Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan, kemudian menentukan strategi perusahaan berdasarkan faktor eksternal dan internal perusahaan setelah serta Menentukan strategi perusahaan berdasarkan faktor eksternal dan internal perusahaan serta mendapatkan strategi pada model bisnis perusahaan Hal yang melatar belakangi penelitian ini karena terjadi fluktuasi penjualan dari tahun ke tahun Perusahaan perlu mengembangkan suatu strategi yang tepat agar perusahaan dapat mempertahankan eksistensinya. Berdasarkan permasalahan tersebut akan dilakukan analisa internal dan eksternal menggunakan matriks IFE&EFE. Dari hasil analisa diketahui pada matrik IE bahwa ada dua strategi yang ada pada matrik IE di kuadran I yaitu strategi intensif dan strategi integratif, oleh karena itu strategi intensif dipilih untuk mengembangkan strategi pengembangan produk dan diselesaikan dengan melihat model bisnis perusahaan dengan metode Business Model Canvass (BMC) Kemudian merencanakan pengembangan bisnis dengan menggunakan model BMC (Bisnis Model Canvas). Model ini diperoleh 9 aspek yang harus diperhatikan dalam pengembangan bisnis. Hasil yang diperoleh dari pengembangan model tersebut adalah dengan membuat varian produk baru dari PD DMC dan diikuti dengan 9 elemen pada BMC. Dengan inovasi tersebut akan membuat PD. Donat Madu Cihanjuang Garut dapat bersaing dengan komptetior-kompetitor lainnya sehingga dapat beradaptasi dan berkelanjutan kedepannya dengan lebih baik.
Rincian Artikel
References
-
[1] David J Hunger & Thomas L . Wheelen 2003. Manajemen strategis. Yogyakarta. Penerbit: CV
Andi
[2] Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Jakarta. Penerbit: Alfabeta,
Bandung
[3] Purnomo, Hari. Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2004.
[4] Pu Saladin Djaslim, 2010, Manajemen pemasaran, Bandung, penerbit CV Agung ilmu.
[4] Muhammad, Suwarsono. 2000. Manajemen Strategik Konsep dan Kasus. Yogyakarta.
Penerbit : Akademi Manajemen Perusahaan YKPN
[5] Osterwalder, Alexander.2010. Business Model Generation. New Jersey : Jhon Wiley &
Sons, Inc
[6] Sunarya, PO. Abas, dkk. (2011). Kewirausahaan. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
[7] Novy andriani, (2016), “Pengembangan usaha PD Dodol Sarina menggunakan Business
model canvass (BMC)( Study Kasus Di PD Dodol sarinah)â€, Tugas Akhir, Teknik
Industri Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
[7] Andri Hardyansyah, (2015) “Strategi pemasaran usaha mie basah studi kasus di PD
LUGINA)’’. Tugas akhir, Teknik Industri sekolah tinggi teknologi Garut.
[8] M. Amrin Tatang, (2009) “skala likert dan penggunaan dan analisis dataâ€. Penerbit : CV
agung ilmu.
References
Andi
[2] Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Jakarta. Penerbit: Alfabeta,
Bandung
[3] Purnomo, Hari. Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2004.
[4] Pu Saladin Djaslim, 2010, Manajemen pemasaran, Bandung, penerbit CV Agung ilmu.
[4] Muhammad, Suwarsono. 2000. Manajemen Strategik Konsep dan Kasus. Yogyakarta.
Penerbit : Akademi Manajemen Perusahaan YKPN
[5] Osterwalder, Alexander.2010. Business Model Generation. New Jersey : Jhon Wiley &
Sons, Inc
[6] Sunarya, PO. Abas, dkk. (2011). Kewirausahaan. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
[7] Novy andriani, (2016), “Pengembangan usaha PD Dodol Sarina menggunakan Business
model canvass (BMC)( Study Kasus Di PD Dodol sarinah)â€, Tugas Akhir, Teknik
Industri Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
[7] Andri Hardyansyah, (2015) “Strategi pemasaran usaha mie basah studi kasus di PD
LUGINA)’’. Tugas akhir, Teknik Industri sekolah tinggi teknologi Garut.
[8] M. Amrin Tatang, (2009) “skala likert dan penggunaan dan analisis dataâ€. Penerbit : CV
agung ilmu.