Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemilihan moda transportasi online (Grab, Go-Jek, dan Maxim) berdasarkan variabel kualitas layanan yang terdiri dari biaya, kemudahan akses, waktu tunggu, keamanan, dan kenyamanan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan dua jenis analisis yakni analisis logit biner dan analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui angket yang didistribusikan kepada 100 responden di Kota Parepare. Berdasarkan analisis logit biner, peluang terpilihnya moda grab lebih tinggi dibandingkan Maxim dan Go-Jek diatas 50%, sementara Maxim dan Gojek hanya memiliki peluang terpilih yang tidak lebih dari 30%. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, variabel biaya, kemudahan akses, waktu tunggu, keamanan, dan kenyaman memiliki pengaruh signifikan yang tinggi dibawah 0.01 dengan koefisien determinasi mencapai 85,90%. Penelitian ini berkontribusi terhadap strategi pengembangan dan perencanaan moda transportasi online untuk wilayah urban menengah seperti Kota Parepare.

Kata Kunci

Akses Biaya Keamanan Moda Transportasi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
H. Harfian, H. Hamka, dan H. Widarto, “Preferensi Pemilihan Moda Transportasi Online Berdasarkan Kualitas Layanan di Wilayah Perkotaan”, Jurnal Konstruksi, vol. 23, no. 1, hlm. 76–86, Mei 2025.

References

  1. M. Tombokan and M. S. Donny, “Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online Dan Angkutan Konvensioal Di Pakuwon Mall Surabaya,” in Seminar Nasional Ilmu Terapan V, 2021.
  2. N. Andresta, R. Sulistiyorini, and S. Putra, “Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online dan Angkutan Konvensional,” JRSDD, vol. 6, no. 4, pp. 399–410, 2018.
  3. J. Bastiaanssen, D. Johnson, and K. Lucas, “Does transport help people to gain employment? A systematic review and meta-analysis of the empirical evidence,” Transp Rev, vol. 40, no. 5, pp. 607–628, Sep. 2020, doi: 10.1080/01441647.2020.1747569.
  4. W. Wibisono and M. H. Holili, “Pengaruh Kehadiran Ojek Online Terhadap Kepuasan Pelanggan Online Dan Daya Serap Pengangguran Di Masyarakat Banyumas,” Jurnal Mahasiswa, vol. 4, no. 2, pp. 51–69, 2022.
  5. Z. Zulfansyah and I. G. S. Nasution, “Dampak Ojek Online (Go-Jek) Terhadap Kesempatan Kerja dan Pendapatan Mitra Ojek Online (Go-Jek) di Kota Medan,” in LWSA Conference Series 6, 2023, pp. 111–115. doi: 10.32734/lwsa.v6i1.1681.
  6. P. Fakhriyah, “Pengaruh Layanan Transportasi Online (Gojek) Terhadap Perluasan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat Di Kota Cimahi,” Jurnal Com-Edu, vol. 3, no. 1, pp. 34–41, 2020.
  7. R. D. R. Graha, F. B. Saputra, and D. W. M. Putra, “Pengaruh Perkembangan Ojek Online terhadap Peningkatan Ekonomi UMKM di Kecematan Sumbersari, Kabupaten Jember,” Akademik: Jurnal Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 617–630, 2024.
  8. R. Darmaputra, R. Hidayat, J. Nurjana, W. R. Bulan, Y. Widianingsih, and R. Manolu, “Dampak Profesi Ojek Online Bagi Perekonomian Driver Ojek Online,” Jurnal Manajemen Riset Inovasi, vol. 2, no. 1, pp. 139–150, Dec. 2023, doi: 10.55606/mri.v2i1.2202.
  9. R. M. Supit, S. Y. R. Rompis, and L. I. R. Lefrandt, “Model Pemilihan Moda Transportasi Online di Kota Manado,” Jurnal Sipil Statik, vol. 7, no. 1, pp. 35–48, 2019.
  10. D. Darmawan, D. Suhardi, and Z. Jufri, “Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Terhadap Transportasi Online Grab Di Kota Parepare,” Cateris Paribus Journal , vol. 2, no. 1, pp. 32–37, 2022.
  11. T. Zulkarnain, “Pola Komunikasi Driver Ojek Online Dan Konsumen Di Kota Parepare,” Undegraduate Thesis, Institut Agama Islam Negeri Parepare, Parepare, 2022.
  12. T. Maheshwari and K. W. Axhausen, “How will the technological shift in transportation impact cities? A review of quantitative studies on the impacts of new transportation technologies,” Mar. 02, 2021, MDPI AG. doi: 10.3390/su13063013.
  13. J. B. Sobieralski, “Transportation infrastructure and employment: Are all investments created equal?,” Research in Transportation Economics, vol. 88, Sep. 2021, doi: 10.1016/j.retrec.2020.100927.
  14. M. A. Nuh, S. Maryam H, and M. T. Syarkawi, “Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online dan Angkutan Kota bagi Pegawai Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional,” Konstruksi: Teknik, Infrastruktur, dan Sains, vol. 1, no. 2, pp. 21–28, 2022.
  15. S. A. Hardiyanti and Y. Ulfiyati, “Analisis Pemilihan Moda Transportasi Konvensional Dan Online Di Banyuwangi,” JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, pp. 37–44, 2021.
  16. P. Aprilia, L. I. R. Lefrandt, and S. V Pandey, “Analisa Pemilihan Moda Transportasi di Tondano,” TEKNO, vol. 19, no. 79, pp. 219–228, 2021.
  17. A. H. Rizal, T. P. Bani, D. A. T. Sina, and A. Kumalawati, “Pemilihan Moda Transportasi Umum dan Transportasi Online di Kabupaten Kupang,” Warta Ardhia, vol. 49, no. 2, pp. 60–68, Feb. 2024, doi: 10.25104/wa.v49i2.548.60-68.
  18. P. Sakti, V. G. S. Evadelvia, and A. Prianto, “Analisis Pemilihan Moda Transportasi Online dan Angkutan Konvensional di Kota Kediri,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 4, no. 1, pp. 1091–1098, 2024.
  19. H. R. Na’im and W. Wiyadi, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online (Gojek),” Jurnal Lentera Bisnis, vol. 13, no. 3, pp. 1789–1805, Sep. 2024, doi: 10.34127/jrlab.v13i3.1223.
  20. A. Aziah and P. R. Adawia, “Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia),” Cakrawala, vol. 18, no. 2, pp. 149–156, 2018, doi: 10.31294/jc.v18i2.
  21. A. P. Risandra, A. Nurdin, and Y. M. Said, “Persepsi Masyarakat terhadap Penggunaan Transportasi Online Grab di Kota Jambi,” Jurnal Talenta Sipil, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, Feb. 2023, doi: 10.33087/talentasipil.v6i1.207.
  22. M. Maranatha, M. Audie, L. E. Rumayar, and L. Jefferson, “Model Pemilihan Moda Angkutan Umum Dan Transportasi Online Di Kota Tomohon (Studi Kasus: Pelajar Di Kota Tomohon),” Jurnal Sipil Statik, vol. 8, no. 6, pp. 911–924, 2020.
  23. Rizky Ilham Ramadhan Prayogi and Nurani Hartatik, “Analisis Layanan Transportasi Online Sebagai Pilihan Moda Transportasi Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya,” Student Scientific Creativity Journal, vol. 1, no. 4, pp. 51–70, Jun. 2023, doi: 10.55606/sscj-amik.v1i4.1551.
  24. M. Rizki, D. Prasetyanto, A. Maulana, and O. Purwanti, “Analisis Aspek Keselamatan Dan Keamanan Ojek Online Berdasarkan Presepsi Pengguna Muda Di Kota Bandung,” in Konteks - Konfrensi Nasional Teknik Sipil Ke-44, 2020, pp. 637–645.
  25. M. Ramanda Fichan and V. Tiara Narundana, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Keamanan, Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Ojek Online di Bandar Lampung,” SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, vol. 1, no. 3, pp. 635–644, Sep. 2022, doi: 10.54443/sinomika.v1i3.328.
  26. N. Rizkawati, E. Rachmawati, and A. A. Wijayanti, “Analisis Kepercayaan, Kenyamanan Dan Kemudahan Pelanggan Gojek Online Di Kota Malang,” PRAGMATIS - Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 78–89, 2022.
  27. N. K. S. Diantari, I. W. Suartina, and L. N. Oktarini, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online (Studi Pada Pelanggan Go-Jek Di Denpasar Barat),” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, vol. 1, no. 4, pp. 1321–1329, 2021.