Isi Artikel Utama

Abstrak

Bundaran tiga lengan di kawasan padat penduduk dan lalu lintas ini berfungsi sebagai penghubung jalan provinsi yang sering mengalami kemacetan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kinerja bundaran pada kondisi eksisting dan proyeksi 10 tahun mendatang. Metode yang digunakan bersifat kuantitatif melalui survei lapangan selama tiga minggu pada hari Minggu dan Senin pukul 07.00–17.00 WIB. Analisis mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 untuk menentukan kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrean. Hasil menunjukkan bahwa saat ini tingkat pelayanan berada pada kategori B dengan tundaan rata-rata 8 detik/smp dan peluang antrean 39–78%. Dalam proyeksi 10 tahun mendatang, terjadi penurunan tingkat pelayanan menjadi kategori C dengan tundaan rata-rata 10 detik/smp dan peluang antrean meningkat hingga 97%. Hasil ini menunjukkan bahwa bundaran akan mengalami penurunan kinerja di masa depan, sehingga perlu dipertimbangkan modifikasi geometrik atau pengelolaan lalu lintas yang lebih baik untuk mempertahankan kelancaran arus kendaraan.

Kata Kunci

Bundaran Derajat kejenuhan Jalinan Peluang antrean Tundaan

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
P. Septiana dan A. Zhafirah, “Prediksi Kinerja Bundaran Tiga Lengan”, Jurnal Konstruksi, vol. 23, no. 1, hlm. 166–167, Mei 2025.

References

  1. K. GARUT, “PERDA NO 5 TAHUN 2021,” 2021.
  2. “Analisis Kinerja Bundaran Jombor, Yogyakarta (The Analysis Of Roundabout Performance In Jombor, Yogyakarta).”
  3. G. Memperoleh and S. A. Madya, “PENINGKATAN KINERJA SIMPANG TIGA PUCUK KABUPATEN LAMONGAN KERTAS KERJA WAJIB Diajukan Dalam Rangka Penyelesaian Program Studi Diploma III Manajemen Transportasi Jalan.”
  4. Y. Kusuma, T. Bahlawan, K. Kunci, and : Simpang, Studi Evaluasi Simpang Tiga, Roundabout dan Bundaran Cibeureum, Kota Bandung. 2021.
  5. D. lSI BABl PENDAHULUAN BAB et al., “• MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA MANUAL PROGRAM KAJI.”
  6. V. H. Wuwung, J. E. Waani, and F. Jansen, “Tinjauan Kinerja Bundaran Tiga Lengan Dengan Simulasi Karakteristik Arus Lalu Lintas Pada Bundaran Patung Tololiu Kota Tomohon,” Jurnal Ilmiah Media Engineering, vol. 8, no. 2, p. 1108, 2020.
  7. S. Anjarwati and K. Noor Aziz, “Analisis Derajat Kejenuhan Simpang Tiga Lengan Jalan Raya Pasar Patikraja Analysis Level Of Saturation 3-Way Junction Of Patikraja Market Highway,” Hal, vol. 1, no. 2, 2020,
  8. V. V. Datu, A. L. E. Rumayar, and L. I. R. Lefrandt, “Analisis Simpang Tak Bersinyal Dengan Bundaran (Studi Kasus: Bundaran Tugu Tololiu Tomohon),” Jurnal Sipil Statik, vol. 6, no. Juni, pp. 423–430, 2020.
  9. W. Arya Dinata and K. Erwan, “Analisis Kinerja Simpang Tiga Pada Jalan Komyos Sudarso-Jalan Umuthalib Kota Pontianak,” 2020.
  10. A. Steen, “Analisis Kinerja Simpang Tiga Lengan,” 2021.
  11. R. Puja N, “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal dengan Bundaran,” 2022.
  12. S. Direktorat Jenderal Bina Marga, P. Direktur di Direktorat Jenderal Bina Marga, P. Kepala Balai Besar, B. Pelaksanaan Jalan Nasional di Direktorat Jenderal Bina Marga, and P. Kepala Satuan Kerja di Direktorat Jenderal Bina Marga, “D I R E K T O R A T J E N D E R A L B I N A M A R G A.”