Isi Artikel Utama
Abstrak
Pada era globalisasi yang terus berkembang, strategi bisnis digunakan untuk meningkatkan kinerja sebuah perusahaan sehingga strategi bisnis dapat dijadikan sebagai rujukan pada rencana yang terjadi atau langkah yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dalam jangka panjang serta bagaimana perusahaan membangun dan meningkatkan posisi bersaing mereka dalam industri dengan produk dan jasa yang dihasilkannya pada industri pasar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis permasalahan penurunan penjualan pada Kasiaclothing. Dengan menggunakan Business Model Canvas sebagai alat analisis, penelitian ini mengidentifikasi sembilan elemen bisnis yang saling terkait. Strategi yang dihasilkan mencakup integrasi pemasaran offline dan online melalui optimalisasi 9 elemen business model canvas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan penelitian di bidang strategi bisnis.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- Ikhwana and S. Ritonga, “Strategi Bisnis Terintegrasi Antara Online Dan Offline Untuk Meningkatkan Pemasaran,” Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, no. September, pp. 189–200, 2021.
- P. R. Atila and H. Setiawan, “Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Business Model Canvas (BMC) pada Serantau Coffee X Space di Kota Bandung,” JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, vol. 2, no. 4, pp. 1133–1140, 2023, doi: 10.59004/jisma.v2i4.445.
- D. Nuraini and E. Evianah, “Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Baju Secara Online Dan Offline,” Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, vol. 15, no. 2, p. 231, 2020, doi: 10.30742/equilibrium.v15i2.629.
- F. Indra Santoso and M. Fatchurrohman, “Strategi Pemasaran Online dan Offline dalam Meningatkan Penjualan Outlet Makbule,” Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 51–57, 2022, doi: 10.52436/1.jishi.30.
- A. Hambali and S. Andarini, “Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc) Dan Swot Analysis Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Piring Seng Coffee & Co Tunjungan Surabaya,” Journal of Applied Business Administration, vol. 5, no. 2, pp. 131–142, 2021, doi: 10.30871/jaba.v5i2.2969.
- M. I. Zamroni, A. Diana, and D. Achadiani, “Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Fajar Collection,” Jurnal Budiluhur, vol. 19, no. 1, pp. 1–8, 2022.
- A. Ikhwana and S. Ritonga, “Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers.”
- F. Indra Santoso and M. Fatchurrohman, “Strategi Pemasaran Online dan Offline dalam Meningatkan Penjualan Outlet Makbule,” Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 51–57, 2022, doi: 10.52436/1.jishi.30.
- E. Sugito, W. Nugraha, and Z. A. Palirie, “Strategi Pemasaran Produk Fashion Dengan Metode Analisis Swot (Studi Kasus Fortesix Clothing),” Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), vol. 8, no. 01, pp. 1–11, 2023, doi: 10.36352/jt-ibsi.v8i01.587.
- I. H. Susilowati, “Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC),” Jurnal Perspektif, vol. 19, no. 2, pp. 113–121, 2021, doi: 10.31294/jp.v19i2.11183.
- P. R. Atila and H. Setiawan, “Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Business Model Canvas (BMC) pada Serantau Coffee X Space di Kota Bandung,” JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, vol. 2, no. 4, pp. 1133–1140, 2023, doi: 10.59004/jisma.v2i4.445.
- N. A. Dewi, S. Luayyi, and P. N. Atarie, “Analisis Perbandingan Volume Penjualan Menggunakan Strategi Pemasaran Offline Dan Online Terhadap Pertumbuhan Laba Di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, pp. 52–68, 2022.
- M. Mariah and D. Nurbaiti, “Pengaruh persepsi online store dan offline store pada persepsi nilai dan dampaknya terhadap minat beli pada produk fashion,” Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 215–222, 2020, doi: 10.36407/jmsab.v2i2.113.
- E. Gilang Permata, Suherman, and R. Aini, “Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan Produk dengan Matrik BCG dan SWOT Analisis,” Jurnal Teknik Industri, vol. 6, no. 2, pp. 93–99, 2020.
- A. N. Andriana, L. Hijrah, D. A. Putri, W. U. Putri, S. Fauziah, and C. O. Darus, “Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 6, no. 2, p. 1477, 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i2.7336.
- M. Rizan et al., Bisnis Model Canvas: Membangun Rencana Bisnis yang Inovatif. WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.
- P. Medica et al., Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, no. March. 2020.
- A. Zakhra, “BOOK C,” pp. 24–38, 2021
References
Ikhwana and S. Ritonga, “Strategi Bisnis Terintegrasi Antara Online Dan Offline Untuk Meningkatkan Pemasaran,” Prosiding Seminar Nasional & Call for Paper STIE AAS, no. September, pp. 189–200, 2021.
P. R. Atila and H. Setiawan, “Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Business Model Canvas (BMC) pada Serantau Coffee X Space di Kota Bandung,” JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, vol. 2, no. 4, pp. 1133–1140, 2023, doi: 10.59004/jisma.v2i4.445.
D. Nuraini and E. Evianah, “Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Baju Secara Online Dan Offline,” Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, vol. 15, no. 2, p. 231, 2020, doi: 10.30742/equilibrium.v15i2.629.
F. Indra Santoso and M. Fatchurrohman, “Strategi Pemasaran Online dan Offline dalam Meningatkan Penjualan Outlet Makbule,” Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 51–57, 2022, doi: 10.52436/1.jishi.30.
A. Hambali and S. Andarini, “Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc) Dan Swot Analysis Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Piring Seng Coffee & Co Tunjungan Surabaya,” Journal of Applied Business Administration, vol. 5, no. 2, pp. 131–142, 2021, doi: 10.30871/jaba.v5i2.2969.
M. I. Zamroni, A. Diana, and D. Achadiani, “Penerapan E-Commerce Berbasis Content Management System (CMS) Dengan Metode Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Fajar Collection,” Jurnal Budiluhur, vol. 19, no. 1, pp. 1–8, 2022.
A. Ikhwana and S. Ritonga, “Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers.”
F. Indra Santoso and M. Fatchurrohman, “Strategi Pemasaran Online dan Offline dalam Meningatkan Penjualan Outlet Makbule,” Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 51–57, 2022, doi: 10.52436/1.jishi.30.
E. Sugito, W. Nugraha, and Z. A. Palirie, “Strategi Pemasaran Produk Fashion Dengan Metode Analisis Swot (Studi Kasus Fortesix Clothing),” Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), vol. 8, no. 01, pp. 1–11, 2023, doi: 10.36352/jt-ibsi.v8i01.587.
I. H. Susilowati, “Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC),” Jurnal Perspektif, vol. 19, no. 2, pp. 113–121, 2021, doi: 10.31294/jp.v19i2.11183.
P. R. Atila and H. Setiawan, “Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Business Model Canvas (BMC) pada Serantau Coffee X Space di Kota Bandung,” JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, vol. 2, no. 4, pp. 1133–1140, 2023, doi: 10.59004/jisma.v2i4.445.
N. A. Dewi, S. Luayyi, and P. N. Atarie, “Analisis Perbandingan Volume Penjualan Menggunakan Strategi Pemasaran Offline Dan Online Terhadap Pertumbuhan Laba Di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, pp. 52–68, 2022.
M. Mariah and D. Nurbaiti, “Pengaruh persepsi online store dan offline store pada persepsi nilai dan dampaknya terhadap minat beli pada produk fashion,” Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 215–222, 2020, doi: 10.36407/jmsab.v2i2.113.
E. Gilang Permata, Suherman, and R. Aini, “Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan Produk dengan Matrik BCG dan SWOT Analisis,” Jurnal Teknik Industri, vol. 6, no. 2, pp. 93–99, 2020.
A. N. Andriana, L. Hijrah, D. A. Putri, W. U. Putri, S. Fauziah, and C. O. Darus, “Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online,” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), vol. 6, no. 2, p. 1477, 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i2.7336.
M. Rizan et al., Bisnis Model Canvas: Membangun Rencana Bisnis yang Inovatif. WIDINA MEDIA UTAMA, 2023.
P. Medica et al., Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, no. March. 2020.
A. Zakhra, “BOOK C,” pp. 24–38, 2021