Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi alternatif dalam pengembangan usaha Rumah Konveksi Garut (RKG). Metode yang digunakan survey dengan analisis SWOT dan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Hasil menunjukan bahwa total nilai yang diperoleh dari tabel IFAS adalah 3,62 (rata- rata 0.91) dengan skor kekuatan 2,86 dan skor kelemahan sebesar 0,76, ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan usaha Rumah Konveksi Garut (RKG) lebih besar dari faktor kelemahan, sedangkan total nilai EFAS yaitu sebesar 3,55 (rata- rata 0.70). Skor peluang 2,80 dan skor ancaman sebesar 0,75. Artinya faktor peluang yang dimiliki lebih besar dari faktor ancaman. Strategi alternatif yang tepat adalah strategi SO. Strategi SO adalah strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Hasil dari enam strategi yang diperoleh, maka dipilih satu strategi yang paling diprioritaskan dengan menggunakan analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks), berdasarkan dari total nilai daya tarik (TAS) yang nilainya paling besar yaitu meningkatkan promosi dengan memiliki nilai total daya tarik (TAS) sebesar 5,71.

Rincian Artikel

References

    [1] Purnomo, H. (2008). Pengantar Teknik Industri Edisi 2. Graha Ilmu: Yogyakarta
    [2] Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT Teknis Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia
    Pustaka Utama.
    [3] Salusu, J. (2015). Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan
    Organisasi Nonprofit. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia
    [4] Sedarmayanti, (2014). Manajemen Strategi. Bandung : PT Reflika Aditama
    [5] Anoraga, Pandji. (2009). Pengantar bisnis.Pengelolaan Bisnis Dalam Era. Globalisasi.
    Jakarta: Rieneka Cipta