Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mempertahankan dan mengembangkan sebuah PD.Daniah yang bergerak di bidang produksi kerupuk ranginang dalam menyaingi
perusahaan-perusahan yang sejenis, terdapat sembilan pesaing yang menjadi bahan acuan oleh PD.Daniah untuk mempertahankan perusahaan dan mengembangkan produknya sehingga konsumen menjadi puas. Analisis yang dilakukan yaitu merancang desain kemasan PD.Daniah agar lebih menarik terhadap produk yang di hasilkan dan konsumen menjadi puas yang pada dasarnya PD.Daniah masih menggunakan kemasan sederhana . Model analisis yang dilakukan yaitu menggunakan model Quality Function Deployment yaitu dengan cara melakukan bainstrongming, pembobotan, pengembangan alternatif, evaluasi alternatif dan perancangan desain. Pengumpulan data yang dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan langsung ke 100 responden (pelanggan tetap) untuk mengetahui kebutuhan dan kepuasan konsumen terhadap kemasan yang akan dirancang, pengumpulan data ini diolah mengunakan uji statistik dimulai dari kecukupan data responden, pengujian validitas data terhadap kuesioner yang telah dilakukan, pengujian reabilitas dan normalitas kuesioner. Hasil penelitian ini untuk melihat penilaian konsumen terhadap kemasan yang ada di PD.Daniah dan merancang kemasan baru berdasarkan keinginan konsumen untuk meningkatkan nilai jual suatu produk yang mengutamakan kepuasan pelanggan dari segi kemasan.

Rincian Artikel

References

    [1.] Syukron, Amin & kholil, Muhamad.(2014). Pengantar Teknik Industri Graha Ilmu :
    Yogyakarta
    [2.] M.Z, T. Y., & Nurcahyo, R. (2018). Manajemen Kualitas Total Perspektif Teknik
    Industri. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.
    [3.] Racman , A., Ginting, P., & Sembiring, B. K. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan
    Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Tasabah Pada PT.Bank Negara Indonesia Cabang
    Universitas Sumatra Utara . Jurnal manajemen Sains, 6, 13.
    [4.] Rahastine, M. P. (2018). Analisa Makna Desain Kemasan Pada Produk Teh Di
    Indonesia. eJournal, 2, 72.
    [5.] Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta Barat: Indeks.