Isi Artikel Utama

Abstrak

Covid-19 yang sudah hampir 2 tahun berjalan berdampak kepada seluruh sektor tak terkecuali sektor Pendidikan, di mana pelaksanaan pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka harus dilaksanakan secara daring sehingga menimbulkan banyak permasalahan. SMPN 1 Tarogong Kaler Garut salah satu sekolah yang menghadapi masalah karena pembelajaran daring. Tujuan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Komunitas Maya Informatika 4 ini adalah untuk memberikan bantuan berupa pelayanan kepada masyarakat khususnya di lingkungan SMPN 1 Tarogong Kaler untuk mengurangi permasalahan dengan memberikan materi dan pelatihan teknologi yang digunakan dalam pembelajaran. Metode yang dipakai berupa penyampaian materi dan pelatihan melalui webinar, serta pre test & post test sebagai bahan evaluasi. Hasil akhir kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan mengenai media teknologi untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ramanda, R., Nurmahmudi, R., W, S. A., Fauzan, Z. R., Nurhalim, A., Habib, R. H., Maulana, R., Anwar, D. N., Komalasari, I., Ainun, T. N., & Fatimah, R. D. D. S. (2022). Peningkatan Kapasitas Penggunaan Media Pembelajaran Daring di SMPN 1 Tarogong Kaler Garut. Jurnal PkM MIFTEK, 2(2), 115–123. https://doi.org/10.33364/miftek/v.2-2.1122

References

  1. Almarosy, S. (2018). Membuat Pre-test dan Post-test pada Pelatihan secara online melalui google form. Retrieved August 21, 2021, from http://www.sukrialmarosy.com/2018/08/membuat-pre-test-dan-post-test-pada.html
  2. Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
  3. Bashar, D. K. (2019). E-Report Untuk Pengolahan Nilai Siswa di SMPN I Tarogong Kaler. Universitas Komputer Indonesia.
  4. Damayanti, N. A., Pusparini, M., Djannatun, T., & Ferlianti, R. (2017). Metode Pre-Test Dan Post-Test Sebagai Salah Satu Alat Ukur Keberhasilan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Tentang Tuberkulosis Di Kelurahan Utan Panjang, Jakarta Pusat. Prosiding SNaPP: Kesehatan (Kedokteran, Kebidanan, Keperawatan, Farmasi, Psikologi), 3(1), 144–150.
  5. Fitriani, L., Cahyana, R., Tresnawati, D., & Mulyani, A. (2020). Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Untuk Peningkatan Kemampuan TIK Masyarakat Pasirwangi Garut. Jurnal PkM MIFTEK, 1(1), 29–34.
  6. Kontributor. (2021). Pandemi dan Dampaknya pada Pendidikan Madrasah. Retrieved August 19, 2021, from Kementrian Agama Republik Indonesia website: https://kemenag.go.id/read/pandemi-dan-dampaknya-pada-pendidikan-madrasah-wk7vz
  7. Lambajo, S., & Yunta, A. H. D. (2020). Mewujudkan Masyarakat Qur’ani melalui Program KKN STIBA Makassar di Desa Kalabbirang Kabupaten Maros. WAHATUL MUJTAMA’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 157–173.
  8. Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291. Universitas Negeri Semarang.
  9. Suryadi, A. A., Mubarok, H., & Gunawan, R. (2018). Implementasi Sistem Informasi Geografis (SIG) pada Penyebaran Lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(1), 219–224. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2082
  10. Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Problematika pembelajaran daring dalam perspektif mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 100–115.