Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan membuat alternative bagi perusahaan untuk mengambil keputusan berdasarkan Bisnis Model Canvas (BMC) pada pengembangan usaha outbound di Villa Buleud. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data kualitatif yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari wawancara di identifikasi kedalam Bussines model canvas. Analisis dilakukan dari hasil wawancara didapat bagian-bagian yang sebaiknya menjadi pertimbangan. Dalam Channel sebaiknya melakukan word of mouth melalui guru-guru/ orangtua siswa. Dalam Costumer menambah media sosial yang banyak digunakan saat ini, yaitu: BBM, Line, Path, IG. Dalam Relationship menambah hiburan/ pertunjukan agar lebih menarik perhatian khususnya bagi peserta. Dalam Key Activities menambah petugas/ orang yang dapat memberikan hiburan seperti sulap, badut. Dalam Key Resource menambah Petugas/ orang yang dapat memberikan hiburan seperti sulap, badut. Dalam Key partner bekerja sama dengan dinas pariwisata dan penggiat-penggiat kegiatan alam. Dalam Revenue Steream menambah papan iklan untuk menambah keuntungan yang akan didapatkan oleh Villa Buleud.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Aziman Fathurahman, Institut Teknologi Garut

Ysuf Mauluddin

Institut Teknologi Garut