Isi Artikel Utama

Abstrak

Konsep bangunan tahan gempa didasarkan pada mekanisme kelelehan pada salah satu elemen. Pada sistem core struktur rangka baja, coupling beam berfungsi sebagai elemen pendisipasi energi gempa dimana kelelehan direncanakan. Namun jika elemen tersebut rusak maka biaya perbaikan akan tinggi dan secara proses mengganggu aktivitas gedung. Mempertimbangkan kondisi tersebut maka dilakukan pengembangan pada elemen coupling beam dengan cara menambahkan link geser. Mekanisme kelelehan dipindahkan pada elemen link sedangkan coupling beam tetap bersifat elastis. Kajian numerik dan eksperimental dilakukan untuk meninjau perilaku kelelehan yang terjadi pada elemen link dan coupling beam. Sub-assembly yang terdiri dari kolom, coupling beam dan link geser WF150x75x6x8 di uji dibawah pembebanan siklik sesuai dengan AISC 341-10. Analisis numerik dilakukan dengan cara pushover dimana parameter yang berkaitan dengan sifat non-linier dari setiap Sub-assembly di desain berdasarkan ketentuan FEMA-356. Hasil analisis pushover dan eksperimental menunjukkan bahwa kelelehan dapat dipertahankan pada link. Pengujian siklik pada Sub-assembly menghasilkan rotasi plastis pada link geser sebesar 0,17 radian tanpa menyebabkan kerusakan pada kolom dan coupling beam. Kelelehan pertama pada analisis pushover terjadi pada gaya 180,9 kN sedangkan hasil eksperimental terjadi pada pembebanan sebesar 157,04 kN. Pengujian siklik menunjukkan adanya peningkatan kapasitas geser sebesar 7% dari hasil analisis pushover.

Kata Kunci

Coupling Beam Disipasi Energi Gempa Link Geser Pushover Siklik Coupling Beam Disipasi Energi Gempa Link Geser Pushover Siklik

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
I. N. . Rachma dan E. Walujodjati, “Perbandingan Pushover dan Pengujian Siklik pada Coupling Beam dan Link Geser dalam Struktur Baja”, Jurnal Konstruksi, vol. 21, no. 2, hlm. 166–174, Okt 2023.

References

    [1] American Institute of Steel Construction (2010) “Specification for Structural Steel Buildings (AISC 360-10)”. AISC, Illinois.
    [2] Annual Book of ASTM Standard (2013) “Standard Test Method for Tension Testing of Matelic Materials (ASTM E8/E8M-13a)”. ASTM International, West Conshohocken, PA, United States.
    [3] Badan Standardisasi Nasional (1998) “Batang Uji Tarik Untuk Bahan Logam (SNI 07-0371-1998)”. BSN, Jakarta.
    [4] Federal Emergency Management Agency (2000) “Prestandard and Commentary for the Seismic Rehabilitation of Buildings (FEMA 356)”. FEMA, Washington D. C.
    [5] Moestopo, M. et al. (2022) “Kajian Numerik dan Eksperimental pada Struktur Core Rangka Baja dengan Balok Perangkai dan Link yang Dapat Diganti”, Jurnal Teknik Sipil, Vol. 29 No. 1, April 2022