Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini membuat pengembangan produk susu kedelai yang murah dan memiliki banyak varian rasa dan merancang usaha susu kedelai yang menguntungkan. Metode yang digunakan untuk mencapai dua tujuan ini yaitu Quality Function Deployment. Untuk merancang usaha susu kedelai dilakukan dengan menyebar kuesioner keinginan pelanggan sebagai preferensi untuk membuat produk susu kedelai. Hasil penelitian didapatkan bahwa pengembangan produk susu kedelai bubuk dengan merk SOYku menghasilkan 5 varian rasa baru yakni cokelat, strawberry, vanilla, mangga dan original. Dengan harga pokok produk yang dihasilkan adalah Rp.3.168. Dalam harga pokok produk ini didapatkan keuntungan sebesar 20% dari total hasil penjualan. Selanjutnya usaha produk susu kedelai SOYku akan mendapatkan keuntungan maksimal jika melakukan penjualan sebesar 42 sachet perhari dengan . Produksi dilakukan bersama dengan satu orang tenaga kerja mampu mendapatkan kapasitas produksi harian sebesar 50 sachet.

Kata Kunci

Perancangan Usaha Quality Function Deployment Susu Kedelai

Rincian Artikel

Referensi

G. Setyawan and S. Huda, “Analisis pengaruh produksi kedelai, konsumsi kedelai, pendapatan per kapita, dan kurs terhadap impor kedelai di Indonesia,” Kinerja, vol. 19, no. 2, pp. 215–225, 2022, doi: 10.30872/jkin.v19i2.10949.

D. Y. Hartanti and M. Sutrawati, “Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produksi Dan Pemasaran Susu Kedelai,” Tribut. J. Community Serv., vol. 2, no. 2, pp. 71–77, 2021, doi: 10.33369/tribute.v2i2.18082.

J. O. Data, “Produktivitas Kedelai Jawa Barat,” Open Data Jabar, 2021. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/produksi-kedelai-berdasarkan-kabupatenkota-di-jawa-barat

S. Sorga et al., “Analisis Komparasi Nilai Tambah Dalam Berbagai Produk Olahan Kedelai Pada Industri Rumah Tangga Di Kota Medan,” J. Gizi dan Pangan, vol. 1, no. 2, pp. 1–15, 2018.

E. Elfrida Naiborhu, B. Nurmala Samosir, C. Diana, and K. Br Kaban, “Pengaruh Pemberian Susu Kedelai Terhadap Kadar Glukosa Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Type 2 Di Wilayah Kerja Puskesmas Pagar Jati Kecamatan Lubuk Pakam Tahun 2021 the Effect of Soy Milk Administration on Blood Glucose Levels in Type 2 Diabetes Mel,” J. Ilm. Kesehat., vol. 2, no. 2, pp. 9–15, 2021.

R. Dwi Prasetyo and N. Nini Anggalih, “Perancangan Label Umkm Susu Kedelai Havva,” vol. 1, no. 1, pp. 187–198, 2023.

Saeful Nurochim, N. R. As’ad, and A. N. Rukmana, “Perancangan Produk Waistbag dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD),” J. Ris. Tek. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2021, doi: 10.29313/jrti.v1i1.91.

A. Haslindah, N. Aisyah, and H. Sukirman, “Pengembangan Produk Cokelat Dengan Metode Quality Function Deployment ( QFD ) ( Studi Kasus Pada Pabrik Kakao SMK-SMTI MAKASSAR ),” vol. 03, no. 01, pp. 23–27, 2022.

S. M. Padma, Z. S. Prihastari, A. R. Sari, I. R. Revulaningtyas, and D. I. Norsita, “Pengembangan Produk Pangan Lokal Talas Bogor (Colocasia Esculenta) Sebagai Bahan Baku Pembuatan Donat Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD),” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 9, no. 2, p. 148, 2021, doi: 10.24912/jitiuntar.v9i2.10264.

A. Haslindah and K. Khatimah, “Tradisional Pada Home Industri Dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment,” vol. 03, no. 01, pp. 1–4, 2022.

A. Nalhadi, B. Subentar, and S. Supriyadi, “Perancangan Kemasan Produk Kue Gipang Pangrih Menggunakan Metode Quality Function Deployment,” JiTEKH, vol. 10, no. 2, pp. 52–59, 2022, doi: 10.35447/jitekh.v10i2.560.

M. Hilman and R. G. P. Ningrat, “Pengembangan Produk Kripik Dengan Metode Quality Function Deployment Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Makmur Abadi Di Kabupaten Ciamis,” J. Ind. Galuh, vol. 5, no. 2, pp. 82–91, 2023, doi: 10.25157/jig.v5i2.3307.

I. Kurnia and P. Fithri, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Fakultas Teknik Universitas Krisnadwipayana dengan Menggunakan Metode Servqual dan QFD,” J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 18, no. 2, pp. 151–162, 2021.

A. D. Nurhalim, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kota Tangerang,” Jambura Econ. Educ. J., vol. 5, no. 1, pp. 51–59, 2022, doi: 10.37479/jeej.v5i1.15263.

A. Astati, R. Rusni, A. Hifizah, H. I. Susanti, and M. Sakir, “Analisis Sikap Konsumen Terhadap Susu Kental Manis Frisian Flag Dan Omela Di Lotte Mart Mall Panakkukang Makassar,” Teknosains Media Inf. Sains dan Teknol., vol. 16, no. 1, pp. 108–120, 2022, doi: 10.24252/teknosains.v16i1.26511.

O. Access and O. Access, “Open Access Open Access,” vol. 6, no. 7, pp. 1401–1406, 2023.

V. Dan, R. Angket, and K. Emosi, “Validitas dan reliabilitas angket kematangan emosi,” vol. 6, no. 3, pp. 232–238, 2023, doi: 10.22460/fokusv6i3.10869.

A. L. Setyabudhi and E. Saputra, “Analisis Pengembangan Produk Charger Handphone Dengan Menggunakan Metode Quality Function,” Eng. Technol. Int. J., vol. 2, no. 3, pp. 150–157, 2020.

U. Y. Triastuti and I. Handayani, “Pemanfaatan Minuman Kunyit Asam Dan Susu Kedelai Bubuk Pada Pembuatan Pudding Bavarois,” Pros. PTBB FT UNY, vol. 15, no. 1, pp. 1–8, 2020.