Isi Artikel Utama
Abstrak
Jalan Durian Raya dan Jalan Tirto Agung merupakan dua diantara ruas jalan di kecamatan Banyumanik yang banyak dilalui kendaraan bermotor. Pada kedua ruas jalan itu, selain terdapat rumah-rumah penduduk, juga ada ruko-ruko, tempat makan, sekolah, kantor, dan minimarket. Pada jam-jam tertentu, akfititas kendaraan bermotor yang melintas di kedua ruas jalan tersebut dapat menyebabkan kemacetan pada simpang Jalan Durian Raya – Tirto Agung. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung volume lalu lintas pada simpang tiga tak bersinyal Jalan Durian Raya – Tirto Agung, yang selanjutnya dilakukan analisis untuk memperoleh kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrian pada simpang. Perhitungan analisis menggunakan data primer yang diperoleh selama waktu survei. Survei yang dilakukan yaitu menghitung lebar pendekat pada simpang, serta menghitung jumlah arus lalu-lintas yang melintas di simpang. Analisis data dengan menggunakan Manual Kapasitas jalan Indonesia 1997. Hasilnya adalah kapasitas simpang sebesar 2727 smp/jam. Derajat kejenuhan simpang sebesar 0,673. Tundaan simpang 11,88 detik/smp dan peluang antrian 19 – 38%.
Kata Kunci
Rincian Artikel
References
-
[1] K. S. BPS, Kecamatan Banyumanik dalam Angka 2021. 2021.
[2] R. E. Wibisono and M. Huda, “Studi Karakteristik Arus Lalulintas Simpang Tak Bersinyal Jalan Menur Pumpungan Surabaya,†Ge-STRAM J. Perenc. dan Rekayasa Sipil, vol. 03, no. 02, 2020.
[3] R. Andika, “Analisis Kinerja Simpang Bersinyal untuk Meningkatkan Keselamatan dengan Pengaturan Ulang Waktu Siklus APILL di Simpang Empat Maya Kota Tegal,†UNITECH, vol. 1, no. 2, pp. 84–95, 2022.
[4] Sarwanta and H. Abdulgani, “Pemodelan Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Menggunakan Perangkat Lunak Vissim,†SOSHUMDIK, vol. 1, no. 4, 2022.
[5] M. Waris, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014,†J-HEST J. Heal. Educ. Econ. Sci. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 46–54, 2018, doi: 10.36339/jhest.v1i1.20.
[6] M. D. M. Pratama and Elkhasnet, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan A.H. Nasution dan Jalan Cikadut, Kota Bandung,†RekaRacana J. Tek. Sipil, vol. 5, no. 2, p. 116, 2019, doi: 10.26760/rekaracana.v5i2.115.
[7] H. D. W. S, M. S. D. Cahyono, Y. Eka, Rahayu, and L. S. B. Wibowo, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Persimpangan Pasar Plaosan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur,†Anggapa, vol. 1, no. November, pp. 57–68, 2022.
[8] R. A. Anggraini, Y. E. Sinaga, F. Lestari, and ..., “Evaluasi Simpang Tak Bersinyal Dan Perencanaan Apill,†JICE (Journal …, vol. 03, no. 02, pp. 32–51, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jice/article/view/2152%0Ahttps://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jice/article/viewFile/2152/965.
[9] D. Y. F. C. Hasibuan and Muchammad Zaenal Muttaqin, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Persimpangan Pasar Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara,†J. Saintis, vol. 21, no. 01, pp. 53–60, 2021, doi: 10.25299/saintis.2021.vol21(01).6507.
[10] O. F. Suryaningsih, H. Hermansyah, and E. Kurniati, “Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Jalan Hasanuddin-Jalan Kamboja, Sumbawa Besar),†INERSIA lNformasi dan Ekspose Has. Ris. Tek. SIpil dan Arsit., vol. 16, no. 1, pp. 74–84, 2020, doi: 10.21831/inersia.v16i1.31317.
[11] I. M. Gapi, L. I. R. Lefrandt, and S. Y. R. Rompis, “Analisa Kinerja Simpang Lengan Tiga Tak Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Lengan Tiga Jl. Raya Bastiong - Jl. Raya Mangga Dua - Jl. Sweering Mangga Dua Di Kota Ternate),†Tekno, vol. 20, no. 80, 2022.
[12] MKJI, MKJI 1997. 1997.
[13] C. O. Saba, Don Gaspar Noesaku da Costa, and E. N. B. Seran, “Analisis Pengaruh Rasio Kendaraan Belok Kanan Terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyal,†Eternitas, vol. 1, no. 2, 2022.
[14] K. S. BPS, Kota Semarang dalam Angka 2021. 2021.
References
[2] R. E. Wibisono and M. Huda, “Studi Karakteristik Arus Lalulintas Simpang Tak Bersinyal Jalan Menur Pumpungan Surabaya,†Ge-STRAM J. Perenc. dan Rekayasa Sipil, vol. 03, no. 02, 2020.
[3] R. Andika, “Analisis Kinerja Simpang Bersinyal untuk Meningkatkan Keselamatan dengan Pengaturan Ulang Waktu Siklus APILL di Simpang Empat Maya Kota Tegal,†UNITECH, vol. 1, no. 2, pp. 84–95, 2022.
[4] Sarwanta and H. Abdulgani, “Pemodelan Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Menggunakan Perangkat Lunak Vissim,†SOSHUMDIK, vol. 1, no. 4, 2022.
[5] M. Waris, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014,†J-HEST J. Heal. Educ. Econ. Sci. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 46–54, 2018, doi: 10.36339/jhest.v1i1.20.
[6] M. D. M. Pratama and Elkhasnet, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan A.H. Nasution dan Jalan Cikadut, Kota Bandung,†RekaRacana J. Tek. Sipil, vol. 5, no. 2, p. 116, 2019, doi: 10.26760/rekaracana.v5i2.115.
[7] H. D. W. S, M. S. D. Cahyono, Y. Eka, Rahayu, and L. S. B. Wibowo, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Persimpangan Pasar Plaosan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur,†Anggapa, vol. 1, no. November, pp. 57–68, 2022.
[8] R. A. Anggraini, Y. E. Sinaga, F. Lestari, and ..., “Evaluasi Simpang Tak Bersinyal Dan Perencanaan Apill,†JICE (Journal …, vol. 03, no. 02, pp. 32–51, 2022, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jice/article/view/2152%0Ahttps://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jice/article/viewFile/2152/965.
[9] D. Y. F. C. Hasibuan and Muchammad Zaenal Muttaqin, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Persimpangan Pasar Sibuhuan, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara,†J. Saintis, vol. 21, no. 01, pp. 53–60, 2021, doi: 10.25299/saintis.2021.vol21(01).6507.
[10] O. F. Suryaningsih, H. Hermansyah, and E. Kurniati, “Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Jalan Hasanuddin-Jalan Kamboja, Sumbawa Besar),†INERSIA lNformasi dan Ekspose Has. Ris. Tek. SIpil dan Arsit., vol. 16, no. 1, pp. 74–84, 2020, doi: 10.21831/inersia.v16i1.31317.
[11] I. M. Gapi, L. I. R. Lefrandt, and S. Y. R. Rompis, “Analisa Kinerja Simpang Lengan Tiga Tak Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Lengan Tiga Jl. Raya Bastiong - Jl. Raya Mangga Dua - Jl. Sweering Mangga Dua Di Kota Ternate),†Tekno, vol. 20, no. 80, 2022.
[12] MKJI, MKJI 1997. 1997.
[13] C. O. Saba, Don Gaspar Noesaku da Costa, and E. N. B. Seran, “Analisis Pengaruh Rasio Kendaraan Belok Kanan Terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyal,†Eternitas, vol. 1, no. 2, 2022.
[14] K. S. BPS, Kota Semarang dalam Angka 2021. 2021.