Isi Artikel Utama

Abstrak

Seiring dengan meningkatnya mobilitas kebutuhan penduduk ke luar kota, menuntut ketersediaan angkutan umum antar kota yang memenuhi syarat kelancaran, kenyamanan, dan keamanan. Masa pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi keberlangsungan suatu perusahaan jasa Transportasi. Oleh karena itu tujuan penelitian adalah mengevaluasi kualitas pelayanan transportasi dari perusahaan-perusahaan bus yang ada di kota Garut untuk memenuhi tingkat pelayanan terbaik dari perusahaan di masa pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, dipilih angkutan umum bus antar kota perusahaan bus Primajasa cabang Garut. Penelitian kualitas pelayanan bus Primajasa Kelas Bisnis Rute Garut-Bekasi dengan jenis armada bus besar. Data didapatkan mengunakan metode survei dan wawancara langsung serta penyebaran kuesioner kepada pihak terkait. Penelitian kinerja pelayanan Bus Primajasa diukur dari ekspektasi dan persepsi kinerja berdasarkan survei dan menggunakan Metode Fuzzy-Servqual. Hasil penelitian dengan analisis Fuzzy-Servqual terdapat tiga belas atribut yang sudah sesuai antara persepsi dan harapan konsumen Bus dengan nilai gap positif. Kepuasan konsumen dan pelayanan di dalam bus pada atribut jumlah penumpang sesuai kapasitas angkut, tempat duduk penumpang nyaman, dilengkapi AC, tersedia kursi bagi penumpang berkebutuhan khusus, tersedia tempat sampah, memiliki rasa aman dan nyaman, kedisiplinan pengemudi, tersedia alat pemadam kebakaran, tersedianya fasilitas dan penerapan protokol kesehatan, transaksi cepat, kemudahan penumpang dalam menyampaikan keluhan/saran. Prioritas perbaikan pelayanan berdasarkan gap servqual score terbesar terdapat pada jadwal operasional sesuai yang telah ditetapkan.

Kata Kunci

Fuzzy, Gap positif, Kinerja pelayanan, Persepsi Fuzzy, Gap positif, Kinerja pelayanan, Persepsi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
O. L. Prabowo dan D. Prasetyanto, “Kajian Kualitas Pelayanan Bus Primajasa Kelas Bisnis Rute Garut-Bekasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode Fuzzy-Servqual”, Jurnal Konstruksi, vol. 21, no. 1, hlm. 105–112, Mei 2023.

References

    [1] E. Listiani, A. S., Farida, I., dan Walujodjati, “Evaluasi Tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK).,” J. Konstr., vol. 11(1), 2013.
    [2] B. Harto, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Pendekatan Fuzzy Servqual dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Di Bengkel Resmi BAJAJ Padang),” J. TEKNOIF, vol. 3 No. 1, 2015.
    [3] I. Farida and W. Santosa, “Keselamatan Angkutan Bus Di Kabupaten Garut,” J. Transp., vol. 18, no. 3, pp. 211–218, 2018, doi: 10.26593/JT.V18I3.3159.%P.
    [4] I. Farida, “Public transport service relating to safety.,” in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2018, vol. 434, No. 1, p. 012195.
    [5] P. Sari, Yesy, “Persepsi Kualitas Jasa Dan Citra Dalam Menentukan Minat Masyarakat Kota Bandung Untuk Menaiki Bandung Tour On Bus (Bus Bandros),” Universitas Widyatama, 2016.
    [6] K. L. Kotler, P., dan Keller, Marketing Management (16th editi). CV. Alfabeta, 2016.
    [7] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta, 2021.
    [8] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
    [9] S. Afrizal, A., Anggraini, R., dan Sugiarto, “Keselamatan Berkendara Pada Pengemudi Mobil Penumpang Ditinjau Dari Faktor Kendaraan Dengan Menggunakan Model Confirmatory Factor Analysis (CFA),” J. Arsip Rekayasa Sipil dan Perenc., vol. 5(3), 2022.
    [10] F. Tjiptono, Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset, 2004.
    [11] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV.Alfabeta, 2012.
    [12] O. R. Sutinah, E., dan Simamora, “Metode fuzzy servqual dalam mengukur kepuasan pasien terhadap kualitas layanan BPJS kesehatan,” J. Inf., vol. 5(1), pp. 90–101, 2018.
    [13] Yanti dan Murni, “Integrasi SERVQUAL dan Model Kano ke dalam QFD pada Pengukuran Kualitas Pelayanan Paket Pos di PT. Pos Indonesia Cabang Bengkulu,” J. Ilm. Ekon. Bisnis, vol. 24(3), pp. 262–273, 2019.
    [14] R. dan P. Alifah, “Metode Servqual, Kuadran Ipa, dan Indeks PGCV Untuk Menganalisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit X,” Statistika, vol. 8(2), pp. 144–151, 2020.
    [15] S. Azwar, Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
    [16] A. Dewi, Shinta, Kurnia dan Sudaryanto, “Validitas dan reliabilitas kuisioner pengetahuan, sikap dan perilaku Pencegahan Demam Berdarah,” 2020.
    [17] H. M. Wijaya, Dimas, Surya dan KAMAL, “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang),” Universitas Dienogro, 2011.
    [18] I. I, “Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 5(1), pp. 19–28, 2019.
    [19] Khikmawati, “Analisis Mutu Layanan Instalasi Rawat Inap Menggunakan Metode Servqual-Fuzzy Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Layanan Jasa Kesehatan di RS PBA Bandar Lampung,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5(1), pp. 56–61, 2019.