Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang diukur melalui kesadaran merek, asosiasi merek, presepsi kualitas, loyalitas merek dan sikap merek baik secara bersama-sama maupun secara parsial terhadapikeputusanipembelianiproduk Wardah di Kab. Garut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan jenis rumusan masalah bersifat kausal. Teknik pengumpulan dataiyangidigunakan yaitu melalui penyebaran kuesioner. Kemudian untuk teknik pengambilan sampel menggunakan metode non- probabilty sampling jenis purposive sampling karena peneliti melakukan penelitian hanya tertuju pada konsumen yang menggunakan produk Wardah di Kab.Garut, denganijumlahisampel 100 responden. Regresi linear berganda dan uji hipotesis sebagai analisis data yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek yang diukur melalui kesadaran merek, asosiasi merek, presepsi kualitas, loyalitas merek dan sikap merek berpengaruh positif signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara parsial loyalitas merek dan sikapimerek yang berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan kesadaran merek, asosiasi merekidan presepsi kualitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dimensi yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk Wardah yaitu loyalitas merek.
Rincian Artikel
References
-
[1] Ambar Rukmi Dyah Kusumawardani, “Pengaruh Sepuluh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Sepatu Bata Berdasarkan Sikap Konsumen,” vol. 08, 2018.
[2] Dicho Pradipta, “Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Simpati Telkomsel,” 2016.
[3] S. Wardhatul Firdananda, “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Motor Honda Beat di Dealer Motor 1 Kecamatan Gambiran Kab. Banyuwangi,” vol. 11, 2017.
[4] I. M. Wardana, “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Denpasar,” vol. 04, 2015.
[5] H. A. R. d. A. T. Indah, "Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Tangerang Selatan," vol. 14, 2018.
[6] R. Rahmadhano, “Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian pada Peter Say Denim di Kota Bandung,” vol. 01, 2014.
[7] G. Suasana, “Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Gerai Starbuck Coffe,” vol. 07, 2018.
[8] Thomas Aditya Wicaksana, “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Sepeda Motor Merek Honda Beat di Kab. Malang,” vol. 63, 2018.
[9] Muhammad Riduansyah, “Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek dan Kesan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Adidas,” vol. 41, 2016.
[10] I. Irwanti, “Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Ponds di Kota Surabaya,” 2014.
[11] H. Aulawi, I. Sudirman, K. Suryadi, and R. Govindaraju, “Knowledge Sharing Behavior , Antecedent and Their Impact on the Individual Innovation Capability,” J. Appl. Sci. Res., vol. 5, no. 12, pp. 2238”“2246, 2009.
[12] M. R. Yusuf, “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Gudeg Yu Djum,” 2018.
[13] L.H. d. L.O.S.G, “Pengaruh Prespsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop,” vol. 01, 2014.
[14] A. F. d. D. F. Rubi Ayu Indah Sari, "Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie di Kota Malang," vol. 1, 2015.
[15] E. Pangestuti, “Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Pembelian Produk Ekolabel (Studi pada Produk PT. Ultrajaya),” vol. 57, 2018.
References
[2] Dicho Pradipta, “Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Simpati Telkomsel,” 2016.
[3] S. Wardhatul Firdananda, “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Motor Honda Beat di Dealer Motor 1 Kecamatan Gambiran Kab. Banyuwangi,” vol. 11, 2017.
[4] I. M. Wardana, “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Denpasar,” vol. 04, 2015.
[5] H. A. R. d. A. T. Indah, "Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Tangerang Selatan," vol. 14, 2018.
[6] R. Rahmadhano, “Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian pada Peter Say Denim di Kota Bandung,” vol. 01, 2014.
[7] G. Suasana, “Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Gerai Starbuck Coffe,” vol. 07, 2018.
[8] Thomas Aditya Wicaksana, “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Sepeda Motor Merek Honda Beat di Kab. Malang,” vol. 63, 2018.
[9] Muhammad Riduansyah, “Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek dan Kesan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Adidas,” vol. 41, 2016.
[10] I. Irwanti, “Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Ponds di Kota Surabaya,” 2014.
[11] H. Aulawi, I. Sudirman, K. Suryadi, and R. Govindaraju, “Knowledge Sharing Behavior , Antecedent and Their Impact on the Individual Innovation Capability,” J. Appl. Sci. Res., vol. 5, no. 12, pp. 2238”“2246, 2009.
[12] M. R. Yusuf, “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Gudeg Yu Djum,” 2018.
[13] L.H. d. L.O.S.G, “Pengaruh Prespsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian The Body Shop,” vol. 01, 2014.
[14] A. F. d. D. F. Rubi Ayu Indah Sari, "Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Indomie di Kota Malang," vol. 1, 2015.
[15] E. Pangestuti, “Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Pembelian Produk Ekolabel (Studi pada Produk PT. Ultrajaya),” vol. 57, 2018.