Isi Artikel Utama

Abstrak

COVID-19 merupakan salah satu virus yang saat ini sedang menjadi perbincangan di dunia, khususnya di Indonesia. Maka dari itu, masyarakat perlu lebih ekstra lagi dalam beberapa bidang seperti pendidikan, ketenagakerjaan dll. Banyak hal yang perlu dijadikan sebuah acuan dalam pembelajaran yang saat ini merupakan sebuah permasalahan dan keluhan dikalangan pelajardan pengajar. Masalah pemberlakuan tatap muka yang terbatas dan belajar secara jarak jauh (sistem daring) di Desa Parakan, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut menjadi sebuah kendala besar dalam keberlangsungan pembelajaran,baik itu  terkait jaringan ataupun fasilitas yang kurang memadai. Sehingga dibutuhkanlah kiat-kiat  dalam menyusun strategi dan sistem pembelajaran. Selain dalam bidang pendidikan, bidang ketenagaakerjaan pun menjadi masalah yang dialami oleh masyarakat desa Parakan. Dimulai dari terbatasnya aktivitas masyarakat untuk bekerja, sampai kegagalan-kegagalan yang dirasakan oleh masyaraka saat ini. Kegagalan tersebut didasarkan pada hal yang dirasakan masyarakat dari kurangnya aktivitas dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan yang menyebabkan kegagalan tersebut salahsatunya dari kurang baiknya distribusi air karena mayoritas pekerjaan di desa Parakan yaitu dalam bidang pertanian. Oleh sebab itu, dari masalah-masalah yang terjadi membuat kami terdorong untuk mengadakan kegiatan webinar yang diadakan dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Garut (ITG) dengan menyampaikan beberapa strategi pembelajaran di masa pandemic, ketenagakerjaan, beserta pengelolaan lingkungan untuk memperbaiki distribusi air. Webinar tersebut terbukti dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dengan persentase 27%. Pada seluruh topic yang diberikan dari pemahaman sebelumnya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Purnamasari, I., Rizky Ikhsan, Rudiat, L., Darmawan, A. K., Hudaya, H., Satria Gentara, Hidayatullah, R., Juniar Malika Mulya, Oktaviani, D., Nurkholisah, N., Nugraha, A., Ruhimat, J., & Fatimah, R. D. D. S. (2022). Memanfaatkan Teknologi untuk Mengabdi Kepada Masyarakat di Era Modernisasi. Jurnal PkM MIFTEK, 2(2), 140–150. https://doi.org/10.33364/miftek/v.2-2.1125

References

  1. Bayu K, Solichin, Koosdayani, 2016. Analisis Distribusi Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Kampus Universitas Sebelas Maret dengan Epanet. [Online] Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ejournal.upi.edu/index.php/IJDB/article/download/34356/14852&ved=2ahUKEwjJpPesjbPyAhXRF3IKHReWAnIQFnoECAYQAQ&usg=AOvVaw3r0AYUUaeHCmgqoRokg5S7
  2. [Diakses 15 Agustus 2021].
  3. CNBC, 2020. Menteri Nadiem Ungkap Kendala Pembelajaran Jarak Jauh. [Online]
  4. Available at: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200807192842-4-178345/menteri-nadiem-ungkap-kendala-pembelajaran-jarak-jauh
  5. [Diakses 21 Agustus 2021].
  6. Damanik, E. (2018). DAMPAK SEMINAR DAN WORKSHOP ACCURATE TERHADAP MINAT ( Politeknik Bisnis Indonesia ) Keywords : seminars,workshops ,interest in learning accounting software. Jurnal Tekinkom, 41–46.
  7. Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital
  8. Detik, 2011. Pekerja Sektor Formal Meningkat Berkat PNS dan Buruh. [Online]
  9. Available at: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-1762160/pekerja-sektor-formal-meningkat-berkat-pns-dan-buruh
  10. [Diakses 15 Agustus 2021].
  11. eprints.uny.ac.id, 2017. Metode Penelitian. [Online]
  12. Available at: https://eprints.uny.ac.id/17065/4/5.%20BAB%20III.pdf
  13. [Diakses 21 Agustus 2021].
  14. Ferry S, 2020. Menteri Nadiem Ungkap Kendala Pembelajaran Jarak Jauh. [Online]
  15. Available at: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200807192842-4-178345/menteri-nadiem-ungkap-kendala-pembelajaran-jarak-jauh
  16. [Diakses 21 Agustus 2021].
  17. Gunawan, I. G. D., Suda, I. K., & Primayana, K. H. (2020). Webinar sebagai Sumber Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(2), 127–132.
  18. Harianto, 2010. Peranan Pertanian dalam Ekonomi Perdesaan. [Online]
  19. Available at: https://repository.ipb.ac.id/ bitstream/handle/123456789/28030/143.pdf? sequence=1&isAllowed=y
  20. [Diakses 15 Agustus 2021].
  21. Hidayat Y, 2017. Sebuah Problem Perdesaan: lahan pertanian terbatas, kemiskinan meningkat. [Online]
  22. Available at: https://geotimes.co.id/opini/sebuah-problem-perdesaan-lahan-pertanian-terbatas-kemiskinan/
  23. [Diakses 15 Agustus 2021].
  24. ILO, 2014. Tren Sosial dan Ketenagakerjaan. [Online]
  25. Available at: http://www.oit.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilojakarta/documents/publication/wcms_329870. pdf
  26. [Diakses 15 Agustus 2021].
  27. Julia FS, Chairul M, Saptana, 2020. PERTANIAN SEBAGAI PENYELAMAT: MENYEDIAKAN LAPANGAN KERJA UNTUK BURUH PERKOTAAN PADA MASA COVID-19. [Online]
  28. Available at: https://www.google.co.id/url?q=https://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/pdffiles/41-BBRC-2020-V-3-1-JFS.pdf&sa=U&ved=2ahUKEwjll5O36rLyAhUD8HMBHRdWBp0QFnoECAcQAQ&usg=AOvVaw0PO5f2qSC0m61qR084j_iQ
  29. [Diakses 15 Agustus 2021].
  30. Kemendesa. (2020) Protokol Relawan Desa Lawan COVID-19. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
  31. Manning, C., Effendi, T. N., & Tukiran. (1984). Struktur Pekerja, Sektor Informal, dan Kemiskinan di Kota. Yogyakarta: Pusat Penelitian Kependudukan UGM
  32. Matdio S, 2019. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. [Online] Available at:
  33. https://www.google.co.id/url?q=https://pse.litbang.pertanian.go.id/ind/pdffiles/41-BBRC-2020-V-3-1-JFS.pdf&sa=U&ved=2ahUKEwjll5O36rLyAhUD8HMBHRdWBp0QFnoECAcQAQ&usg=AOvVaw0PO5f2qSC0m61qR084j_iQ
  34. [Diakses 15 Agustus 2021].
  35. MUI. (2020) Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor: 14 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaran Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19. Jakarta: Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia.
  36. Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  37. Silvianita, S., & Yulianto, E. (2020). Webinar Sebagai Kegiatan Peningkatan Kompetensi Widyaiswara Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 113–119.
  38. siat.ung.ac.id, 2015. LINGKUNGAN. [Online]
  39. Available at: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://siat.ung.ac.id/files/wisuda/2015-1-1-86205-121410025-bab1-03082015021753.pdf&ved=2ahUKEwjj6tiP7rLyAhXCXisKHWijAkIQFnoECAMQAQ&usg=AOvVaw1Ha675zZUB5H769rORzbDw
  40. [Diakses 18 Agusutus 2021]
  41. Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 Di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 59-70.
  42. Widodo, 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, p. 19