Isi Artikel Utama

Abstrak

Lalu lintas kereta api akan terus meningkat sesuai dengan perkembangan industri di yang dapat mempengaruhi kondisi geometrik lintasan yang menyebabkan terjadinya penurunan kualitas lintasan. Parameter geometri yang mempengaruhi turunnya penurunan kualitas jalan rel di antaranya yaitu angkatan, listring, pertinggian, dan lebar sepur. Indikator penilaian kualitas lintasan adalah Track Quality Index (TQI). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas jalan rel berdasarkan nilai TQI sesuai dengan Standar Perkeretaapian Indonesia pada jalan rel Rancaekek – Haurpugur. Analisis yang dilakukan terdiri dari analisis parameter nilai TQI dan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antara parameter pengukuran yang terdiri dari angkatan, listring, lebar spur, dan pertinggian dengan nilai TQI. Berdasarkan analisis sesuai dengan Standar Perkeretaapian Indonesia menghasilkan penilaian jalan rel Rancaekek – Haurpugur KM. 175+000 – KM 177+100 masuk ke dalam kategori II, yaitu baik. Angkatan, lebar spur, listring, dan pertinggian memiliki pengaruh yang tinggi pada penilaian TQI sebesar 92,7%. Parameter yang paling berpengaruh signifikan adalah pertinggian sebesar 94,1%.

Kata Kunci

Angkatan Lebar spur Listring Pertinggian Track Quality Index

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Y. F. Erdiana dan A. Zhafirah, “Penilaian Track Quality Index Jalan Rel Rancaekek – Haurpugur”, Jurnal Konstruksi, vol. 21, no. 1, hlm. 55-60, Mei 2023.

Referensi

D. I. Karunianingrum and H. Widyastuti, “Penilaian Indeks Kualitas Jalan Rel (Track Quality Index) berdasarkan Standar Perkeretaapian Indonesia (Studi Kasus : Cirebon-Cikampek),” J. Apl. Tek. Sipil, 2020, doi: 10.12962/j2579-891x.v18i1.5710.
T. Rahayu and A. A, “Sistem Pemeliharaan Rel Kereta Api Koridor Palang Parasamia - Jembatan Sei Piring,” J. Vor., 2021, doi: 10.54123/vorteks.v2i2.87.
A. Hermawan, “SISTEM KENDALI OTOMATIS PADA PINTU PERLINTASAN KERETA API,” J. Ilm. Mhs. Kendali dan List., 2021, doi: 10.33365/jimel.v1i2.636.
P. Moengin, A. Syachrany, D. Kemalasari, and F. Puspitasari, “Sistem Informasi untuk Perbaikan Kinerja dalam Manajemen Keselamatan Transportasi Kereta Api (Studi Kasus di PT. Kereta Api Indonesia),” J. Tek. Ind., 2021, doi: 10.25105/jti.v11i2.9852.
W. A. Fistcar, “Study of Concrete Bearing Behavior for 1067 mm Track Width with Variation in Track Quality Index (TQI) Values,” J. Perkeretaapi. Indones. (Indonesian Railw. Journal), 2021, doi: 10.37367/jpi.v5i1.152.
S. Offenbacher, J. Neuhold, P. Veit, and M. Landgraf, “Analyzing major track quality indices and introducing a universally applicable tqi,” Appl. Sci., 2020, doi: 10.3390/app10238490.
U. Subarkah, H. Widyastuti, and C. A. Prastyanto, “Analysis Effect Of Thick Ballast On Track Quality Index (TQI) Value Route Wonokromo – Mojokerto,” J. Penelit. Transp. Darat, 2021, doi: 10.25104/jptd.v23i1.1589.
A. H. Wantana, H. Widyastuti, and C. A. Prastyanto, “Prediksi Nilai Track Quality Index (TQI) Berdasarkan Data Frekuensi dan Beban Lalu Lintas untuk Lebar Sepur 1067,” J. Penelit. Transp. Darat, 2021, doi: 10.25104/jptd.v22i2.1590.
A. Hapsery and R. R. A. Lubis, “Penggunaan Metode Stepwise pada Pemodelan Perencanaan Track Quality Index (TQI) untuk Kereta Api Semicepat Indonesia,” MUST J. Math. Educ. Sci. Technol., 2019, doi: 10.30651/must.v4i1.2921.
A. Falamarzi, S. Moridpour, and M. Nazem, “A time-based track quality index: Melbourne tram case study,” Int. J. Rail Transp., 2021, doi: 10.1080/23248378.2019.1703838.
A. Lasisi and N. Attoh-Okine, “An Unsupervised Learning Framework for Track Quality Index and Safety,” Transp. Infrastruct. Geotechnol., 2020, doi: 10.1007/s40515-019-00087-6.
T. H. Yan and F. Corman, “Assessing and Extending Track Quality Index for Novel Measurement Techniques in Railway Systems,” Transp. Res. Rec., 2020, doi: 10.1177/0361198120923661.
S. Chen, L. Lu, and Y. Yao, “Servicestatus monitoring of high-speed railway subgrade based on correlation analysis of track quality index and settlement,” Tumu yu Huanjing Gongcheng Xuebao/Journal Civ. Environ. Eng., 2020, doi: 10.11835/j.issn.2096-6717.2020.053.