Isi Artikel Utama

Abstrak

Pada tahun 2019 dinas PU melaksanakan pembangunan Rumah Susun Jawa Barat 2 TA. 2019 Universitas Garut, pada proses pelaksaan proyek gedung tersebut banyak hambatan dan kendala yang terjadi salah satunya adalah keterlambatan dalam menyelesaikan proyek. Pada pelaksanaannya proyek tersebut mengalami kemunduran jadwal pelaksanaan karena faktor tertentu. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah menganalisa penyimpangan jadwal dan biaya pada proyek Rumah Susun Jawa Barat 2 TA. 2019 Universitas Garut dan menganalisa waktu yang diperlukan untuk menyelasaikan proyek Rumah Susun Jawa Barat 2 TA. 2019 Universitas Garut. Analisis deskriptif diambil dari data sekunder yang didapatkan langsung dari objek penelitian melalui wawancara terbuka, dimana akan dilakukan analisa lalu dihubungkan dengan hasil analisis kuantitatif dengan konsep earned value untuk menguatkan hasil penelitian. Dari hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai BCWS berada di atas nilai BCWP pada minggu ke-1 sampai minggu ke-12 hal tersebut menunjukan indikator nilai hasil dari sudut pandang nilai pekerjaan tidak sama dengan jadwal kegiatan yg direncanakan pada minggu ke-4,5,7,8, dan 12 bahwa nilai BCWP telah tertinggal dibandingkan dengan nilai BCWS, yang berarti terdapat beberapa kegiatan yang belum dikerjakan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Sedangkan untuk penyimpangan jadwal dan biaya berdasarkan hasil analisis SV (Schedule Varians) menunjukan tanda negatif (-) sedangkan CV (Cost Varians) menunjukan hasil positif (+) artinya pekerjaan selesai terlambat namun anggaran yang keluar sesuai dengan anggaran yang direncanakan. Kinerja Proyek (SPI) dan Cost Performance Indeks (CPI) menggunakan elemen nilai hasil menunjukan bahwa proyek tersebut masih untung meskipun terjadi keterlambatan. Analisa Estimation Temporary Schedule (ETS) menunjukan bahwa pada minggu ke-1 sampai minggu ke-12 indeks jadwal proyek sangat buruk karena SPI belum mencapai angka 1 (<1), hal tersebut memperlihatkan kinerja proyek saat pelaksanaan proyek tidak baik. Sehingga perkiraan waktu total proyek adalah 33 minggu karena banyak bobot aktual jauh dengan bobot rencana.

Kata Kunci

BCWP BCWS CV ETS SPI

Rincian Artikel

Referensi

[1] B. Susanti, M. Melisah, and I. Juliantina, “Penerapan Konsep Earned Value Pada Proyek Konstruksi Jalan Tol (Studi Kasus Ruas Jalan Tol Kayuagung - Palembang -Betung),” J. Rekayasa Sipil, 2019, doi: 10.25077/jrs.15.1.12-20.2019.
[2] I. Tri, G. Ir, G. Sarya, and M. Beatrix, “ANALISIS BIAYA DAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE EVM ( EARNED VALUE METHOD ) PADA PROYEK KONSTRUKSI ( Studi Kasus Pada Proyek Konstruksi Supermall Pakuwon Indah Phase 4 Anderson Surabaya ),” 1945.
[3] F. Ariane and D. Dinariana, “Earned Value Analysis Pada Pengendalian Waktu Proyek Venue Layar Di Dki Jakarta,” J. IKRA-ITH Teknol., vol. 2, no. 3, pp. 51–54, 2018.
[4] I. Meliasari, M. Indrayadi, and Lusiana, “Earned Value Analysis Terhadap Biaya dan Waktu pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus Proyek Pembangunan Sarana/Prasarana Pengamanan Pantai),” J. Tek. Sipil Univ. Tanjungpura, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2011.
[5] N. I. Hayati and D. Lugi, “EVALUASI BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE EARNED VALUE MANAGEMENT (Studi Kasus: Ruko Damara Village, Kel. Ciparigi, Kota Bogor),” J. Komposit, vol. 4, no. 2, pp. 19–23.
[6] P. Biaya and D. A. N. Waktu, “Value Analysis ) Terhadap Value Analysis ) on Cost and Time Control in the Roh 17 Natural,” 2019.
[7] I. Mi. S. . M.T, ANALISA NILAI HASIL TERHADAP PROYEK KONSTRUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE EARNED VALUE ANALYSIS ( EVA ) ( Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan RSUD Suradadi Kabupaten Tegal ) SKRIPSI. 2021.
[8] R. Kristiana and K. Nasirin, “Penerapan Earned Value Analysis Sebagai Evaluasi Kinerja Proyek Dari Segi Biaya Dan Waktu,” J. Tek. Sipil, vol. IX, no. 2, pp. 43–49, 2020.
[9] Y. W. Nufah, G. Yanti, and F. Lubis, “Analisis Proyek Dengan Metode Earned Value Concept (Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru – Dumai Seksi 2 STA. 9+500 - 33+600),” Semin. Nas. Cendekiawan ke 5 Tahun 2019 Buku 1 ”Teknologi dan Sains“, vol. 1, pp. 1–7, 2019.
[10] Y. Nono, P. A. K. Pratasis, and G. Malingkas, “Analisis Metode Nilai Hasil Terhadap Waktu Dan Biaya Pada Proyek Office and Distribution Center , AIRMADIDI, MINAHASA UTARA-MANADO,” J. Sipil Statik, vol. 7, no. 11, pp. 1465–1467, 2019.
[11] W. Kurniawan, D. Purnomo, and Astuti, “Analisis Earned Value Waktu dan Biaya Proyek Konstruksi Jalan,” J. Saintis, vol. 17, no. 2, pp. 6–16, 2017.
[12] D. A. Purnomo and H. Prisilia, “TERMINAL PARIWISATA TERPADU DENGAN KONSEP EARNED VALUE,” vol. 17, 1945.