Isi Artikel Utama

Abstrak

Tempat parkir merupakan tempat dimana kendaraan disimpan untuk sementara waktu. Dalam perencanaan lahan parkir yang menggunakan struktur baja terdapat pada SNI 03-1729-2002 yang menerangkan bahwa sesuai dengan proses perencanaan struktur baja, maka hal perlu dilakukan adalah menciptakan struktur bangunan yang stabil, cukup kuat, tahan lama dan memenuhi tujuan lain seperti efisiensi ekonomi dan kemudahan pelaksanaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa data dari perencana gedung parkir, sedangkan data primer yang dikumpulkan untuk skripsi ini adalah berupa foto dokumentasi, dan wawancara langsung dengan perencana gedung parkir untuk mengetahui profil yang digunakan pada struktur baja pada gedung parkir. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan pada balok dan kolom dengan profil WF 250.175.7.11 secara manual maka dapat ditarik kesimpulan bahwa semua balok dan kolom dikategorikan aman untuk menahan gaya-gaya yang bekerja dan mampu menahan kapasitas parkirnya akan tetapi profil yang digunakan bisa dikatakan boros. oleh karena itu perencana diharapkan telah memiliki feeling engineering dan pengetahuan tentang perhitungan struktur secara tepat dan mengacu pada perhitungan Standar Nasional Indonesia terbaru tentang perencanaan suatu struktur.

Kata Kunci

Balok Kolom Kapasitas Parkir Keamanan Profil Baja Balok Kolom Kapasitas Parkir Keamanan Profil Baja

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Y. Ihya dan E. Walujodjati, “Kapasitas Struktur Baja pada Gedung Parkir Institut Teknologi Garut”, Jurnal Konstruksi, vol. 20, no. 1, hlm. 115–126, Jun 2022.

References

  1. N. S. Empung, Iman H., “Perencanaan Gedung Parkir Motor Dari Kontruksi Baja Dengan Pelat Komposit 3 Lantai Di Universitas Siliwangi Tasikmalaya,†Akselerasi J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 1, no. 2, pp. 42–51, 2020.
  2. S. Soehartono, “Perencanaan Gedung Parkir Sepeda Motor 3 Lantai Dari Kontruksi Beton Di Universitas Pandanaran,†Neo Tek., vol. 4, no. 1, 2018, doi: 10.37760/neoteknika.v4i1.1066.
  3. I. K. Arianta, “Analisis Struktur Portal Baja Bertingkat Gedung Pusat Kesehatan Ummat Muhammadiyah Sumbawa Besar,†vol. 1, no. September, 2018, doi: 10.31227/osf.io/g3jmk.
  4. E. Agus Setiawan, Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD, “ufvs umxnuJs WNiIUfcl,†2008.
  5. B. Z. Muharani, “Gedung Parkir Di Kawasan Gajah Mada,†J. Online Mhs. Arsit. Univ. Tanjungpura, vol. 6, no. 1, pp. 331–343, 2018.
  6. B. Castellated and B. Dan, “MODIFIKASI GEDUNG PARKIR DAN KANTOR KOLOM CONCRETE FILLED STEEL TUBE PLANNING MODIFICATION OF OFFICE BUILDING AND PARKING PT PELINDO II BY USING STRUCTURE CASTELLATED STEEL BEAM AND,†2016.
  7. A. C. Santina, S. Zuraidah, and B. Hastono, “Optimalisasi Profil Baja IWF Pada Konstruksi Bangunan Parkir Sepeda Motor 4 Lantai (Studi Kasus Gedung Spazio Tower 2, Surabaya),†Ge-STRAM J. Perenc. dan Rekayasa Sipil, vol. 1, no. 2, pp. 72–79, 2018, doi: 10.25139/jprs.v1i2.1145.
  8. T. Lantai and D. I. Pontianak, “1) , 2) , 2).â€
  9. BSN, “SNI 1729:2020 Spesifikasi untuk bangunan gedung baja struktural (ANSI/AISC 360-16, IDT) ICS 91.080.10; 91.120.25,†no. 8, p. 311, 2020.
  10. S. 03-1729, “Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung,†Tata Cara Perenc. Strukt. Baja Untuk Bangunan Gedung, p. 215, 2002.
  11. K. Pengantar, “Universitas Sumatera Utara.â€
  12. M. Kuliah, “Balok Lentur.â€