Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas jasa pada UMKM di industri fotografi. Industri kreatif, termasuk subsektor fotografi, telah mengalami pertumbuhan yang pesat di Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kualitas jasa dalam industri ini meningkatkan daya saing dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment dan Service Quality untuk menganalisis dan memahami kebutuhan pelanggan, QFD digunakan sebagai alat yang memungkinkan identifikasi atribut yang harus ditingkatkan dan menentukan prioritas perbaikan. Metode Service Quality digunakan untuk mengukur gap antara harapan dan kinerja saat dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan pada kualitas layanan X Photgraphy belum dapat terpenuhi, hal ini dibuktikan dengan isi jawaban pada kuesioner yang dibagikan kepada responden menggunakan metode Servqual, Didapatkan tiga atribut kualitas pelayanan yang perlu diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan berdasarkan hasil klasifikasi adalah sebagai berikut: penyelesaian hasil foto tepat waktu, karyawan menangani pertanyaan dan permintaan pelanggan dengan ramah dan jelas, dan prasarana yang nyaman, aman dan menarik. Tindakan untuk memperbaiki kualitas pelayanan berdasarkan kebutuhan untuk meminimalisir ketidakpuasan terhadap atribut prioritas perbaikan dengan melakukan perbaikan diantaranya merubah aturan manajemen perusahaan, mengurangi over order, menambah karyawan untuk posisi tertentu, meningkatkan penerapan sop, dan menambah konsep.

Kata Kunci

Customer Satisfaction QFD Service Quality Quality Improvement Kepuasaan Pelanggan QFD Service Quality Quality Improvement

Rincian Artikel

References

Read More