Isi Artikel Utama

Abstrak

Jalan Tol Cisumdawu  merupakan salah satu proyek strategis nasional yang menghubungkan daerah Cileunyi-Sumedang dan Cirebon daerah Dawuan. Pada Jalan Akses Rancakalong Sta. 0+675 – 0+775 yang merupakan rangkaian pembangunan jalan tol Cisumdawu, berada pada tata guna lahan palawija dan dalam arah memanjang jalan lokasi ini merupakan daerah cekungan. Namun merujuk pada gambar desain konstruksi pada Sta. 0+675 – 0+700 merupakan daerah timbunan cukup tinggi dan tanpa perkuatan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui stabilitas desain timbunan berdasarkan faktor keamanan dari timbunan menggunakan metode elemen hingga. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini didapatkan pada kaki timbunan sebelah kiri diperkuat dengan kombinasi bored pile dengan dinding beton kantilever sedangkan pada kaki timbunan sebelah kanan diperkuat dengan kombinasi bored pile dengan gabion. Dengan perkuatan timbunan tersebut didapatkan nilai faktor keamanan timbunan sebesar 1.38.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Yogaswara, “Penanganan Tanah Lunak pada Timbunan Tinggi di Area Akses Rancakalong Sta. 0+675 – Sta. 0+775 Jalan Tol Cisumdawu”, Jurnal Konstruksi, vol. 18, no. 2, hlm. 93–100, Feb 2021.

References

  1. Delf University Of Technology & Plaxis B.V, “Manual Rujukan Plaxis V8.†Plaxis B.V., Holland, 2007.
  2. Departemen Pekerjaan Umum, “Buku 3 : Pedoman Penyelidikan Dan Pengujian Tanah Dasar Untuk Pekerjaan Jalan.†Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta, 2006.
  3. Departemen Pekerjaan Umum, “Pekerjaan Tanah Dasar Buku 2 Pedoman Pekerjaan Tanah Dasar Untuk Pekerjaan Jalan.†Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta, 2006.
  4. Departemen Permukiman Dan Prasarana Wilayah, “Panduan Geoteknik 1 - 4.†Wsp International, Jakarta, 2002.
  5. D. Panguriseng, Buku Ajar Stabilitas Tanah. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar, 2001.
  6. N. Yuniarto, Muhrozi, and B. Priyatno, “Pengaruh Beban Pelakasanaan Terhadap Kestabilan Timbunan Diatas Tanah Lunak,†J. PILAR, vol. 12, no. 1, pp. 30–38, 2003.
  7. P. T. K. Sari and Y. Lastiasih, “A General Formulation To Describe The Empirical Prediction Of The Critical Area Of A Landslide,†J. Eng. Sci. Technol., vol. 13, no. 8, pp. 2379–3394, 2018.
  8. P. A. Tay, F. S. Adi, D. Tjandra, and P. S. Wulandari, “Analisa Perkuatan Geotektile Pada Timbunan Konstruksi Jalan Menggunakan Plaxis 2d,†J. Tek. Sipil Univ. Kristen Petra, pp. 1–8, 2008.