Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan masalah dengan pelayanan ekspedisi barang PT. Tiki Jalur Nugraha pertama (JNE), serta solusi untuk masalah tersebut, berdasarkan ulasan di berbagai media sosial tentang kinerja dan pelayanan PT. Tiki Jalur Nugraha pertama (JNE). Analisis sentimen adalah studi komputasi tentang pendapat, perilaku, dan emosi seseorang terhadap peristiwa atau masalah yang sangat diperdebatkan masyarakat. Salah satu masalah yang sangat diperdebatkan pada tahun 2021 adalah kebijakan sistem Aplikasi My JNE dan media sosial sebagai layanan pelanggan untuk pengiriman barang. Dari dua metode klasifikasi tersebut, dipilih yang memiliki nilai akurasi tertinggi. Dalam penelitian ini, metode Naive Bayes Classifier digunakan untuk menentukan kelompok kelas dokumen teks. Metode ini menunjukkan tingkat akurasi yang cukup tinggi, dengan niali 97,67%. Selanjutnya, masalah yang paling umum ditemukan berdasarkan munculnya kata negatif dianalisis menggunakan asosiasi teks. Ada empat topik utama dari banyak masalah. Proses Analytic Network Process (ANP) digunakan di tahap berikutnya untuk menentukan prioritas solusi dari keluaran tahap pertama untuk menentukan tingkat prioritas solusi. Solusi yang dapat diterapkan untuk masalah kebijakan sistem My JNE dan layanan pelanggan media sosial terkait pelayanan ekspedisi barang ini termasuk strategi pemuliaan sistem dan perawatan aplikasi yang banyak dikeluhkan. Strategi untuk meningkatkan keterampilan kurir dan karyawan, strategi untuk meningkatkan kinerja karyawan dan kurir, strategi untuk memperkuat kebijakan paket hilang dengan mengganti barang yang hilang dengan nominal yang sama, dan strategi untuk memberikan hukuman kepada kurir dan karyawan jika mereka melakukan kesalahan.

Kata Kunci

Sentiment Analysis Analytical Network Process My JNE application Text Association Goods expedition Naive Bayes Classifier Support Vector Machine Analisis Sentimen Analytic Network Process Aplikasi My JNE Asosiasi Teks Ekspedisi barang Naïve Bayes Classifer Support Vector Machine

Rincian Artikel

References

  1. Sulton Nur, “Analisis Sentimen Persepsi Pengguna Myindihome Menggunakan Metode Support Vector Machine (SVM) Dan Naïve Bayes Classifier (NBC),†2021.
  2. H. Aulawi, W. A. Kurniawan, and F. A. Rachman, “TERHADAP KEBIJAKAN BARU SISTEM ORDER GOJEK,†vol. 14, no. 01, pp. 86–94, 2020.
  3. M. Arif and K. U. Apjii, “Profil Internet Indonesia 2022,†no. June, 2022.
  4. S. Rohman and F. W. Abdul, “Pengaruh Pelayanan Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Ninja Express Di Masa Pandemi COVID-19,†vol. 5, no. 1, pp. 73–85, 2021.
  5. H. Aulawi, R. A. Riansyah, and R. Kurniawati, “Analysis Of The Selection Of Shoe Raw Material Suppliers By Fuzzy Topsis Method,†vol. 15, no. 6, pp. 3983–3990, 2020.
  6. F. S. Lubis, A. P. Rahima, M. I. H. Umam, and M. Rizki, “Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang di Wilayah Kota Pekanbaru,†J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 17, no. 1, p. 25, 2020, doi: 10.24014/sitekin.v16i2.9366.
  7. A. K. Fauziyyah and D. H. Gautama, “Analisis Sentimen Pandemi Covid-19 Pada Streaming Twitter Dengan Text Mining Python,†no. 2, pp. 31–42, 2020.
  8. H. B. Wibisono and A. Achsa, “Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen dalam melakukan servis kendaraan,†vol. 9, no. 2, pp. 92–100, 2021.
  9. I. Sani and K. Kunci, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT . Asuransi Jasa Indonesia Cabang Medan,†vol. 5, no. 1, pp. 333–346, 2022.
  10. I. Sani, S. Saskia, and S. Syahyunan, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Asuransi Jasa Indonesia Cabang Medan,†Jesya (Jurnal Ekon. Ekon. Syariah), vol. 5, no. 1, pp. 333–346, 2022, doi: 10.36778/jesya.v5i1.580.
  11. N. I. Prima, S. Sujiono, and H. Sumarsono, “Pentingnya Penerapan Model Service Quality (Servqual) Dalam Perbaikan Kualitas Layanan Jasa Pengiriman Barang Pada Kantor Pos Ponorogo,†ISOQUANT J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 2, p. 50, 2018, doi: 10.24269/iso.v2i2.190.
  12. et al. Ratino, “Support Vector Machine, Naïve Bayes, dan Particle Swarm Optimization,†2020.
  13. N. Alifia and B. Rikumahu, “Jurnal Mitra Manajemen ( JMM Online ),†vol. 4, no. 6, pp. 967–978, 2020.
  14. H. Aulawi, W. A. Kurniawan, and A. S. Azhar, “Analisis Sentimen Terhadap Layanan INDOSAT pada Media Sosial Twitter Selama Pandemi,†pp. 53–59, 2020.
  15. P. Jurusan, T. Industri, F. Teknologi, and U. I. Indonesia, “S Integrasi Kansei Engineering Dan Kano Berbasis Natural Language Processing ( NLP ) Untuk Menunjang Pengembangan Produk Jasa Pada Pariwisata Candi Borobudur Tugas Akhir,†2021.