Isi Artikel Utama

Abstrak

Penjaminan mutu merupakan hal terpenting dalam pengujian dan atau kalibrasi, khususnya pada berbagai alat kesehatan. Semua lembaga pengujian dan atau kalibrasi alat kesehatan harus memiliki referensi yang sama agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Acuan yang digunakan di Indonesia untuk menjamin sistem manajemen mutu laboratorium adalah SNI ISO 17025: 2017. Oleh karena itu, setiap personil yang bekerja di laboratorium harus memahami dan menerapkan persyaratan yang diatur pada SNI tersebut. PT. XYZ merupakan lembaga pengujian dan atau kalibrasi alat kesehatan yang baru beroperasi dan akan mengadopsi sistem SNI ISO 17025 sebagai kebijakan perusahaan untuk meningkatkan kualitas hasil laboratoriumnya. Semua Personel PT. XYZ pernah mendapatkan sosialisasi tentang persyaratan standar tersebut yang dilakukan oleh manajer mutu dengan menggunakan metode ceramah, namun terdapat beberapa keluhan dari beberapa personel yang tidak memahami standar tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman personel PT XYZ terhadap persyaratan SNI ISO 17025: 2017 dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif JIGSAW. Penilaian peningkatan pemahaman personeldilakukan dengan analisis uji-t dan uji skala likert. Hasil studi awal menunjukkan bahwa penerapan metode JIGSAW dalam meningkatkan pemahaman personil memberikan perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan personel. Peningkatan pemahaman personel setelah pelatihan dengan metode ini meningkat sebesar 35%. Uji skala likert juga menunjukkan bahwa penilaian peserta pelatihan terhadap pelatih berada pada kategori Baik dan penilaian peserta terhadap pelaksanaan kegiatan sangat sesuai sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan interpretasi pemahaman personel SNI ISO 17025: 2017 menggunakan metode JIGSAW efektif.

Kata Kunci

ISO 17025 Laboratorium Kalibrasi JIGSAW Pelatihan

Rincian Artikel

Referensi

[1] D. Nur Faridah, D. Erawan, K. Sutriah, A. Hadi, and F. Budiantari, Implementasi SNI ISO/IEC 17025:2017 - Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi. 2018.
[2] KEMENTERIAN KESEHATAN, “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2015 Tentang Pengujian Dan Kalibrasi Alat Kesehatan,” Menteri Kesehat. Republik Indones. Peratur. Menteri Kesehat. Republik Indones., 2015.
[3] K. K. RI, Permenkes No. 26 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik Sektor Kesehatan. 2018.
[4] A. S. Nugroho, P. W. Wardaningsih, and M. Yono, “Pengaruh Tingkat Pengetahuan Tentang Kalibrasi Terhadap Perilaku Mengkalibrasikan Alat Sphygmomanometer Pada Bidan Praktek Mandiri Di Puskesmas Wilayah Kabupaten Demak,” J. Ilmu dan Teknol. Kesehat., 2017, doi: 10.33666/jitk.v8i1.45.
[5] Standar Nasional Indonesia, “Persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi, SNI ISO/IEC 17025:2008,” Badan Stand. Nas., 2008.
[6] N. Khurotin and T. W. Afrianty, “Analisis Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di PT Beon Intermedia Cabang Malang,” J. Adm. Bisnis, 2018.
[7] S. Tambak, “Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” J. Tarb., 2014.
[8] H. Maurin and S. I. Muhamadi, “Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa,” al-Aulad J. Islam. Prim. Educ., 2018, doi: 10.15575/al-aulad.v1i2.3526.
[9] “Pengaruh Metode Pembelajaran Ceramah Plus dan Metode Drill terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Kompentensi Dasar Efisiensi penggunaan Tempat Tidur Rumah Sakit,” Pengaruh Metod. Pembelajaran Ceramah Plus dan Metod. Drill terhadap Motiv. Belajar dan Has. Belajar pada Kompentensi Dasar Efisiensi Pengguna. Tempat Tidur Rumah Sakit, 2017, doi: 10.15294/miki.v7i1.11134.
[10] R. Ranabumi, M. Rohmadi, and S. Subiyantoro, “Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas Vii-B Smp Negeri 5 Kediri,” Proc. Educ. Lang. Int. Conf., 2017.
[11] R. Ketut, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Sikap Demokrasi Peserta Diklat Prajabatan di Provinsi Bali,” J. Wacana Kinerja Kaji. Prakt. …, 2018.
[12] M. Ifa, “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu pada standar kompetensi menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja ( K3 ),” J. Pendidik. Tek. Elektro, 2013.
[13] W. K. Wardani and S. Samidjo, “Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Mata Pelajaran Sistem Rem Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas Xi Teknik Kendaraan Ringan Smk Tamansiswa Jetis Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016,” TAMAN VOKASI, 2017, doi: 10.30738/jtvok.v5i1.1540.