Isi Artikel Utama

Abstrak

Dalam beberapa tahun terakhir pengaruh budaya luar berpengaruh terhadap gaya hidup masyarakat saat ini. Adanya pengaruh budaya luar tersebut membuat masyarakat kini beralih meminum kopi ke kedai kopi. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian kopi di kedai kopi serta menentukan strategi pengembangan kedai kopi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa kuisioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dan dilakukan dengan mengunakan random.  Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil tujuh fakor untuk pengembangan bisnis kedai kopi yaitu faktor psikologis, faktor lokasi atau tempat, faktor kelompok acuan, faktor keluarga, faktor media sosial, faktor pribadi dan faktor keindahan kedai kopi. Agar kedai kopi dapat berkembang, maka strategi yang dapat dilakukan diantarnya kualitas produk, lokasi atau tempat yang strategis, tempat yang nyaman, pelayanan yg terbaik, menggunakan media sosial sebagai media promosi, dan interior ruangan yang bagus.

Kata Kunci

Analisis Faktor Kedai Kopi Perilaku Konsumen Strategi Pengembanagan Kedai Kopi

Rincian Artikel

Referensi

[1] Ulfah Fauziah dan Andri Ikhwana, “Analisa rantai nilai distribusi kopi di kabupaten garut,” no. 1, 2014.
[2] T. Lautiainen, “Factors affecting consumers ’ buying decision in the selection of a coffee brand,” 2015.
[3] National Coffee Association of USA, “National coffee drinking trends.” 2012.
[4] Adhityo Jatisukmono W & Achma Hendra S, “Analisis Prefensi Pengunjung Kedai Kopi Terhadap Menu Kedai Kopi Di Kota Semarang,” 2014.
[5] L. Hung, “A Study of Consuming Behaviors of Budget Coffee,” vol. 1, no. 1, 2012.
[6] R. Alexander, O. Khonglah, and A. K. Subramani, “CUSTOMER BUYING BEHAVIOUR TOWARDS BRANDED CASUAL,” vol. 5, no. 6, pp. 48–54, 2015.
[7] Artanita Nawawi, “FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG KONSUMEN MENGONSUMSI KOPI SINGLE ORIGIN,” 2017.
[8] Fitri Purwa Alinda, “IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG DAN KULINER TRADISIONAL,” 2018.
[9] Risky Dwi, “ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP PENGUNJUNG KAFE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM,” 2018.
[10] D. Galih Aprilian Susanti, “PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAFE CANGKIR KLASIK JEMBER,” vol. 2, no. 2, pp. 154–167, 2017.
[11] D. RICKY MARTJIONO, “Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran ( 7P ) Terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Kakkk , Ayam Geprek !!!,” pp. 484–494, 2014.
[12] ABDUL LATIEF, “Analisis Pengaruh Produk , Harga , Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe ( Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa ),” vol. 7, no. 1, pp. 90–99, 2018.
[13] Perreau F, “The Consumer Factor. The Consumer Buying Decision Process,” 2014.
[14] RIZKY RAMADHAN, “ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP, PERSEPSI DAN ACUAN KELOMPOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ANGKRINGAN MODERN DI KOTA SOLO,” 2018.
[15] Philip Kotler & Kevin LaneKaller, Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. 2009.
[16] AL Muazin, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU BEKAS,” 2017.
[17] Priccila Natalia dan Mumuh Mulyana, “Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian,” vol. 2, no. 2, pp. 119–128, 2014.
[18] Kania Dekoruma, “Jalan-Jalan Mengintip 9 Desain Interior Cafe Kecil Tercantik Sedunia (Online).” 2018.
[19] I. Andri, “Supply chain management of coffee commodities,” vol. 14003, pp. 1–4, 2018.