Isi Artikel Utama

Abstrak

Model algoritma VRP verhicle routing problem yang di gunakan dalam yaitu metoda saving matrix digunakan untuk meminimumkan jarak, waktu dan ongkos pendistribusian dengan mempertimbangkan kendala kendala untuk solusi permasalahan rute kendaraan. dan kemudian dilakukan pengujian mengunakan metode TSP travelling salesman problem dengan dilakukan perbandingan antara pemilihan rute yang dihasilkan. hasil perhitungan rute disrtibusi dengan logika algoritma saving menunjukan jumlah rute yang memaksimalkan  keterbatasan alat angkut menghasilkan jarak yang ditempuh 613,3 km dengan biaya sebesar Rp 7.992.080/ bulan selisiah yang dihasilkan dari rute yang digunkan saat ini sejauh 11,4 km sedangkan biaya transportasi berkurang sebesar Rp 3.076.712/bulan dengan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa perhitungan rute distribusi  dengan logika algoritma VRP dengan metode saving lebih hemat dibandingkan rute distribusi saat ini.

Rincian Artikel

References

  1. M. dkk Rizky, “Valsat Untuk Mengurangi Waste Pada Proses Finishing (Studi Kasus di PT . Temprina Media Grafika Nganjuk),†pp. 907–918, 2015.
  2. R. Saputra and D. Pujotomo, “PENYELESAIAN VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN KARAKTERISTIK TIME WINDOWS DAN MULTIPLE TRIPS MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX,†Ind. Enginerering Online J., 2019.
  3. K. Elly, “ANALISIS POLA DISTRIBUSI PETANI JAGUNG (Studi Petani Jagung di Dusun Ngali Desa Labuhan Kuris Kecamatan Lape Kabupaten Sumbawa Tahun 2016),†J. Ekon. dan Bisnis, vol. 14, no. 2, pp. 118–129, 2016.