Isi Artikel Utama

Abstrak

Dalam setiap pembangunan jalan, kualitas kontruksi jalan sangat di pengaruhi oleh proses perencanaan, proses pelelangan dan pelaksanaan kontruksi serta pemakaian berbagai macam sumberdaya. Pembangunan kontruksi jalan yang tidak efisisen akan mengakibatkan pemborosan, di lain pihak masih terdapat rendahnya kualitas jalan. Penyusunan skripsi ini betujuan mengidentifikasi, faktor yang mempengaruhi kualits proyek kontruksi jalan sehingga umur rencana jalan tidak tercapai, yang terjadi pada proyek kontruksi jalan di Kabupaten Garut.Tahapan dalam penelitian ini dimulai dengan identifikasi factor yang dapat mempengaruhi kualitas proyek kontruksi jalan. Analytical Hierarchy Process (AHP) yaitu metode yang di pakai. Dengan hasil yang didapatkan yaitu 36 sub kriteria dari 5 kriteria kualitas proyek kontruksi jalan yang terjadi di Kabupaten Garut. Dari 5 kriteria yang di teliti, ternyata memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas proyek kontruksi jalan di Kabupaten Garut. Faktor dominan yang mempengaruhi kualitas proyek kontruksi jalan adalah perencanaan dengan indicator-indikator seperti survey, studi lingkungan, desain, jenis pekerjaan, kualitas perencanaan, perubahan desain, waktu desain, persetujuan desain dan geograf.

Kata Kunci

Analytical Hierarchy Process Kualitas Konstruksi Proyek Kontruksi Analytical Hierarchy Process Kualitas Konstruksi Proyek Kontruksi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. Supian dan G. J. Johari, “Faktor yang Mempengaruhi Terhadap Kualitas Proyek Kontruksi Jalan di Kabupaten Garut”, Jurnal Konstruksi, vol. 19, no. 1, hlm. 109–117, Des 2021.

References

  1. M. M. Tripoli Tripoli, Nurisra Nurisra, “ANALISIS KEBUTUHAN TULANGAN PELAT LANTAI BETON BERTULANG PADA KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG,” 2017.
  2. F. K. Paerah, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Mutu Proyek Konstruksi Di Kota Gorontalo,” Universitas Negeri Gorontalo, 2016.
  3. G. J. Johari, “Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Kontraktor Kecil pada Industri Konstruksi di Jawa Barat,” Universitas Parahyangan Bandung, 2019.
  4. J. E. Latupeirissa, Metode Perencanaan Evaluasi dan Pengendalian Pelaksanaan Proyek Kontruksi. Yogyakarta: Andi Offset, 2016.
  5. I. Soeharto, Manajemen Proyek dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga, 1995.