Isi Artikel Utama

Abstrak

Jembatan Cimanuk Maktal merupakan salah satu prasana untuk dilewati orang dan transfortasi  yang melewati sungai Cimanuk. Jembatan ini merupakan konstruksi baru sehingga perlu pengecekan terhadap nilai kapasitan yang dimiliki jembatan tersebut. Jembatan Cimanuk Maktal merupakan jembatan balok prategang tipe-I. Peneliti melakukan analisa perhitungan pada eksisting jembatan menggunakan metode rating factor (RF) pada saat inventory dan operating. Untuk perhitungan rating factor mengacu pada Pedoman Penentuan Nilai Kapasitas Jembatan dari Dirjen Bina Marga, dan untuk perhitungan analisa penampang dipandu dari Perencanaan Struktur Beton Jembatan dari RSNI-12-2004. Dari penelitian tersebut didapat bahwa jembatan tersebut dapat dikatakan aman dan sudah layak digunakan, karena nilai kapasitas yang didapat dari analisa perhitungan melebihi dari nilai kapasitas ijin. Dimana, nilai RF  berdasarkan Inventory akibat momen 1,7 > 1 dan akibat gaya geser 1,3 > 1. Juga nilai RF  berdasarkan Operating akibat momen 2,02 > 1 dan akibat gaya geser 1,9 > 1.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
N. Iqbaliah, R. Roestaman, dan E. Walujodjati, “Analisis Nilai Kapasitas Beton Prategang Tipe-I Jembatan Cimanuk Maktal”, Jurnal Konstruksi, vol. 19, no. 1, hlm. 11–21, Agu 2021.

References

  1. SNI 1725, Ed., Pembebanan Untuk Jembatan. Jakarta: BSN, 2016.
  2. B. s Munohar, Jembatan, 1st ed. Yogyakarta: ISBN 979-8541-17-0., 2007.
  3. E. Ambarwati, “Penilaian Kondisi Struktur Atas Jembatan Gelagar Baja Komposit Pascabanjir (studi kasus : Jembatan Keduang, Kabupaten Wonogiri),†Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2008.
  4. Nawy, Betin Prateg'ang Suatu' Pendeka'tan Mendas'ar Jilid I, 1st ed. Jakarta: Erlangga, 2001.
  5. Badan standarisasi nasional, SNI T-02-2005 standar pembebanan untuk jembatan,. Jakarta, 2005.