Isi Artikel Utama
Abstrak
Jalan Nasional Anyer-Cilegon merupakan ruas vital yang mengalami kepadatan tinggi akibat aktivitas kendaraan yang sering berhenti di badan jalan, dipicu oleh penggunaan trotoar dan bahu jalan sebagai area parkir serta lokasi berjualan pedagang kaki lima. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif melalui survei lapangan langsung untuk mengumpulkan data primer terkait kapasitas jalan, volume lalu lintas, hambatan samping, kecepatan kendaraan, dan biaya operasional kendaraan (BOK) dengan mengacu pada metode MKJI 1997. Hasil penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kinerja lalu lintas terhadap biaya operasional kendaraan menggunakan metode MKJI 1997. Hasil menunjukkan bahwa tingkat pelayanan jalan berada pada kategori C-D, dengan implementasi solusi alternatif berhasil mengurangi biaya operasional sebesar Rp7,9 juta. Meskipun pengurangan ini tidak signifikan secara nominal, strategi tersebut efektif meminimalkan pemborosan bahan bakar (BBM) dan biaya suku cadang, mencerminkan optimasi efisiensi operasional.Temuan ini menggarisbawahi pentingnya intervensi tata kelola lalu lintas, seperti relokasi aktivitas parkir liar dan penertiban pedagang kaki lima, untuk meningkatkan tingkat pelayanan jalan. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi integrasi teknologi smart parking dan pelebaran ruang lalu lintas guna mengatasi akar masalah kemacetan di koridor strategis ini.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
- A. Y. Vyolitas, "Analisa Kinerja Lalu Lintas Segmen Ruas Jalan Urip Sumoharjo Kota Surabaya," Jurnal Teknik Sipil, Surabaya, 2020.
- Badan Pusat Statistik. (2021). Tingkat kepadatan penduduk wilayah Kota Serang 2021. Serang.
- Bina Marga. (1997). Manual kapasitas jalan Indonesia (MKJI). Jakarta.
- Gunawan, S., & Cahyo, A. (2015). Perhitungan biaya operasional kendaraan dengan rumus PCI model. Jurnal Transportasi.
- Indra, C., et al. (2015). Perbandingan estimasi waktu perjalanan dari instantaneous model dan time slice model dengan waktu perjalanan dari metode kendaraan bergerak. E-Jurnal Matriks Teknik Sipil.
- Kementerian PUPR. (2021). Panduan penanganan kemacetan perkotaan berbasis analisis BOK. Direktorat Jenderal Bina Marga.
- Kusuma, I. R. (2011). Pengaruh hambatan samping terhadap kinerja segmen jalan. Jurnal Teknik Sipil, Serang.
- Nurhayati, L., et al. (2020). Evaluasi dampak pembangunan tol terhadap penurunan biaya operasional kendaraan di wilayah metropolitan Surabaya. Jurnal Transportasi Berkelanjutan, 5(2), 89–104.
- PCI. (1987). Pacific consultant international model. PT. Bina Marga.
- Permana, S., et al. (2016). Pengaruh hambatan samping terhadap kinerja biaya operasional kendaraan dan biaya kemacetan jalan Gatot Subroto Kota Malang. Jurnal Tata Kota dan Daerah, 8(1).
- Prawira, R., et al. (2022). Analisis kemacetan dan biaya operasional kendaraan di koridor Jalan Thamrin, Jakarta menggunakan MKJI 1997. Jurnal Rekayasa Infrastruktur, 10(3), 45–58.
- Raijul, H., et al. (2017). Analisa waktu tempuh kendaraan bermotor dengan metode estimasi instantaneous model. JOM FTEKNIK, 4(2).
- Septianysah, M. (2018). Analisa kinerja ruas jalan Medan Merdeka Barat. Jurnal Teknik Sipil, DKI Jakarta.
- Subandrio, E., et al. (2014). Analisis perbandingan biaya operasional kendaraan (BOK) jalan lingkar Ambarawa dan jalan eksisting. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(2).
- Vyolitas, A. Y. (2020). Analisa kinerja lalu lintas segmen ruas jalan Urip Sumoharjo Kota Surabaya. Jurnal Teknik Sipil, Surabaya.
- Wijaya, D., & Santoso, T. (2023). Optimasi kinerja jalan arteri dengan integrasi MKJI dan simulasi mikroskopis (studi kasus: Jalan Diponegoro, Bandung). Jurnal Teknik Sipil ITB, 15(1), 22–37.
References
A. Y. Vyolitas, "Analisa Kinerja Lalu Lintas Segmen Ruas Jalan Urip Sumoharjo Kota Surabaya," Jurnal Teknik Sipil, Surabaya, 2020.
Badan Pusat Statistik. (2021). Tingkat kepadatan penduduk wilayah Kota Serang 2021. Serang.
Bina Marga. (1997). Manual kapasitas jalan Indonesia (MKJI). Jakarta.
Gunawan, S., & Cahyo, A. (2015). Perhitungan biaya operasional kendaraan dengan rumus PCI model. Jurnal Transportasi.
Indra, C., et al. (2015). Perbandingan estimasi waktu perjalanan dari instantaneous model dan time slice model dengan waktu perjalanan dari metode kendaraan bergerak. E-Jurnal Matriks Teknik Sipil.
Kementerian PUPR. (2021). Panduan penanganan kemacetan perkotaan berbasis analisis BOK. Direktorat Jenderal Bina Marga.
Kusuma, I. R. (2011). Pengaruh hambatan samping terhadap kinerja segmen jalan. Jurnal Teknik Sipil, Serang.
Nurhayati, L., et al. (2020). Evaluasi dampak pembangunan tol terhadap penurunan biaya operasional kendaraan di wilayah metropolitan Surabaya. Jurnal Transportasi Berkelanjutan, 5(2), 89–104.
PCI. (1987). Pacific consultant international model. PT. Bina Marga.
Permana, S., et al. (2016). Pengaruh hambatan samping terhadap kinerja biaya operasional kendaraan dan biaya kemacetan jalan Gatot Subroto Kota Malang. Jurnal Tata Kota dan Daerah, 8(1).
Prawira, R., et al. (2022). Analisis kemacetan dan biaya operasional kendaraan di koridor Jalan Thamrin, Jakarta menggunakan MKJI 1997. Jurnal Rekayasa Infrastruktur, 10(3), 45–58.
Raijul, H., et al. (2017). Analisa waktu tempuh kendaraan bermotor dengan metode estimasi instantaneous model. JOM FTEKNIK, 4(2).
Septianysah, M. (2018). Analisa kinerja ruas jalan Medan Merdeka Barat. Jurnal Teknik Sipil, DKI Jakarta.
Subandrio, E., et al. (2014). Analisis perbandingan biaya operasional kendaraan (BOK) jalan lingkar Ambarawa dan jalan eksisting. Jurnal Karya Teknik Sipil, 3(2).
Vyolitas, A. Y. (2020). Analisa kinerja lalu lintas segmen ruas jalan Urip Sumoharjo Kota Surabaya. Jurnal Teknik Sipil, Surabaya.
Wijaya, D., & Santoso, T. (2023). Optimasi kinerja jalan arteri dengan integrasi MKJI dan simulasi mikroskopis (studi kasus: Jalan Diponegoro, Bandung). Jurnal Teknik Sipil ITB, 15(1), 22–37.