Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis UMKM Lestari Kopi ditinjau dari BMC pada perusahaan serta mengetahui strategi perusahaan dengan analisis SWOT dan AHP yang dapat dikembangkan berdasarkan hasil BMC kemudian merancang model bisnis yang akan dilakukan UMKM Lestari Kopi yang digambarkan pada BMC future  Pendekatan yang digunakan, yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik analisis Business Model Canvas dan Analisis SWOT. Adapun responden dalam penelitian ini adalah tiga responden yang memiliki peran penting dari UMKM Lestari Kopi. Hasil pada penelitian ini merupakan perbaikan pada pemetaan Business Model Canvas masa kini yang meliputi sembilan elemen yaitu customer segment, value proposition, customer relationship, channel, revenue stream, key partnership, key activity, key resource, cost structure dan hasil dari Analisis SWOT mengenai perancangan strategi pengembangan bisnis dari Business Model Canvas. Hasil dari analisis SWOT memberikan gambaran kondisi perusahaan berada pada kuadran III (WO). Strategi yang didapat dari matriks SWOT (WO) didapat tiga strategi kemudian dilakukan pembobotan menggunakan Analytical Hirarchy Process (AHP) guna mendapatkan strategi mana yang paling tinggi prioritasnya berdasarkan pandangan expert. Pengolahan data menggunakan software expert choice 11 didapat strategi WO3 yang dijadikan alternatif strategi bisnis perusahaan. Usulan yang dirumuskan mengenai inovasi dan penambahan varietas produk anak perusahaan.

Kata Kunci

Business Development Strategy, SWOT Analysis, AHP, Business Model Canvas. Analisis SWOT AHP Business Model Canvas Strategi Pengembangan Bisnis

Rincian Artikel

References

  1. Rusli M. Rukka, N. Busthanul, and N. Fatonny, “Strategi Pengembangan Bisnis Keripik Bayam (Amaranthus hybridus) Dengan Pendekatan Business Model Kanvas: Studi Kasus pada CV. OAG di Kota Makassar, Sulawesi Selatan,” Sos. Ekon. dan Pertan., vol. 14, no. 1, pp. 1–14, 2017.
  2. C. M. Annur, “Produksi Kopi Indonesia Meningkat, Capai 794 Ribu Ton pada 2022,” Databoks, 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/13/produksi-kopi-indonesia-meningkat-capai-794-ribu-ton-pada-2022 (accessed May 24, 2023).
  3. M. Ahsan, “Implementasi strategi pengembangan bisnis dengan business model canvas,” vol. IV, pp. 51–61, 2021.
  4. A. Hambali and S. Andarini, “Journal of Applied Business Administration Pendekatan Business Model Canvas ( BMC ) Dan Swot Analysis,” no. September, pp. 131–142, 2021.
  5. R. Rahmatang, E. Evahelda, and F. Agustina, “Strategi Pengembangan Usaha Madu Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: UMKM Toko Pelawan Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah),” J. Integr. Agribus., vol. 1, no. 2, pp. 115–129, 2019, doi: 10.33019/jia.v1i2.1080.
  6. H. Aulawi, R. Kurniawati, and S. Rismawati, “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis dengan Metode Business Model Canvas (BMC) dan Quantitative Strategic Planning Matrik (QSPM),” J. Kalibr., vol. 20, no. 2, pp. 93–101, 2022, doi: 10.33364/kalibrasi/v.20-2.1152.
  7. Z. U. Rizqi, R. D. A. Purba, and R. R. Nugroho, “b . Menganalisis Faktor Eksternal Strategic Factors Analysis Summary ( EFAS ) c . Pembuatan Diagram SWOT d . Pembuatan Matriks SWOT,” pp. 307–315, 2019.
  8. M. G. Saputra and D. Silvia, “Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas Pada Pt Pitu Kreatif Berkah,” vol. 6, no. 1, 2020.
  9. A. Pratika, Budiarto, and N. D. Senjawati, “Alternatif Strategi Pemasaran Susu Almond Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada UMKM Ralalii,” Braz Dent J., vol. 33, no. 1, pp. 1–12, 2022.
  10. G. N. Akbar and H. Aulawi, “SWOT dan AHP,” pp. 82–89, 2021.
  11. B. P. Saputro, “Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecildengan Pendekatan Business Model Canvas Menurut Perspektif Ekonomi Islam,” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021.
  12. Narto, “Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik,” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 6, no. 1, pp. 48–54, Jun. 2020, doi: 10.30656/intech.v6i1.2195.