Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini membuat pengembangan produk susu kedelai yang murah dan memiliki banyak varian rasa dan merancang usaha susu kedelai yang menguntungkan. Metode yang digunakan untuk mencapai dua tujuan ini yaitu Quality Function Deployment. Untuk merancang usaha susu kedelai dilakukan dengan menyebar kuesioner keinginan pelanggan sebagai preferensi untuk membuat produk susu kedelai. Hasil penelitian didapatkan bahwa pengembangan produk susu kedelai bubuk dengan merk SOYku menghasilkan 5 varian rasa baru yakni cokelat, strawberry, vanilla, mangga dan original. Dengan harga pokok produk yang dihasilkan adalah Rp.3.168. Dalam harga pokok produk ini didapatkan keuntungan sebesar 20% dari total hasil penjualan. Selanjutnya usaha produk susu kedelai SOYku akan mendapatkan keuntungan maksimal jika melakukan penjualan sebesar 42 sachet perhari dengan . Produksi dilakukan bersama dengan satu orang tenaga kerja mampu mendapatkan kapasitas produksi harian sebesar 50 sachet.

Kata Kunci

Business Planning Quality Function Deployment Soy milk Perancangan Usaha Quality Function Deployment Susu Kedelai

Rincian Artikel

References

Read More