Isi Artikel Utama
Abstrak
Seiring berjalannya waktu di Garut Kota sering terjadi kemacetan lalu lintas. Salah satu titik kemacetan yang ada di Garut terjadi di Bundaran Simpang Lima yaitu pada ruas Jl. Otto Iskandardinata, Jl. Terusan Pembangunan, Jl. Cimanuk, Jl. Pembangunan dan Jl. Patriot. Tujuan penelitian dari ini untk menganalisis knerja bundaran, mengetahui volume lalu lintas tertinggi serta memberikan solusi terhadap kemacetan di Bundaran Simpang Lima Garut. Pengumpulan data dilakukan dengn survei langsung lapangan pada ke 5 pendekat selama 3 minggu per 3 hari pada pukul 06.OO WIB – 18.OO WIB. Analisis kinerja bundaran dilakukan dengan metode pendekatan kuantitatif merujuk pada MKJI (1997) dan PKJI (2014). Hasil kinerja bundaran pada Bundaran Simpang Lima memiliki nilai kapasitas jalinan terbesar sebesar 124990 smp/jam yaitu pada jalinan CD (Jl. Cimanuk), nilai tundaan rata-rata bundaran sebesar 5,5 det/smp, sedangkan untuk derajat kejenuhan terbesar yaitu pada jalinan DE (Jl. Pembangunan) di Bundaran Simpang Lima sebesar 0,77 dimana pengemudi memiliki keterbatasan untuk memilih kecepatan, pindahl ajur dan mendahului. Volume tertinggi yaitu pada jalinan AB (Jl. Otista) sebesar 17687 smp/jam. Dalam mengatasi kemacetan di Bundaran Simpang Lima pemerintah daerah harus tetap siaga untuk mempersiapkan melakukan manajemen lalu lintas pada jalinan yang sudah mulai mengalami kepadatan lalu lintas seperti pelebaran jalan dan hambatan samping (menyediakan tempat parkir khusus) agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas di bahu jalan yang memang menyebabkan terjadinya kemacetan.
Kata Kunci
Rincian Artikel
References
- Y. P. N. Sari, “ANALISIS PENYEBAB KEMACETAN JALAN DI PUSAT KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Kemacetan Pada Jalan Kota Raja–Jalan Raden Intan),†2016.
- D. B. Prakoso, S. Sutoyo, and T. Sudibyo, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Pahlawan – Raden Saleh Sarif Bustaman di Bogor Jawa Barat,†J. Tek. Sipil dan Lingkung., 2019, doi: 10.29244/jsil.4.2.135-148.
- A. Abdurrahim and S. Sukarno, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Gomong Mataram Ber-Dasarkan Pada Mkji Dan Kaji 1997,†J. Tek. Sipil, 2019.
- S. H. Kristanto, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal, Studi Kasus Simpang Bangak di Kabupaten Boyolali,†Univ. Muhammadiyah, 2013.
- E. A. Prayitno, Z. Abidin, and M. Huda, “Analisis Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Raya Nginden - Jl. Raya Panjang Jiwo Menggunakan PKJI 2014,†Ge-STRAM J. Perenc. dan Rekayasa Sipil, 2019, doi: 10.25139/jprs.v2i1.1491.
- R. E. Pradipta, T. Purba, Y. I. W. Y. I. Wicaksono, and A. k Idriastuti, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Dan Flyover Di Bundaran Kalibanteng,†J. Karya Tek. Sipil, 2017.
- Y. U. Yagu and T. Taufikkurrahman, “EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL 3 KAKI PADA SIMPANG JL. S. SUPRIADI-JL. KLAYATAN 3,†Sist. J. Ilmu Ilmu Tek., 2019, doi: 10.37303/sistem.v15i3.178.
- P. W. Sulistya, R. Nurrianti, B. Pudjianto, and A. K. Indriastuti, “Evaluasi Kinerja Simpang Bundaran Soedarto Dan Usulan Alternatif Pemecahannya,†J. KARYA Tek. SIPIL, vol. 3, no. 1, pp. 312–322, 2014.
- M. H. Budi, A. Wicaksono, and M. R. Anwar, “Evaluasi kinerja simpang tidak bersinyal jalan raya mengkreng kabupaten jombang,†J. Rekayasa Sipil, 2014.
- W. I. Dharmawan and H. Syahroni, “ANALISA KINERJA BUNDARAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI)(SUDI KASUS: BUNDARAN RADIN INTEN BANDAR LAMPUNG),†Konstruksia, vol. 7, no. 2, 2016.
- S. S. Mamentu, L. I. . Lefrand, and J. A. Timboeleng, “Evaluasi Penerapan Area Traffic Control System (ATCS) Pada Simpang Bersinyal ( Studi Kasus : Persimpangan Teling ),†J. Sipil Statik, 2019.
- A. R. Yuliani, F. T. Mulyaningrum, Y. I. Wicaksono, and S. Supriyono, “Evaluasi Kinerja Operasional Dan Usaha Penanganan Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Ring Road Utara–Jalan Kaliurang, Sleman, Di YOGYAKARTA,†J. KARYA Tek. SIPIL, vol. 2, no. 2, pp. 175–183, 2013.
References
Y. P. N. Sari, “ANALISIS PENYEBAB KEMACETAN JALAN DI PUSAT KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Kemacetan Pada Jalan Kota Raja–Jalan Raden Intan),†2016.
D. B. Prakoso, S. Sutoyo, and T. Sudibyo, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Pahlawan – Raden Saleh Sarif Bustaman di Bogor Jawa Barat,†J. Tek. Sipil dan Lingkung., 2019, doi: 10.29244/jsil.4.2.135-148.
A. Abdurrahim and S. Sukarno, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Gomong Mataram Ber-Dasarkan Pada Mkji Dan Kaji 1997,†J. Tek. Sipil, 2019.
S. H. Kristanto, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal, Studi Kasus Simpang Bangak di Kabupaten Boyolali,†Univ. Muhammadiyah, 2013.
E. A. Prayitno, Z. Abidin, and M. Huda, “Analisis Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Raya Nginden - Jl. Raya Panjang Jiwo Menggunakan PKJI 2014,†Ge-STRAM J. Perenc. dan Rekayasa Sipil, 2019, doi: 10.25139/jprs.v2i1.1491.
R. E. Pradipta, T. Purba, Y. I. W. Y. I. Wicaksono, and A. k Idriastuti, “Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Dan Flyover Di Bundaran Kalibanteng,†J. Karya Tek. Sipil, 2017.
Y. U. Yagu and T. Taufikkurrahman, “EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL 3 KAKI PADA SIMPANG JL. S. SUPRIADI-JL. KLAYATAN 3,†Sist. J. Ilmu Ilmu Tek., 2019, doi: 10.37303/sistem.v15i3.178.
P. W. Sulistya, R. Nurrianti, B. Pudjianto, and A. K. Indriastuti, “Evaluasi Kinerja Simpang Bundaran Soedarto Dan Usulan Alternatif Pemecahannya,†J. KARYA Tek. SIPIL, vol. 3, no. 1, pp. 312–322, 2014.
M. H. Budi, A. Wicaksono, and M. R. Anwar, “Evaluasi kinerja simpang tidak bersinyal jalan raya mengkreng kabupaten jombang,†J. Rekayasa Sipil, 2014.
W. I. Dharmawan and H. Syahroni, “ANALISA KINERJA BUNDARAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI)(SUDI KASUS: BUNDARAN RADIN INTEN BANDAR LAMPUNG),†Konstruksia, vol. 7, no. 2, 2016.
S. S. Mamentu, L. I. . Lefrand, and J. A. Timboeleng, “Evaluasi Penerapan Area Traffic Control System (ATCS) Pada Simpang Bersinyal ( Studi Kasus : Persimpangan Teling ),†J. Sipil Statik, 2019.
A. R. Yuliani, F. T. Mulyaningrum, Y. I. Wicaksono, and S. Supriyono, “Evaluasi Kinerja Operasional Dan Usaha Penanganan Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Ring Road Utara–Jalan Kaliurang, Sleman, Di YOGYAKARTA,†J. KARYA Tek. SIPIL, vol. 2, no. 2, pp. 175–183, 2013.