Isi Artikel Utama
Abstrak
COVID-19 merupakan salah satu virus yang saat ini sedang menjadi perbincangan di dunia, khususnya di Indonesia. Maka dari itu, masyarakat perlu lebih ekstra lagi dalam beberapa bidang seperti pendidikan, ketenagakerjaan dll. Banyak hal yang perlu dijadikan sebuah acuan dalam pembelajaran yang saat ini merupakan sebuah permasalahan dan keluhan dikalangan pelajardan pengajar. Masalah pemberlakuan tatap muka yang terbatas dan belajar secara jarak jauh (sistem daring) di Desa Parakan, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut menjadi sebuah kendala besar dalam keberlangsungan pembelajaran,baik itu terkait jaringan ataupun fasilitas yang kurang memadai. Sehingga dibutuhkanlah kiat-kiat dalam menyusun strategi dan sistem pembelajaran. Selain dalam bidang pendidikan, bidang ketenagaakerjaan pun menjadi masalah yang dialami oleh masyarakat desa Parakan. Dimulai dari terbatasnya aktivitas masyarakat untuk bekerja, sampai kegagalan-kegagalan yang dirasakan oleh masyaraka saat ini. Kegagalan tersebut didasarkan pada hal yang dirasakan masyarakat dari kurangnya aktivitas dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang menyebabkan kegagalan tersebut salahsatunya dari kurang baiknya distribusi air karena mayoritas pekerjaan di desa Parakan yaitu dalam bidang pertanian. Oleh sebab itu, dari masalah-masalah yang terjadi membuat kami terdorong untuk mengadakan kegiatan webinar yang diadakan dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Garut (ITG) dengan menyampaikan beberapa strategi pembelajaran di masa pandemic, ketenagakerjaan, beserta pengelolaan lingkungan untuk memperbaiki distribusi air. Webinar tersebut terbukti dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dengan persentase 27%. Pada seluruh topic yang diberikan dari pemahaman sebelumnya.
Rincian Artikel
References
- Bayu K, Solichin, Koosdayani, 2016. Analisis Distribusi Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Kampus Universitas Sebelas Maret dengan Epanet. [Online] Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ejournal.upi.edu/index.php/IJDB/article/download/34356/14852&ved=2ahUKEwjJpPesjbPyAhXRF3IKHReWAnIQFnoECAYQAQ&usg=AOvVaw3r0AYUUaeHCmgqoRokg5S7
- [Diakses 15 Agustus 2021].
- CNBC, 2020. Menteri Nadiem Ungkap Kendala Pembelajaran Jarak Jauh. [Online]
- Available at: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200807192842-4-178345/menteri-nadiem-ungkap-kendala-pembelajaran-jarak-jauh
- [Diakses 21 Agustus 2021].
- Damanik, E. (2018). DAMPAK SEMINAR DAN WORKSHOP ACCURATE TERHADAP MINAT ( Politeknik Bisnis Indonesia ) Keywords : seminars,workshops ,interest in learning accounting software. Jurnal Tekinkom, 41–46.
- Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital
- Detik, 2011. Pekerja Sektor Formal Meningkat Berkat PNS dan Buruh. [Online]
- Available at: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-1762160/pekerja-sektor-formal-meningkat-berkat-pns-dan-buruh
- [Diakses 15 Agustus 2021].
- eprints.uny.ac.id, 2017. Metode Penelitian. [Online]
- Available at: https://eprints.uny.ac.id/17065/4/5.%20BAB%20III.pdf
- [Diakses 21 Agustus 2021].
- Ferry S, 2020. Menteri Nadiem Ungkap Kendala Pembelajaran Jarak Jauh. [Online]
- Available at: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200807192842-4-178345/menteri-nadiem-ungkap-kendala-pembelajaran-jarak-jauh
- [Diakses 21 Agustus 2021].
- Gunawan, I. G. D., Suda, I. K., & Primayana, K. H. (2020). Webinar sebagai Sumber Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(2), 127–132.
- Harianto, 2010. Peranan Pertanian dalam Ekonomi Perdesaan. [Online]
- Available at: https://repository.ipb.ac.id/ bitstream/handle/123456789/28030/143.pdf? sequence=1&isAllowed=y
- [Diakses 15 Agustus 2021].
- Hidayat Y, 2017. Sebuah Problem Perdesaan: lahan pertanian terbatas, kemiskinan meningkat. [Online]
- Available at: https://geotimes.co.id/opini/sebuah-problem-perdesaan-lahan-pertanian-terbatas-kemiskinan/
- [Diakses 15 Agustus 2021].
- ILO, 2014. Tren Sosial dan Ketenagakerjaan. [Online]
- Available at: http://www.oit.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilojakarta/documents/publication/wcms_329870. pdf
- [Diakses 15 Agustus 2021].
- Julia FS, Chairul M, Saptana, 2020. PERTANIAN SEBAGAI PENYELAMAT: MENYEDIAKAN LAPANGAN KERJA UNTUK BURUH PERKOTAAN PADA MASA COVID-19. [Online]
- Available at: https://www.google.co.id/url?q=https://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/pdffiles/41-BBRC-2020-V-3-1-JFS.pdf&sa=U&ved=2ahUKEwjll5O36rLyAhUD8HMBHRdWBp0QFnoECAcQAQ&usg=AOvVaw0PO5f2qSC0m61qR084j_iQ
- [Diakses 15 Agustus 2021].
- Kemendesa. (2020) Protokol Relawan Desa Lawan COVID-19. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
- Manning, C., Effendi, T. N., & Tukiran. (1984). Struktur Pekerja, Sektor Informal, dan Kemiskinan di Kota. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan UGM
- Matdio S, 2019. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. [Online] Available at:
- https://www.google.co.id/url?q=https://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/pdffiles/41-BBRC-2020-V-3-1-JFS.pdf&sa=U&ved=2ahUKEwjll5O36rLyAhUD8HMBHRdWBp0QFnoECAcQAQ&usg=AOvVaw0PO5f2qSC0m61qR084j_iQ
- [Diakses 15 Agustus 2021].
- MUI. (2020) Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 14 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaran Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19. Jakarta: Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia.
- Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Silvianita, S., & Yulianto, E. (2020). Webinar Sebagai Kegiatan Peningkatan Kompetensi Widyaiswara Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 113–119.
- siat.ung.ac.id, 2015. LINGKUNGAN. [Online]
- Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://siat.ung.ac.id/files/wisuda/2015-1-1-86205-121410025-bab1-03082015021753.pdf&ved=2ahUKEwjj6tiP7rLyAhXCXisKHWijAkIQFnoECAMQAQ&usg=AOvVaw1Ha675zZUB5H769rORzbDw
- [Diakses 18 Agusutus 2021]
- Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 59-70.
- Widodo, 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, p. 19
References
Bayu K, Solichin, Koosdayani, 2016. Analisis Distribusi Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Kampus Universitas Sebelas Maret dengan Epanet. [Online] Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ejournal.upi.edu/index.php/IJDB/article/download/34356/14852&ved=2ahUKEwjJpPesjbPyAhXRF3IKHReWAnIQFnoECAYQAQ&usg=AOvVaw3r0AYUUaeHCmgqoRokg5S7
[Diakses 15 Agustus 2021].
CNBC, 2020. Menteri Nadiem Ungkap Kendala Pembelajaran Jarak Jauh. [Online]
Available at: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200807192842-4-178345/menteri-nadiem-ungkap-kendala-pembelajaran-jarak-jauh
[Diakses 21 Agustus 2021].
Damanik, E. (2018). DAMPAK SEMINAR DAN WORKSHOP ACCURATE TERHADAP MINAT ( Politeknik Bisnis Indonesia ) Keywords : seminars,workshops ,interest in learning accounting software. Jurnal Tekinkom, 41–46.
Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital
Detik, 2011. Pekerja Sektor Formal Meningkat Berkat PNS dan Buruh. [Online]
Available at: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-1762160/pekerja-sektor-formal-meningkat-berkat-pns-dan-buruh
[Diakses 15 Agustus 2021].
eprints.uny.ac.id, 2017. Metode Penelitian. [Online]
Available at: https://eprints.uny.ac.id/17065/4/5.%20BAB%20III.pdf
[Diakses 21 Agustus 2021].
Ferry S, 2020. Menteri Nadiem Ungkap Kendala Pembelajaran Jarak Jauh. [Online]
Available at: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200807192842-4-178345/menteri-nadiem-ungkap-kendala-pembelajaran-jarak-jauh
[Diakses 21 Agustus 2021].
Gunawan, I. G. D., Suda, I. K., & Primayana, K. H. (2020). Webinar sebagai Sumber Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(2), 127–132.
Harianto, 2010. Peranan Pertanian dalam Ekonomi Perdesaan. [Online]
Available at: https://repository.ipb.ac.id/ bitstream/handle/123456789/28030/143.pdf? sequence=1&isAllowed=y
[Diakses 15 Agustus 2021].
Hidayat Y, 2017. Sebuah Problem Perdesaan: lahan pertanian terbatas, kemiskinan meningkat. [Online]
Available at: https://geotimes.co.id/opini/sebuah-problem-perdesaan-lahan-pertanian-terbatas-kemiskinan/
[Diakses 15 Agustus 2021].
ILO, 2014. Tren Sosial dan Ketenagakerjaan. [Online]
Available at: http://www.oit.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilojakarta/documents/publication/wcms_329870. pdf
[Diakses 15 Agustus 2021].
Julia FS, Chairul M, Saptana, 2020. PERTANIAN SEBAGAI PENYELAMAT: MENYEDIAKAN LAPANGAN KERJA UNTUK BURUH PERKOTAAN PADA MASA COVID-19. [Online]
[Diakses 15 Agustus 2021].
Kemendesa. (2020) Protokol Relawan Desa Lawan COVID-19. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
Manning, C., Effendi, T. N., & Tukiran. (1984). Struktur Pekerja, Sektor Informal, dan Kemiskinan di Kota. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan UGM
Matdio S, 2019. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. [Online] Available at:
[Diakses 15 Agustus 2021].
MUI. (2020) Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 14 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaran Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19. Jakarta: Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Silvianita, S., & Yulianto, E. (2020). Webinar Sebagai Kegiatan Peningkatan Kompetensi Widyaiswara Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 113–119.
siat.ung.ac.id, 2015. LINGKUNGAN. [Online]
[Diakses 18 Agusutus 2021]
Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 59-70.
Widodo, 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, p. 19