Isi Artikel Utama

Abstrak

Situasi pertumbuhan kasus Covid-19 sangat cepat di Indonesia. Upaya pencegahan yang dilakukan oleh tim Kuliah Kerja Nyata dari Sekolah Tinggi Teknologi Garut menjadi salah satu solusi dalam upaya pencegahan karena sampai saat ini belum ada obat untuk penyakit ini. Pencegahan yang dapat dilakukan berupa sosialisasi yang dilakukan dengan menerapkan etika batuk serta melalui perlindungan khusus yang dilakukan dengan cara menggunakan dan bagi bagi masker, membersihkan tangan dan social distancing. KKN merupakan mata kuliah yang dilaksanakan pada semester 4, tentunya tiap kampus berbeda beda. KKN biasanya dilaksanakan secara offline dengan mendatangi tempat tempat khususnya wilayah kelurahan atau desa yang bisa dijadikan target KKN sebagai wilayah yang layak dibantu khusunya dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Tetapi berbeda dengan tahun sekarang, dengan adanya pandemi Covid 19, kegiatan total dilaksanakan secara daring dikarenakan adanya kebijakan pemerintah untuk membatasi setiap kegiatan yang menimbulkan kerumunan masa. Maka dari itu KKN kali ini dilaksanakan secara daring untuk membantu pemerintah memutus rantai penyebaran covid 19  sekaligus membuat mata kuliah ini bisa dilaksanakan walaupun dengan kondisi seperti ini.

Kata Kunci

covid-19 digital transformation real work lectures covid-19 kuliah kerja nyata transformasi digital

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Latifah, A., Priyadi, R., Hidayatno, F. R., Ramdani, F., Irawan, B., Pratama, N. N., Apriliana, R., Rohman, R. R., Endang, D. I., & Hilmi, M. I. (2022). Masa Pandemi Covid-19 Pengabdian Kepada Komunitas Maya. Jurnal PkM MIFTEK, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.33364/miftek/v.3-1.1267

References

  1. Husain, M. N., & Anggraini, D. (2020). Kampanye Pemasaran Sosial Gemar Membaca Berbasis Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Nasional Covid-19. Retrieved from https://ojs.literacyinstitute.org/index.php/prosiding-covid19
  2. Kurnia, N., Santi, D., & Astuti, I. (n.d.). PETA GERAKAN LITERASI DIGITAL DI INDONESIA: STUDI TENTANG PELAKU, RAGAM KEGIATAN, KELOMPOK SASARAN DAN MITRA.
  3. Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 117. https://doi.org/10.14710/lenpust.v3i2.16737
  4. Pamungkas, A. H. (2020). THE ROLE OF YOUTH TO IMPROVE COMMUNITY LITERACY ABOUT COVID-19. SPEKTRUM, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 8(1), 6–9. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i1.109049
  5. Piether, F. (2020). Penerapan Langkah Dinamis Pada Sektor Bisnis Produk di Tengah Pandemi Covid -19 (Implementing Dynamic Steps in the Product Business Sector Amid the COVID-19 Pandemic). SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3591016
  6. Sekolah Tinggi Teknologi Garut, T. P. (2020). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan Covid-19. Garut: CV Insan Akademika.
  7. Setiawan, A. R. (n.d.). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). https://doi.org/10.35542/OSF.IO/DB6ZJ
  8. Widiatmojo, R. (2020). Literasi Visual Sebagai Penangkal Foto Hoax Covid-19. JURNAL SOSIAL POLITIK, 6(1), 114. https://doi.org/10.22219/sospol.v6i1.11221