Isi Artikel Utama

Abstrak

Permasalahan yang terjadi saat ini di perusahaan yaitu untuk saat ini perusahaan hanya mengandalkan kenalan-kenalan dari pemilik dan pekerja disana untuk melakukan pemasaran yaitu dengan melakukan pemasaran secara mulut ke mulut. Dimana ini tentunya akan menyebabkan sempitnya jangkauan terhadap konsumen, tidak dapat bersaing dengan perusahaan sejenis dan tidak dapat menyesuaikan dengan tren yang berada diluar. Penjualan yang terjadi selama 12 bulan juga mengalami fase berfluktuatif. Oleh karena itu Perusahaan ini memerlukan perencanaan disertai dengan strategi yang tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan scenario planning. Dengan menggunakan scenario planning ini dapat mempersiapkan berbagai skenario dalam proses perencanaan, yang memungkinkan mereka untuk lebih fleksibel dan tetap fokus pada pelaksanaan rencana pemasaran yang efektif. Hasil penelitian didapatkan adanya 4 perencanaan skenario yang diambil dari dua variabel yakni tren berpakaian dan pesaing. Kuadran skenarionya yang pertama adalah responsive dan adaftif, kuadran dua efisiensi operasional, kuadran ketiga inovatif, dan yang terakhir adalah differensiasi. Skenario yang sebaiknya digunakan adalah dengan menggunakan skenario efisiensi operasional karena ini akan memberikan jangkauan konsumen yang luas dan juga mendapatkan kepercayaan konsumen secara langsung lewat pertemuan tatap muka. Pemasaran hybrid yang dilakukan secara online dan offline akan memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan strategi dengan perubahan dalam tren pasar atau perubahan perilaku konsumen. Sehingga perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya sesuai kebutuhan.

Kata Kunci

Business strategy Convection Corporate development Konveksi Pengembangan Perusahaan Strategi bisnis

Rincian Artikel

References

  1. E. F. Harahap, L. Luviana, and N. Huda, “tinjauan defisit fiskal, ekspor, impor dan jumlah umkm terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia,” Jurnal Benefita, vol. 5, no. 2, pp. 151–161, Jul. 2020, doi: 10.22216/jbe.v5i2.4907.
  2. P. Diawati and A. Z. Melati, “inovasi produk kaus full printing teknik sublime to cotton anyaman benang di umkm cv. Batara alam raya,” Pro mark, vol. 10, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: https://bandungkota.bps.go.id
  3. L. Agustina and D. Iswanto, “analysis of marketing strategies used by the craft industry to increase welfare (Case Study, Penujak Village, West Praya Distric, Central Lombok),” Jurnal of Applied Business and Banking (JABB), vol. 4, pp. 1–8, 2023.
  4. H. Aulawi and N. R. Nurjanah, “Usulan Strategi Perusahaan Menggunakan Metode ANP dan TOPSIS di UMKM PD Restu Ibu,” Jurnal Kalibrasi, vol. 21, no. 1, pp. 17–28, May 2023, doi: 10.33364/kalibrasi/v.21-1.1166.
  5. D. Rispawati and V. Y. Utami, “perencanaan skenario dalam pengembangan bisnis kuliner halal di pulau lombok – nusa tenggara barat,” JMM UNRAM - MASTER OF MANAGEMENT JOURNAL, vol. 8, no. 2, 2019, doi: 10.29303/jmm.v8i2.437.
  6. J. O. Schwarz, C. Ram, and R. Rohrbeck, “Combining scenario planning and business wargaming to better anticipate future competitive dynamics,” Futures, vol. 105, pp. 133–142, Jan. 2019, doi: 10.1016/j.futures.2018.10.001.
  7. K. Cordova-Pozo and E. A. J. A. Rouwette, “Types of scenario planning and their effectiveness: A review of reviews,” Futures, vol. 149. Elsevier Ltd, May 01, 2023. doi: 10.1016/j.futures.2023.103153.
  8. M. Dean, “Scenario Planning Literature Review,” Paper prepared as part of the MORE (Multi-modal Optimisation of Road-space in Europe) Project, pp. 1–23, Nov. 2019.
  9. E. Rahim and R. Mohamad, “strategi bauran pemasaran ( marketing mix ) dalam perspektif syariah,” MUTAWAZIN (Jurnal Ekonomi Syariah), vol. 2, no. 1, pp. 15–26, Jul. 2021, doi: 10.54045/mutawazin.v2i1.234.
  10. H. Aulawi, W. A. Kurniawan, and K. A. Fajar, “Perencanaan Scenario Pengembangan Produk Asep Stroberi untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Produk Kuliner Lokal di Kabupaten Garut,” Jurnal Kalibrasi, vol. 19, no. 1, pp. 74–81, 2022, doi: 10.33364/kalibrasi/v.19-1.1058.
  11. I. Windhyastiti, U. Khouroh, and E. Aristanto, “Peran Perencanaan Skenario dan Flexibel Budget Pada Bisnis Kuliner dalam Menghadapi Ketidakpastian di Masa Pandemi,” Seminar Nasional Kepariwisataan, vol. 3, no. 1, pp. 127–133, 2022.
  12. F. Ma’ruf and T. Putra, “Penerapan SWOT dan Marketing Mix dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Konveksi Genius Apparel,” PROSENAMA: Prosiding Senama, vol. 2, pp. 45–59, 2022.
  13. I. Fortino, A. Pradhanawati, and A. E. Prihatini, “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT pada Industri Konveksi Tas CV. Gerhatas,” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 151–160, 2022, doi: 10.14710/jiab.2022.34205.
  14. A. Trivandi, S. Samudra, and A. Rizki, “Penerapan Strategi Pemasaran dalam Pengembangan Usaha Banua Jersey,” BUSINESS: Scientific Journal of Business and Entrepreneurship, vol. 1, pp. 17–27, 2023, [Online]. Available: https://journal.csspublishing/index.php/business
  15. N. S. Ratnadila, “Perencanaan Skenario untuk Pembangunan Desa Tertinggal: Sebuah Telaah Kritis,” Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan, vol. 12, no. 2, pp. 111–128, Aug. 2018, doi: 10.33378/jppik.v12i2.104.
  16. Indeed Editorial team, “7 Factors in a Marketing Environment Defined and Explained,” https://ca.indeed.com. Accessed: Oct. 26, 2023. [Online]. Available: https://ca.indeed.com/career-advice/career-development/7-factors-in-marketing-environment
  17. I. S. U. Zebua, T. Anggraini, and ..., “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Medan),” JIKEM: Jurnal Ilmu …, vol. 3, pp. 358–488, 2023.
  18. D. Rispawati and V. Yanti Utami, “Perencanaan Skenario Dalam Pengembangan Bisnis Kuliner Pariwisata Halal Di Pulau Lombok-Nusa Tenggara Barat,” JMM UNRAM, vol. 8, no. 2, pp. 144–156, 2019, doi: 10.29303/jmm.v8i2.
  19. A. Rubihanto, E. Ismiyah, and M. Jufriyanto, “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Pendekatan Analisis Swot Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus : Restoran Kimochi Eatery Gresik),” SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 19, no. 2, pp. 234–240, 2022.
  20. R. Nalibratawati and H. Maulana, “hybrid marketing sebagai strategi pemasaran pascapandemi covid-19 pada sektor usaha mikro kecil dan menengah (umkm) di kecamatan tanjungsari kabupaten sumedang.”