpasar Univ. Udayana, 2017.
References
I. G. N. Widyatmaja dan I. K. Suwena, “pengetahuan dasar ilmu wisata,†2017.
Isdarmanto, Dasar Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. 2017.
B. P. A. Wiyono, H. E. Kusuma, A. C. Tampubolon, dan A. Ardhyanto, “Korespondensi antara Motivasi dan Jenis Wisata,†J. Lingkung. Binaan Indones., vol. 7, no. 2, hal. 74–80, 2018, doi: 10.32315/jlbi.7.2.74.
W. Apriani, “Perencanaan Media Interpretasi Non-Personal Peristiwa Di Cagar Alam Pantai Santolo Sebagai Sarana Edukasi,†2017.
M. L. N. Rosmadi, “Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1 Bulan Maret 2021,†J. IKRA-ITH Ekon., vol. 4, no. 1, hal. 122–127, 2021.
Y. Hernawan, M. Musafa, dan S. W. K. Dewi, “Development of a Business Strategy Using SWOT Analysis in Palasari Coffee in Bandung,†Bus. Innov. Entrep. J., vol. 2, no. 1, hal. 54–60, 2020, doi: 10.35899/biej.v2i1.49.
S. Alam, “Penentuan Strategi Bisnis Melalui Analisis Swot Pada Jaxs Barbershop Di Kota Makassar,†J. Ilm. KARIMAH STIE AMKOP Makassar, vol. 2, no. 3, hal. 2089–9351, 2017.
R. Kurniawati, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi di Dinas Perhubungan Dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard,†J. Algoritm., vol. 15, no. 1, hal. 7–13, 2018, doi: 10.33364/algoritma/v.15-1.7.
G. N. Akbar dan H. Aulawi, “SWOT dan AHP,†hal. 82–89, 2021.
H. Aulawi, W. A. Kurniawan, dan K. A. Fajar, “Perencanaan Scenario Pengembangan Produk Asep Stroberi untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Produk Kuliner Lokal di Kabupaten Garut,†J. Kalibr., vol. 19, no. 1, hal. 74–81, 2022, doi: 10.33364/kalibrasi/v.19-1.1058.
R. Rubianti dan H. Aulawi, “Pengembangan Usaha Di Rumah Konveksi Garut (RKG),†J. Kalibr., vol. 16, no. 2, hal. 14–22, 2019, doi: 10.33364/kalibrasi.v16.i2.14.
Yusuf Mauluddin dan Mira Enda Akbar, “Penyusunan Skenario Untuk Mempertahankan Produktivitas Perusahaan Menghadapi Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Di Kabupaten Garut,†J. Kalibr., vol. 15, no. 1, hal. 22–28, 2017, doi: 10.33364/kalibrasi/v.15-1.517.
M. Raihan dan W. Hidayat, “Muhammad Raihan., Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro. Wahyu Hidayat., Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.,†2018.
S. Wignyo, R. Karina, dan M. . Brahmana, “Analisa Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Metode Competitive Positioning Analysis Pada Pt Surya Polyplas Utama,†Agora, vol. 5, no. 1, hal. 1–7, 2017.
R. N. Aryani, N. M. Rustini, dan T. Sari, “Analisis Posisi Bersaing dan Strategi Bauran Pemasaran untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pada Handara Golf and Resort di Bedugul Bali,†WACANA Ekon. (Jurnal Ekon. Bisnis dan Akuntansi), vol. 19, no. 2, hal. 91–97, 2020, doi: 10.22225/we.19.2.2318.91-97.
N. Kadek dan T. Melayanti, “Strategi Pemasaran Wisatawan Domestik Saat Pandemi Covid-19 Di Champlung Mas Hotel & Resort Legian Bali Marketing Strategies of Domestic Tourists During the Covid-19 Pandemic in Champlung Mas Hotel & Resort Legian,†vol. 01, no. 03, hal. 496–516, 2022.
B. R. T. Putri, “Manajemen pemasaran,†Denpasar Univ. Udayana, 2017.