Isi Artikel Utama

Abstrak

Tuntutan sarana infrastruktur selalu bertambah, suatu wilayah yang berdampak pada pertumbuhan lalu lintas menjadi meningkat. Metodologi penelitian menggunakan analisis dengan mempergunakan metode Analisis Komponen serta Austroads dengan program Pavement Analysis and Design, berdasarkan studi dan data lapangan dari Gambar Kerja pada Pekerjaan Peningkatan. Jalan Situ Cangkuang-Leles untuk dasar evaluasi perencanaan tebal perkerasan. Tujuan penelitan adalah mengevaluasi ketebalan lapis perkerasan metode analisa komponen dan Austroads. Hasil tebal perkerasan mempergunakan metode analisa komponen didapatkan 5 centimeter (laston. AC), 10 centimeter (laston. atasnya), serta 15 centimeter (sirtunya class A), disamping itu dengan mempergunakan cara Austroads setebal 18 cm (lapisan aspalnya 3.000 MPa), 10 centimeter (lapisan granular), serta 40 centimeter (lapisan semennya 5.000 MPa). Setelah menghitungkan tebal lapis perkerasannya mempergunakan program Pavement Analysis and Design didapat nilai repetisi beban retak lelah pada tebal perkerasan metode Analisa Komponen sebesar 735081.13  dengan nilai repetisi beban retak alur sebesar 105016,9141 dan tebal perkerasan pada metode Austroads sebesar 1284589,075 dengan nilai repetisi beban retak alur sebesar 179792712,5. Analisis rusaknya perkerasan. jalan di tebal perkerasannya analisis komponen serta Austroads didapatkan bahwasannya tebal perkerasannya analisis komponen sedianya tidak dapat menahan beban rencananya. sebanyak 640000, disamping itu tebal perkerasannya mempergunakan Austroads dapat sedianya menahan beban rencana sebanyak 640000.

Kata Kunci

Austroads Analisis Komponen Tebalnya Perkerasan Jalan Austroads Analisis Komponen Tebalnya Perkerasan Jalan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
I. Nannmar dan I. Farida, “Evaluasi Tebal Perkerasan Jalan untuk Menahan Beban Rencana Lalu Lintas”, Jurnal Konstruksi, vol. 21, no. 1, hlm. 47–54, Mei 2023.

References

    [1] H. C. 2015. P. P. J. & P. T. Y. G. M. U. P. Hardiyatmo, Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press., 2015.
    [2] Setiawan M. dan Dian, “Analisis Tebal Perkerasan Lentur Dengan Metode Analisa Komponen, AASHTO 1993, dan AUSTROADS,” Yogyakarta, 2011.
    [3] J. W. dan Son, Guide for Design of Pavement Structure. Washington D.C.: Inc. New York. AASHTO, 1993.
    [4] AustStab, National AustStab Guidelines Trafifc Estimate. Australia, 1996.
    [5] Departemen Pekerjaan Umum, Petunjuk Perancangan Tebal Perkerasan Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen. Jakarta, 1987.
    [6] AUSTROADS, A Guide to The Design Structural Design of Road Pavement. Australia, 2004.
    [7] Miharjo dan Suprapto T., Bahan dan Struktur Jalan Raya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press., 2004.
    [8] Simanjutak dan Ivan Leonardo, “Evaluasi Tebal Lapis Perkerasan Lentur Manual Desain Perkerasan Jalan No.22.2/Kpts/Db/2012 Dengan Menggunakan Program Kenpave.,” FT USU, 2014.
    [9] S. Sukirman, Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Nova, 1999.
    [10] Badan Standardisasi Nasional, Geometri Jalan Perkotaan. Jakarta. Jakarta, 2004.
    [11] M. W. Yoder, E.J. and Witzcak, Principles of Pavement Design, 2nd Edition,. 1975.
    [12] F. Syafutra, E., Sukmana, I., dan Murdapa, “Perencanaan Lapis Perkerasan Lentur dengan Metode Analisa Komponen pada Jalan Provinsi Ruas Jalan Kota Gajah-Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah,” Semin. Nas. Ins. Prof., vol. (Vol. 2, N, 2022.
    [13] E. Pangerapan, M. L., Sendow, T. K., dan Lintong, “Studi Perbandingan Perencanaan Tebal Lapis Tambah (Overlay) Perkerasan Lentur Menurut Metode Pd t-05-2005-b dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2013 (Studi Kasus: Ruas Jalan Bts. Kota Manado-Tomohon),” J. Sipil Statik, vol. 6(10), 2018.
    [14] W. Brilianto, M. A., Sukirman, S., dan Pradipta, “Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Logging di Kabupaten Penajam, Kalimantan Timur,” RekaRacana J. Tek. Sipil, vol. 4(2), p. 47, 2018.
    [15] B. H. Aji, Z. A., dan Susilo, “EVALUASI TEBAL PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN PROGRAM SOFTWARE KENPAVE,” J. Rekayasa Lingkung. Terbangun Berkelanjutan, vol. 1(1), pp. 96–105, 2023.
    [16] D. M. Rahmawati, A., Aldiansyah, F., dan Setiawan, “Desain Tebal Perkerasan Lentur Jalan Menggunakan Program Kenpave di Ruas Jalan Maospati-Sukomoro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur,” Bull. Civ. Eng., vol. 1(1), pp. 19–23, 2021.